PENGARUH CITA RASA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RAGUSA ES KRIM ITALIA

Goklas Agus Efendi Sianturi, Lila Muliani, Heni Pridia Rukmini Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh cita rasa
dan hargaterhadap kepuasan konsumen Ragusa Ice Cream Italia, Jakarta.
Penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan
data menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada 100 responden,
konsumen Ragusa Ice Cream Italia. Dari hasil penelitian, uji t
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh cita rasa (X1) dan harga (X2)
terhadap kepuasan konsumen (Y) secara signifikan. Besar pengaruh
variabel cita rasa(X1) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) adalah
sebesar 70,6% dan variabel harga (X2) terhadap variabel kepuasan
konsumen (Y) adalah sebesar 73,2%. Hasil uji f menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh antara variabel cita rasa (X1) dan harga (X2) terhadap
variabel kepuasan konsumen (Y) secara simultan. Beberapa indikator
pada variabel X2 dan Y yang diujikan memiliki nilai di bawah rata-rata.
Hal ini dapat menjadi masukan bagi pihak manajemen Ragusa Ice Cream
Italia

Keywords


Cita Rasa; Harga; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu PendekatanPraktek). Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu PendekatanPraktik, Edisi

Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahidah, N. 2010. Komponen-Komponen yang Memengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan.

http://www.idazweek.co.cc/2010/02/komponen-komponen-yang-memengaruhi-cita.html.

Diakses tanggal 11 Mei 2011.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa PerilakuKonsumen. Yogyakarta: BPFE

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan A Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba

Empat.

Yuli PW., Rahayu T., dan Sunarso. 2016. Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Citra Merek terhadap

keputusan Berpindah Merek (survei di desa Pakel Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali).

Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16, No. 1 Maret 2016: 1 – 9. Diakses pada 17

Agustus 2020.

Muzdalifa. 2019. Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Hisana Fried

Chicken di Kota Makassar. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammmadiyah Makassar. Diakses pada 3 September 2020.

Rini Ratna Nafita Sari. 2018. Pengaruh Cita Rasa, Harga, dan Tempat terhadap Loyalitas konsumen

(Studi pada Kedai Mie Djoedes Pare) Jurnal Ekonomi Bisnis Vol.4 No.2, Oktober 2018.

Diakses pada 4 September 2020.

Yoeti, Oka A. 2010. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa. Bandung

Pendit, Nyoman S. 2004. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803.g871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

_____________________________________________

Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata

E - ISSN 2686-2042

Terbit setiap Maret dan September

Email: [email protected]/[email protected]

Penerbit : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen (FISMA) Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jalan Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Telp: (021) 4213380

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License