PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FAKTOR KEAMANAN DATA PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PENGGUNA APLIKASI JAKEVO DI KELURAHAN ROROTAN

Faradila Rima Afrina, Khikmatul Islah

Abstract


There are still limitations in studying simultaneously or significantly on the influence of service quality, security factors on trust public. So this research aims to analyze the influence significant or simultaneous between service quality and safety factors public trust. The object of this research is the Jakevo application as novelty in research. Research approach used in research this is a quantitative approach. Data obtained from this approach collected through structured instruments, such as questionnaires or surveys. T test results shows that service quality has a significant effect on trust society (sig. 0.000 < 0.05) with a coefficient of 1.984. F test confirms that both together have a significant effect on trust society (sig. 0.000 < 0.05) F count 99.926 F table 3.09. dertamination coefficient (R Square) of 0.598 shows that 59.8% of public trust is influenced by these two variables, while 40.2% is influenced by other factors.

Full Text:

PDF

References


Afiffah, Z. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Harapan terhadap Kebahagiaan Pernikahan Buruh Migran yang Menjalani Hubungan Jarak Jauh [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50491/1/ZAHROTUL AFIFFAH- FPSI.pdf

Engkur. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen , 23–35.

Fargly, & Marlien. (2024). Bagaimana Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Toko Online? COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 4162–4168.

Gunawan, H., Zulkarnain, Z., & Alwie, A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem,

dan Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Masyarakat pada Informasi Publik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11(4), 684–697. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/view/7836

Kalihva, Yuwono, & Manar. (2023). Implementasi Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima di DKI Jakarta. Journal of Politic and Government Studies, 447–465.

Khaerunnisa. (2020). Strategi PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Digital Produk Perbankan. Jurusan Perbankan Syariah. UIN Antasari Banjarmasin.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited. Kumparan. (2020). Data Pemohon Surat Izin Masuk Keluar-Masuk Jakarta Diduga

Bocor. KumparanNews.

Muhammad. (2019). Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Unimal Press.

Muzaki, M., NyomJan Putu Martini, N., Susbiyani, A., & Qomariah, N. (2023). Pengaruh Kualitas dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kepercayaan Masyarakat Melalui Kepuasan Masyarakat Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. RELASI : JURNAL EKONOMI, 19(2), 247–267.

https://doi.org/10.31967/relasi.v19i2.856

Pebiyanti, Fauzi, Husniyyah, Tasia, Sutendi, & Vitri. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna Belanja Online (Literature Review). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 850–858.

Permana, Rahayu, & Harahap. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 125 di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 13–26.

Putri, & Baridwan. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Risiko, Persepsi Keamanan, Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna E-Commerce. Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya.

Rahmawati, Fitriani, Haira, & Panorama. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Muamalat Kantor Cabang Palembang). Sibatik Journal, 1(7).

Ramadhan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Aplikasi Mobile Dan Harga Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS). Universitas Komputer Indonesia.

Rolania Batubara, E., & Helmy, H. (2019). Analisis Pengembangan Electronic Government Melalui Penyelenggaraan Website Di Pemerintahan Daerah Kabupaten Padang Pariaman. JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI, 1(4), 1666–1686. https://doi.org/10.24036/jea.v1i4.169

Sofiyah, & Susilowati. (2019). Penyalahgunaan Data Pribadi Penerima Pinjaman dalam Peer to Peer Lending. Novum: Jurnal Hukum, 1–6.

Suryadevi, Fanida, & 2020. (2020). Inovasi Program Online Single Submission (OSS) Dalam Layanan Izin Usaha Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Publikasi, 1–11.

Suryani, S., & Koranti, K. (2022). Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Keamanan serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Sikap Pengguna E-commerce. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(2), 183–198.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing. Andi Offset.

Utami, R., Sumiati, N., & Abdullah, M. S. (2023). Pengaruh Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(2), 445–452.

Widodo, & Susanto. (2018). Gender sebagai variabel kontrol: Pengaruh persepsi keamanan dan

persepsi privasi terhadap kepercayaan konsumen online. The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018, 375–393.




DOI: https://doi.org/10.31334/jiap.v5i3.4806

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jiap.v5i3.4806.g2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmu Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.