Kesiapan Pariwisata Depok di Era New Normal

Authors

  • Firman Syah Program Studi MICE - Jurusan Administrasi Niaga - Politeknik Negeri Jakarta Jalan Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kampus Universitas Indonesia Depok 16425
  • Imam Syafgani Program Studi MICE - Jurusan Administrasi Niaga - Politeknik Negeri Jakarta Jalan Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kampus Universitas Indonesia Depok 16425

DOI:

https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1638

Keywords:

Bantuan Masker dan Hand Sanitizer, PSBB, Pengabdian Masyarakat, Covid-19, dan Kota Depok

Abstract

Kegiatan bantuan dan dukungan dalam bentuk pembagian gratis hand sanitizer dan masker kepada masyarakat melalui tim Gugus Tugas Covid-19 menjadi salah satu objek kegiatan pengabdian masyarakat. Terlebih Kota Depok sudah memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proposional. Bentuk nyata yang dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Jakarta melalui Pengabdian Masyarakat Kelompok Dosen yang diselenggarakan oleh Jurusan Administrasi Niaga. Hal ini sesuai dengan edaran untuk membantu mempercepat penyelesaian kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya Kota Depok. Terlebih saat ini pariwisata akan mulai memasuki era baru.

Memilih lokasi tersebut, karena Kota Depok menjadi salah satu kota yang menerapkan kebijakan PSBB dan kebetulan PNJ berada di Kota Depok. Prioritas program bantuan material dalam bentuk hand sanitizer dan masker langsung diserahkan dan diterima oleh perwakilan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok.

Dari sini, tim tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok dapat menganalisa dan memberikan prioritas untuk siapa saja yang penting menerima dan menggunakan bantuan hand sanitizer dan masker. Sehingga kelancaran aktivitas masyarakat sekaligus penyelesaian penanganan Covid-19 di Kota Depok akan dapat ditangani dengan baik oleh pemerintah

References

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2020. Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Hotel. https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1598981537_Handbook_Hotel_FINAL_31072020-EDISI_JULI.pdf.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2020. Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Restoran/Rumah Makan. https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1598981586_Handbook_Resto_FINAL_28072020-EDISI_JULI.pdf.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. https://promkes.kemkes.go.id/kmk-no-hk0107-menkes-382-2020-tentang-protokol-kesehatan-bagi-masyarakat-di-tempat-dan-fasilitas-umum-dalam-rangka-pencegahan-covid19.

Krisdayanthi, Atrid (2020). New Normal Pariwisata Bali di masa Pandemi pada Daerah Tujuan Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama dan Budaya, 5(2), 49-56. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PB/article/view/1743.

Kristiawati, Aldila Saputri dan Dewi, Putri Aisyiyah Rachma. 2021. Analisis Framing pada Media Online Okezone.Com dan Tribunnews.Com dalam Pemberitaan Wacana New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Commercium. Volume 3 Nomor 3 (2020). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/37700.

Sugihamretha, I. Dewa Gde (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191-206. https://journal.bappenas.go.id/index.php/jpp/article/view/113.

Worldometers. 2021. Coronavirus Cases 2021. https://www.worldometers.info/coronavirus. Diakses pada Rabu 14 April 2021 jam 09.00 WIB.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles