PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN VARIASI PRODUK TERHADAPMINAT BELI ULANG PADA OUTLET STREET BOBA CABANG RAWAMANGUN

Melati Ramadhani, Nur EL Ikhsan

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of experiential marketing and product variations on repurchase interest at the Street Boba outlet of Rawamangun branch. This study used a quantitative approach with data collection techniques in the form of questionnaire distribution. The research sample consisted of 120 respondents who were selected using the nonprobability sampling method. The data collected were analyzed using multiple linear regression analysis with the help of statistical applications IBM SPSS 25. The results showed that experiential marketing and product variations simultaneously have a significant effect on consumer repurchase interest. The value of R square indicates that the experiential marketing and product variation variables have a 72% influence on the consumer repurchase interest variable, with the remaining 28% being the influence of other variables outside this study.

Keywords


Experiential marketing, product variation, repurchase interest

Full Text:

PDF

References


Sumber buku:

Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Depok: Raja GrafindoPersada.

Anshori, Muslich, & Sri I. (2009). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Surabaya:Airlangga Univeristy

Press

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.Assauri, Sofian (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali.

Bungin, Burhan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali. Fahmi, Irham. (2015).

Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis. Bandung:Alfabeta

Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi,

tesis dan disertai ilmu manajemen.Semarang: Universitas Diponegoro

Irawan. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo,

Jakarta

Kamaluddin, Apiaty. (2017). Administrasi Bisnis, Makassar: Cv Sah MediaKotler, Philip.

(2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2012).Manajemen Pemasaran. edisi 13. Terjemahanoleh Benyamin

Molan: PT. Indeks

Kotler,Philip & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Edisi 13. Jilid 2,Edition:

Pearson Prentice.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2013). Prisip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian:Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah.Jakarta:

Kencana.

Purwanto, Djoko. (2006). Komunikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga

Schmitt. (2013). Customer Experience, How to Get Customer to Sense, Feel,

Think,Relate

Sinambela, Lijan Potlak ,2014. Metodologi penelitian kuantitaitf. Yogyakarta :Graha ilmu

Sinulingga, S. 2013. Metode Penelitian. Edisi Ketiga. Medan : Penerbit USUPress

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Supardi. (2012). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: PT.Ufuk PublishingHouse

Supriyanto. (2016) Restropektif, Ilmu Asministrasi Bisnis. Jakarta: Mitra WicanaMedia

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Graha

Ilmu

Swastha, Basu. (2008). Menejemen Pemasaran Modern. Edisi 2.

Yogyakarta:Penerbit Liberty-Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi OffsetWijayanti, D.

(2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo:Indomedia Pustaka

Jurnal:

Alfian, F. (2016). Analisa Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat BeliUlang

pada Wiki Coffe Bandung. e-Proceeding of Management.

Amelia, R. W. (2017). Pengaruh experiential marketing terhadap minat beliulang

pelanggan pada rumah makan beringin indah Pematang Siantar.

Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen.

Andreani, Fransisca. (2007). Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan

Pemasaran)”. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Christian, A., & Dharmayanti, D. (2013), Pengaruh Experiential Marketing Terhadap

Customer Satisfaction dan Customer Loyalty The Light Cup di Surabaya Town

Square, (Online). Jurnal Manajemen Pemasaran Petra

Hidayat, R. (2019). Analisa Pengaruh Variasi Produk dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan

konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang.

Journal of business administration.

Isfiandi, A., & Amin, M. (2019). Pengaruh variasi produk, harga, dan customer experience terhadap

keputusan pembelian ulang keramik mulia tile pada PT. Surya Asia Abadi di Pekanbaru. Jurnal

Akuntansi Kewirausahaan dan Bisnis.

Isti, F., Budi.H, L., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Kosumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang

(ICOS CAFE). Journal of Management.

Jeon Hyunjin. (2013). Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan

dan niat mengunjungi kembali pada toko waralaba salon kecantikan. Journal Of

Fashion Business.

Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Experiential Marketing dan Rasa

Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Hotel Pondok Tinggal Magelang)

(Online). Jurnal Studi Manajemen Organisasi 12.

Lamongi, J., Tumbuan, F.A., Willem & Loindong, Sjendry. (2018). Pengaruh experiential

marketing terhadap minat beli ulang konsumen di J.CO Donuts dan Coffee Manado Town Square

Manado. Jurnal EMBA.

Marheiningsih, & Amirul, M. (2020). Pengaruh variasi produk dan fasilitas terhadap minat beli

ulang konsumen pada ilo Peta kota Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap

Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia

(JRMSI).

Tanzil, G., Irawan, I., & Aprilia, A. (2017). Analisa Konsep Sizzling Steak yang Merupakan

Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Di Restoran Pepper Lunch

Tunjungan Plaza Surabaya, (Online), Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa.

Yanti, I. F., Widowati, P. A., Retno & Anwar, M. (2019). Pengaruh experiential

marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di Warung KopiKlotok, Kaliurang

Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis.

Link:

Ari Priyitno, N. (2020). Bertema Jepang, Jovi Adhiguna Resmi Luncurkan Cafe

Street Boba. https://www.popbela.com/lifestyle/food/niken-ari/bertema-jepang-joviadhiguna-resmi-luncurkan-cafe-street-boba. Diakses 05 Februari 2021

Dataindustricom. (2020). Tren Data Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman,2010-

https:/www.dataindustri.com/produk/data-pertumbuhan-industri- makanan-danminuman/. Diakses 20 Maret 2021

Juliadi. (2019). Jadi Tongkrongan Anak-anak Millenial, Harus Rajin Bikin InovasiProduk.

Jawapos.Com. https://www.jawapos.com/. Diakses 09 Februari 2021

Mardatila, A. (2020). Boba adalah Bola-bola Tepung Tapioka dalam Teh, BeginiCara

Membuatnya. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/sumut/boba- adalah-bola-bolatepung-tapioka-dalam-teh-begini-cara-membuatnya-kln.html. Diakses 05 Februari 2021

Pergikulinercom. (2020). Street Boba (Bubble Tea).

https://pergikuliner.com/restaurants/street-boba-rawamangun/menus Diakses 02

Februari 2021

Pergikulinercom. (2020). Xi FuTang (Bubble Tea). https://pergikuliner.com/restaurants/xingfu-tang-puri/menus. Diakses 02 Februari2021

Riadi, M. (2020). Pengembangan Produk (Pengertian, Tujuan, Strategi dan

Tahapan).Kajianpustaka.Com.https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengemb anganproduk.html, Diakses 02 Februari 2021

Tripeni Juniman, P. (2017). Gaya Hidup Masyarakat Menjadikan Bisnis Kuliner

Menjanjikan. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gayahidup/20170118121405-262-187137/gaya-hidup-masyarakat-menjadikan-bisnis- kulinermenjanjikan, Diakses 30 Januari 2021

Widianto, S. (2020). Pandemi Covid-19, Industri Makanan dan Minuman JadiSektor

yang Terus Dipacu. Pikiranrakyat.Com. https://www.pikiran- rakyat.com/ekonomi/pr01809782/pandemi-covid-19-industri-makanan-dan- minuman-jadi-sektor-yang-terusdipacu, Diakses 20 Maret 2021

Yulianti, Y. (2015). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan.

Bogordesain.Com.https://bogordesain.com/strategi-pemasaran-untukmeningkatkan-penjualan/, Diakses 10 Februari 2021




DOI: https://doi.org/10.31334/jambis.v2i4.2525

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jambis.v2i4.2525.g1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

ISSN 2775-2615 (Media Online)
Email :  [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/index

 

INDEKS BY: