Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kantor Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor

Pepeng Supendi, A.H. Rahadian

Abstract


Commitment and Civil Servant Competence toward the Service Quality of Districts Integrated Administrative in Jasinga District Office, Bogor Regency, partially and simultaneously. This study uses explanatory research methods with a quantitative descriptive approach. The population in this study were recipients of PATENT services in Jasinga District, Bogor Regency, the period January - December 2018 was 1,335 people, with Slovin (5%) obtained 308 samples. The results showed: There is a positive and significant Influence of Organizational Commitment toward the Service Quality of Districts Integrated Administrative in Jasinga District Office, Bogor Regency, with a magnitude of influence of 52.9%. There is a positive and significant Influence of Civil Servant Competence toward the Service Quality of Districts Integrated Administrative in Jasinga District Office, Bogor Regency, with a magnitude of influence of 64%. There is a positive and significant Influence of Organizational Commitment and Civil Servant Competence simultaneously toward the Service Quality of Districts Integrated Administrative in Jasinga District Office, Bogor Regency, with an influence of 65.2%.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Achmad, Mansyur. 2011. Teori-Teori Administrasi Publik. Yogyakarta: Rangkang Education.

Anggara, Sahya. 2012. Ilmu Administrasi Negara. Bandung: Pustaka Setia.

Ardana, Komang, Ni Wayan Mujiati, Anak Agung Ayu Sriathi. 2009. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, Surya, 2002. Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: Amara Books.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hutasoit, C.S. 2010. Pelayanan Publik Teori dan Aplikasi. Jakarta: MagnaScript Publishing.

Latunreng, Wahyudin. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: IPPSDM-WIN.

Luthans, Fred. 2009. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, Terjemahan Yuwono, Yogyakarta: Andi.

Moenir, H.A.S. 2016. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moheriono. 2010. Pengkuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Napitupulu, Paimin. 2007. Pelayanan Publik & Customer Satisfaction. Bandung: Alumni.

Palan. R. 2008. Competency Management: Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Cetakan.2. Jakarta: PPM.

Ratminto dan Atik. 2015. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, Veithzal, Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Robbins, Stephen P, 2006. Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Safroni, M. Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik: dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Malang: Aditya Media.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia: Refomasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama..

........................, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, Sondang P. 2008. Filsafat Administrasi, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Silaen, Sofar. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: In Media.

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

......................., 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan. Implementasi. Jakarta : PT Bumi Aksara

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional.Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.

Sugandi, Yogi, Suprayogi. 2011. Administrasi Publik: Konsep dan Perkembangan Ilmu Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suparno, 2005, Kompetensi Pegawai dalam Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Supranto, J. 2016, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Syafri, Wirman. 2012.Studi tentang Administrasi Publik. Jakarta: Erlangga.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja, Edisi. 3. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aji, Bayu. Pengaruh Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kualitas Layanan (Studi Kasus Karyawan PT Kereta Api Indonesia DAOP VI Yogyakarta). repository.upy.ac.id. Program Manajemen, Program Studi Ekonomi, Universitas PGRI Yogyakarta. (2017).

Haris, Henry. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 19, No. 2, Desember 2017. http://journals.ums.ac.id.

Hidayati, Achadiyah Nurul. 2013. Pengaruh profesionalisme, komitmen organisasi dan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan administrasi kepesertaan pemeliharaan kesehatan masyarakat Surakarta (Studi Kasus: Pelayanan Penerbitan Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta Silver di Badan Penenaman Modal dan Perizinan Terpadu Kota Surakarta). Perpustakaan UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi- D.0109002- 2013. https://digilib.uns.ac.id

Puspitawati, Ni Made Dwi dan Riana, I Gede. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional dan Kualitas Layanan. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol.8 No.1, Februari 2014.

Raharja, Septian. Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Wilayah Kabupaten Subang. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6545. (2016).

Ridlo, Jauhar. Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Di Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol 4, No 2 (2016).

Saputra, Trio, Meyzi Herianto, Komitmen Organisasi, Keadilan Organisasi, dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Administrasi Pembangunan. ISSN 2302-4674. Vol 2, No 2 (2013).

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, serta penyesuaian mengenai kedudukan Camat sebagai penerima pendelegasian kewenangan penandatangan dokumen administrasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan dari Bupati.

Peraturan Bupati Kabupaten Bogor Nomor 07 tahun 2017 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatangan Dokumen Administrasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan kepada Camat.

Peraturan Bupati Bogor Nomor 72 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan




DOI: https://doi.org/10.31334/jiap.v1i2.2697

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jiap.v1i2.2697.g1211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.