ANALISIS PENERAPAN SISTEM E-COMMERCE PADA UMKM (Studi Kasus: Warung Nasi Goreng Mas No di Jalan Apron Jakarta Pusat)

Febry Dwi Wahyuni, Sukarni Novita Sari

Abstract


This study takes the title "Analysis of the Application of the E-Commerce System at SMEs (A Case Study at Warung Nasi Goreng Mas No on Jalan Apron, Central Jakarta)". The purpose of this research is to find out and analyze how the E-Commerce system is implemented and whether Grabfood's E-Commerce is more in demand than OVO and Go-Pay at Warung Nasi Goreng Mas No. This research is a descriptive qualitative research. Data were collected using interviews, observation and documentation. The results showed that the application of E-Commerce carried out by Warung Nasi Goreng Mas No fulfilled the E-Commerce components such as being open to the public, services provided according to requests, and simple transactions. In implementing the system Warung Nasi Goreng Mas No used the E-Commerce of busin ess to consumer (B2C) type because it meets the E-Commerce criteria. Based on the data obtained from reports from Grab Indonesia, Go-Biz, and OVO Merchant within 6 months, it is known that Grabfood is more attractive to consumers. So, of the three E-Commerce components implemented at Warung Nasi Goreng Mas No, the one that consumers are most interested in is the Grab application.


Full Text:

PDF

References


Anggito, A. dan Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Chakti, Gunawan. 2019. The Book Of Digital Marketing. Makassar: Celebes Media Perkasa

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish

Fitrah, Muhammad dan Lutfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan studi kasus. Sukabumi: CV Jejak

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya. Unitomo Press

Kamaluddin, Apiaty. 2017. Administrasi Bisnis. Makassar: CV SAH MEDIA

Mariati. 2017. Ilmu Administrasi. Makassar: CV SAH MEDIA

Puthussery, Anthony. 2020. Digital Marketing. Chennai: Notion Press

Rerung, Rintho Rante. 2018. E-Commerce: Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish

Romindo, et all. 2019. E-Commerce: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis

Saputra, Didin Hadi. 2020. Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Medan. Yayasan Kita Menulis

Suryati, Lili. 2015. Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish

Suwendra, I Wayan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bali: NILACAKRA

Warnadi dan Aris Triyono. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish

Wuisang, Jerry RH, Roddy Runtuwarouw dan Consuslasia Korompis. 2019. Konsep Kewirausahaan dan UMKM. Sulawesi: Yayasan Makaria Waya

Internet:

Sari, Ruri. 2019. Alasan Pakai Grabfood dinilai mudah dan menguntungkan. Diakses dari

https://lifepal.co.id/blog/grabfood/, pada tanggal 29 Januari 2020

Grabfood. 2019. Sistem Bagi Hasil Grabfood Terbaru 2020 Yang Wajib Anda Tau. Diakses dari

https://www.grabinaja.com/bagi-hasil-grab-food/, pada tanggal 29 Januari 2020

Grabfood, 2020. Panduan Pendaftaran dan Persyaratan Dokumen Untuk Menjadi Partner Grabfood.

Diakses dari https://food-merchant-help.grab.com/hc/id/articles/360026680291-PanduanPendaftaran-dan-Persyaratan-Dokumen-Untuk-Menjadi-Partner-Grabfood, pada tanggal 29 Januari 2020

Hadijah, Siti. 2019. Manfaat Dompet Digital Gopay dari Gojek dan Cara Isi Saldonya. Diakses dari

https://www.cermati.com/artikel/manfaat-dompet-digital-gopay-dari-gojek-dan-cara-isi-saldonya, pada tanggal 29 Januari 2020

Hadijah, Siti. 2019. Keuntungan Gunakan OVO, Cara top-up dan cara upgrade ke premium. Diakses dari https://www.cermati.com/artikel/keuntungan-gunakan-ovo-cara-top-up-dan-cara-upgrade-ke-ovo-premium, pada tanggal 29 Januari 2020

Undang-Undang Republik Indonesia:

Pemerintah Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bab I Pasal 1

Pemerintah Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bab IV Pasal 6

Jurnal:

Filbert, Marcel dan Astri Wulandari. 2018. Analisa Penerapan E-Commerce Pada UMKM Keykey Frozen Food Cimahi, E-Proceding Applied Science, Vol. 4, No. 3 Desember 2018. ISSN 2442-5826. Universitas Telkom. Bandung

Azizah, Noor, Danang Mahendra dan Budi Lofian. 2019. Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 10, No. 1 Maret 2019. ISSN 2087-3565/ E-ISSN 2528-5041. Universitas Islam Nadhlatul Ulama. Jepara

Abiyasa, Agus Putu dan I Putu Lugra Agusta Parwana. 2019. Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian di Bali Tree House. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 4 Oktober 2019. ISSN 1829-8486/ E-ISSN 2528-1216. Universitas Pendidikan Nasional. Bali

Angdika, Angelina Nastasya dan Bonnie Suherman. 2019. Pemodelan Bisnis Untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bidang Kuliner Pada Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Sinegritas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Vol. 2 Juli 2019. ISSN 2622-0526. Universitas Surabaya. Surabaya

Mumtahana, Hani Atun, Sekreningsih Nita dan Adzinta Winerawan. 2017. Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, Vol. 3, No. 1 Juni 2017. ISSN 2577-698X. Universitas PGRI Madiun. Madiun

Qin, Xuelian, Zhixue Liu dan Lin Tian. 2019. The Strategic Analysis of Logistic Services Sharing in an E-Commerce Platform. Elsevier Ltd. Journal Pre-Proof. PII S0305-0483(18)31362-8. DOI 10.1016/.j.omega.2016.10.2153. Huazhong University. Wuhan, China

Aufar, Arizali. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survey Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung) Fakultas Ekonomi. Universitas Widyatama. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.