Inovasi Life Skill Pembuatan Kerajinan Macrame dari Daur Ulang Sampah Pakaian Bekas

Husnin Nahry Yarza, Agus Pambudi Dharma

Abstract


Sampah adalah segala sesuatu yang tidak terpakai,lagi. Di masa pandemi covid-19 ini masyarakat banyak yang menjalani work from fome dan study from home sehingga banyak dihasilkan sampah dari rumah yakni sampah organik, anorganik dan sampah pakaian. Sampah pakaian ini biasanya pada akhirnya berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA). Kerajinan macrame merupakan salah satu kerajinan membuat simpul dengan menggunakan tali. Pada pengabdian masayarakat ini kami menggunakan pakaian bekas dari kaus bekas sehingga dapat digunakan untuk pembuatan macrame. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memanfaatkan sampah pakaian menjadi sesuatu yang berguna, memberikan keterampilan kepada siswa-siswa di SMA Baitul Hikmah Depok dan menjaga lingkungan dan sadar lingkungan agar lingkungan tetap dapat dinikmati oleh generasi-generasi berikutnya. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan melakukan survei kepada pihak sekolah, selanjutnya melaksanakan sosialisasi pelatihan kepada sekolah dengan cara proses demonstrasi langsung menggunakan media Zoom meeting dengan pihak sekolah dan pelaksanaan akhir yakni evaluasi kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan. Pakaian bekas dapat dijadikan suatu kerajinan macrame yang dapat bermanfaat salah satunya adalah pembuatan gantungan pot. Kerajinan macrame ini dapat menambah nilai estetika pada pot tanaman  dan juga dapat membantu warga SMA IT Batul Hikmah paham dan semakin peduli terhadap kesehatan lingkungan

Keywords


Daur ulang, Sampah, Kerajinan Macrame, Skill, Pakaian bekas

Full Text:

PDF

References


Anggraini D, Hasnawati, Dalifa. 2018. Pelatihan Keterampilan Makrame Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Lingkar Barat Kota Bengkulu. Dharma Raflesia Unib, Vol XVI (2): 115 – 125.

Faisol, Amir. 2020. Jakarta Hasilkan 7.600 ton per hari, tahun 2020 Pemprov DKI Targetkan berkurang 30%. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01342746/jakarta-hasilkan-sampah-7600-ton-per-hari-tahun-2020-pemprov-dki-targetkan-berkurang-30-persen diakses tanggal 15 Februari 2021.

Hidayati E.K dan Yulistiana. 2013. Pelatihan Pembuatan Dompet Makrame Dari Kain Perca Di Panti Asuhan Muhammadiyah Kh. Achmad Dahlan Surabaya. e-Journal, Vol 02 (03): 130-138. https://media.neliti.com/media/publications/247087-pelatihan-pembuatan-dompet-makrame-dari-bcf20e6d.pdf.

Mariyam S, Lestari R dan Afniyanti E. 2015. Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Kuntodarussalam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. https://media.neliti.com/media/publications/112191-ID-analisis-pelaksanaan-praktikum-pada-pemb.pdf.

Muslim, Abdul. 2021. Bimbingan dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bank Sampah yang Dikelola oleh Yayasan Kumala. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3 No. 2.

Trisnawati.Desi. Ranelis., Wendra. Luci Prasilia. 2017. Pelatihan Membuat Tas Macrame Bagi Remaja Putus Sekolah di UPTD Bina Harapan Remaja Padang Panjang Untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Batoboh. Vol. 2 No. 1.

Wibawa, Dian Prihardhini. Duwi Agustina. Ibu Rumah Tangga Berdaya dengan Pengetahuan Keterampilan Kerajinan Macrame Universitas Bangka Belitung.

Wirastiwi, Wendri. Mega, Puspita Sari., Lulu Anggi Rosalia. 2018. Pelatihan Pembuatan Tas dengan Teknik Macrame dari Bahan Tali Kur di Desa Binangun Kecamatan SinggahanKabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNasPPM) .Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats