Jurnal Komunikasi LUGAS merupakan salah satu media diseminasi hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti internal Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI maupun peneliti eksternal. Jurnal Komunikasi LUGAS diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen, Institut STIAMI. LUGAS menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) memiliki makna: 1. tentang yang pokok (kebutuhan pokok), tidak pernah menyimpang ke sana kemari; 2. sebagaimana adanya; polos; inklusif; sederhana 3. tidak berbelit-belit: kalimatnya tidak berbunga-bunga; 4. tidak bersifat personal; objektif. Merujuk pada makna LUGAS, diharapkan karya tulis ilmiah yang dimuat dalam LUGAS difokuskan pada suatu topik atau masalah tertentu dan disampaikan secara sistematis sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta memiliki manfaat teoritis dan praktis bagi akademisi dan masyarakat.
Jurnal Komunikasi LUGAS menyediakan forum untuk penyelidikan empiris tentang komunikasi dan menerima esai atau perdebatan konseptual, filosofis, dan teoritis, tinjauan buku, dan pengulas esai yang secara langsung berkontribusi pada komunikasi atau secara tidak langsung memengaruhinya sebagai suatu disiplin ilmu. Kami menyarankan bidang penelitian berikut:
- Manajemen Komunikasi
- Komunikasi Massa
- Komunikasi Politik
- Komunikasi Antarbudaya
- Komunikasi Pemasaran
- Strategi Hubungan Masyarakat
- Strategi Hubungan Media
- Strategi Komunikasi dan Analisis Model
- Literasi Media dan Pendidikan Media
- Media Sosial dan Subkultur