Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung

Samsul Pahmi, Anisa Suciani, Risma Yulianti, Cantikka Silvana Putri, Trifani Sagita

Abstract


Pendampingan belajar di masa pandemi covid-19 ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran. Metode pendampingan belajar yang digunakan adalah dengan memberikan pendampingan belajar secara luring, yakni mahasiswa dan siswa melakukan proses belajar mengajar secara langsung dan tatap muka. Pendampingan belajar ini dilakukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10-15 orang. Pendampingan belajar berlokasi di SD Negeri Geger Bitung dan Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Geger Bitung Kecamatan Geger Bitung. Sebelum melakukan pendampingan belajar, peneliti melakukan beberapa tahapan seperti observasi lapangan untuk mengetahui permasalahan yang sedang terjadi, selanjutnya merencanakan dan menyusun jadwal kegiatan sebelum pelaksanaan dilakukan. Materi yang diajarkan dalam pendampingan belajar ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelas. Seperti untuk kelas 1 belajar cara menulis dan membaca. Untuk kelas 2 belajar seputar pendidikan kewarganegaraan dan matematika sedangkan kelas 3 belajar matematika dan b. Indonesia. Selanjutnya untuk siswa-siswi Madrasah Diniyah Nurul Huda kelas 5-6 diberi materi yang sesuai dengan mata pelajarannya terutama Alqur’an dan Tajwidnya. Proses pendampingan yang dilakukan berjalan dengan baik dan lancar. Hasil yang diperoleh dari pendampingan belajar di Desa Geger Bitung ini cukup bagus. Siswa sangat antusias selama proses pendampingan belajar dan merasa terbantu dalam menyelesaikan tugas di sekolah.

Keywords


Pendampingan Belajar Motivasi Minat

Full Text:

PDF

References


Komari, Noor. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan Perhatian Orang Tua, Dan MinatBelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2.

Zhafira, Nabila Hilmy, Yenny Ertika, dan Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 4 Nomor 1, 2020 ISSN: 2614-2147. Halaman: 37–45.

Handayani T, Khasanah HN, Yoshinta R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (J.Pengabdi. Kpd. Masyarakat) 1:107.

Putria H, Maula LH, Uswatun DA. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. J. basicedu 4:861–872

Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa InggrisBagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas. ISSN : 2461-0992Volume 2 Nomor 2

Samsul, Pahmi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Menggunakan Discovery Learning. Jurnal BELAINDIKA. Volume 02 Nomor 01 Halaman: 32-40.

Zumaroh,A.Khasanah. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635.g832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats