Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Ragusa Es Krim Italia

Authors

  • Goklas Agus Efendi Sianturi Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen STIAMI
  • Lila Muliani Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen STIAMI
  • Heni Pridia Rukmini Sari Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803

Keywords:

Cita Rasa, Harga, Kepuasan Konsumen,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh cita rasa  dan harga terhadap kepuasan konsumen Ragusa Ice Cream Italia, Jakarta.    Penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan  data menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada 100 responden,  konsumen Ragusa Ice Cream Italia. Dari hasil penelitian, uji t  menunjukkan bahwa terdapat pengaruh cita rasa (X1) dan harga (X2)  terhadap kepuasan konsumen (Y) secara signifikan. Besar pengaruh variabel cita rasa(X1) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) adalah  sebesar 70,6% dan variabel harga (X2) terhadap variabel kepuasan  konsumen (Y) adalah sebesar 73,2%. Hasil uji f menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh antara variabel cita rasa (X1) dan harga (X2) terhadap  variabel kepuasan konsumen (Y) secara simultan. Beberapa indikator  pada variabel X2 dan Y yang diujikan memiliki nilai di bawah rata-rata.  Hal ini dapat menjadi masukan bagi pihak manajemen Ragusa Ice Cream  Italia.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu PendekatanPraktek). Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu PendekatanPraktik, Edisi

Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahidah, N. 2010. Komponen-Komponen yang Memengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan.

http://www.idazweek.co.cc/2010/02/komponen-komponen-yang-memengaruhi-cita.html.

Diakses tanggal 11 Mei 2011.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa PerilakuKonsumen. Yogyakarta: BPFE

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan A Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba

Empat.

Yuli PW., Rahayu T., dan Sunarso. 2016. Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Citra Merek terhadap

keputusan Berpindah Merek (survei di desa Pakel Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali).

Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16, No. 1 Maret 2016: 1 – 9. Diakses pada 17

Agustus 2020.

Muzdalifa. 2019. Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Hisana Fried

Chicken di Kota Makassar. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammmadiyah Makassar. Diakses pada 3 September 2020.

Rini Ratna Nafita Sari. 2018. Pengaruh Cita Rasa, Harga, dan Tempat terhadap Loyalitas konsumen

(Studi pada Kedai Mie Djoedes Pare) Jurnal Ekonomi Bisnis Vol.4 No.2, Oktober 2018.

Diakses pada 4 September 2020.

Yoeti, Oka A. 2010. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa. Bandung

Pendit, Nyoman S. 2004. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles