PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA PENGGUNA MARKETPLACE TIKTOK SHOP TANGERANG TAHUN 2024

Authors

  • Amalia Sandya Majid Institut Ilmu Sosial Manajemen STIAMI
  • Ghita Yasaningthias Institut Ilmu Sosial Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.31334/jambis.v4i5.4556

Keywords:

Online Customer Rating, Online Customer Review, Purchasing Decision

Abstract

This study aims to analyze how much influence online customer ratings and online customer reviews have on purchasing decisions for fashion products at the TikTok Shop Tangerang marketplace. This study uses quantitative research methods with explanatory research types. The population in this study consisted of TikTok Shop marketplace users. The sample used was 120 respondents with Non-Probability Sampling  sampling  technique  with  Accidental  Sampling  approach.  The  data  analysis methods  used  in  this  study  are  instrument  test,  classical  assumption  test,  hypothesis testing  and  multiple  linear  regression  test.  The  results  showed  that  online  customer rating  has  a  positive  and  significant  effect  on  purchasing  decisions  with  a  percentage of  84.6%.  Online  customer  review  has  a  positive  and  significant  effect  on  purchasing decisions with a percentage of 88.2%. The amount of  online customer rating and online customer  review  on  purchasing  decisions  with  a  percentage  of  89.6%.

References

Arikunto, Suharsimi. (2017). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elwalda, A., Lu, K., & Ali, M. (2016). Perceived derived attributes of Online Customer Reviews.

Computers in Human Behavior 56, 306-319.

Fahmi, Irham. (2019). Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis. Bandung:Alfabeta

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis (Seventh Ed). Harlow: Pearson New International Edition

Husein Umar (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Penerbit Rajawali, Jakarta. Kamaluddin, I. H. A., & Patta Rapanna, S. E. (2017). Administrasi bisnis (Vol. 1). Sah Media.

Kotler, Philip & Armstrong, Gerry. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lackermair, G., Kailer, D. & Kanmaz, K., (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’ s Perspective, 1(1), pp.1–5.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Priyastama, Romie. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS. Cetakan I. Yogyakarta: Start Up.

Priyatno, Duwi. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media

Sangadji, (2014). PerilakuKonsumen: Pendekatan Praktis. Andi Publisher, Yogyakarta:

Sangadji, Sopiah. (2014). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Andi Publisher. Sanusi, Anwar. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.

Siregar, Syofian. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara, Jakarta. Solomon., R Michael., Marshal., Greg W & Stuart., Elnora W. (2016). Marketing Real People, Real

Choices, Edisi Sembilan. Pearson

Sugiarto. (2017). Metodelogi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriyanto. (2016). Retrospektif Ilmu Administrasi Bisnis. jakarta: Mitra Wacana Media.

Tjiptono, Fandy. (2014). Service Quality and Satisfication, Ed.2. Penerbit Andi, Yogyakarta

Weiss, G. (2020). TikTok added 12 million unique U.S visitors in March, as watch time surges in quarantine.

Anggraini, W., Permatasari, B., & Putri, A. D. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 6(2), 86-96.

Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh consumer Online Rating dan Review terhadap keputusa pembelian pada pengguna marketplace tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1).

Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. (Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55-66.

Arrofi, Abdulhakim., & Hasfi, Nurul. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 203-208.

Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online costumer Reviews (OTRs) dan Rating: Kekuatan baru pada pemasaran Online di Indonesia. Ebbank, 8(1), 89-98.

Brestilliani, L., & Suhermin, S. (2020). Pengaruh brand awareness, brand ambassador, dan harga terhadap keputusan pembelian online pada marketplace shopee (studi pada mahasiswa stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(2).

Daulay, Nuraini. (2019). Pengaruh Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatra Utara.

Daulay, Nuraini. (2020). “Pengaruh Online Consumer Review dan Online Consumer Rating terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopeeâ€.

Engler, T. H., Winter, P., & Schulz, M. (2015). Understanding online product ratings: A customer satisfaction model. Journal of Retailing and Consumer Services, 27, 113-120.

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614- A619.

Firdaus, E. D. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Metode Pembayaran Cash on Delivery (COD) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Malang Angkatan 2019).

Fitria, Eva. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus J-Co Suzuya Mall Rantauprapat). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 5(2), 1-14.

Hidayati, Nur Laili. (2018). Pengaruh viral marketing, Online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Istiqomah, M., & Novi, M. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating

terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen 12(2), 288-298.

Julianti, & Yulfita. A. (2019). Pengaruh Online Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian). Cano Ekonomos, 8(1), 0-8.

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 5(3), 139- 154.

Lidiawati, H., Hilmiati, & Mujahid, M. D. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop Di Kota Mataram. Jurnal Riset Pemasaran.

Mahendra, S., & Edastama, P. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual Pada Marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi, 1(2), 21-28.

Megawati, Nana Septi Nur. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Lazada Pada Mahasiswa FEB UNILA. Lampung: Universita Negeri Islam Lampung.

Priangga, I., & Munawar, F. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Lazada (Studi pada Mahasiswa di Kota Bandung). Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi, 19(2), 399–413.

Rosalinda, R., & Suryani, W. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah Di Tiktok Shop (Pada Orang Muda Katolik Paroki Aekkanopan). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7001-7012.

Sari, D. P., & Era, A. Y. (2023). The The Influence of Consumer Online Ratings and Reviews on Purchase Decisions on Tiktok Shop Marketplace Users. In Proceedings Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Undergraduate Conference, 3(1), 473-478.

Sihaloho, E. M., Sitorus, D. P. M., & Butar-Butar, I. P. (2023). Pengaruh Online Customer Rating Dan Online Custumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar. Journal Sains Student Research, 1(2), 380-390.

Suryanto, Suryanto, and Mas Rasmini. (2018). Analisis Literasi Keuangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8 (2)

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 9(1), 73-97.

Yasmin, A., Tasneem, S. & Fatema, K., (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administrasion Vol, 1(2): pp.69–80.

Downloads

Issue

Section

Articles