Pemanfaatan Strategi Pemasaran 5.0 Untuk Peningkatan Penjualan Pada Kelompok Tani Desa Cidokom
DOI:
https://doi.org/10.31334/jks.v4i2.2112Keywords:
Marketing 5.0, Digital Marketing, Difusi InovasiAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mengelola manajemen usaha yang berfokus pada aspek manajemen pemasaran dan komunikasi pemasaran yang berbasis IPTEK terhadap Kelompok Tani, yang terletak di Desa Cidokom. Sasaran program PKM ini adalah kelompok masyarakat yang produktif secara ekonomi (UKM). Tujuan program adalah untuk mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomidengan mengintegrasikan teknologi ke dalam salah satu dimensi proses bisnisnya. Mitra usaha dalam program ini adalah kelompok usaha budidaya tanaman hias. Analisis thematic dalam pre survey mendapatkan permasalahan mitra meliputi; Tata kelola keuangan yang tidak lancar, solusinya: mendukung pelaksanaan dan kelancaran usaha mitra PKM dari sisi penyiapan permodalan dan pengelolaan keuangan usaha dengan perancangan dan pelatihan manajemen keuangan (aliran kas), perencanaan usaha yang baik, dan efisiensi serta efektivitas dana usaha. Permasalahan kedua terletak pada melemahnya tingkat penjualan selama pandemic Covid-19, solusinya adalah meningkatkan ketrampilan mitra PKM dalam menunjang produktivitas, dengan pelatihan difusi inovasi teknologi pemasaran. Realisasi progam PKM dengan terjadinya volume penjualan dengan meningkatkan awareness, pembuatan e-katalog penjualan, alternatif sistem penjualan (konsinyasi) dan saluran pemasaran lainnya serta penataan pasar yang lebih luas menggunakan konsep digital marketing 5.0. luaran wajib dan luaran lainnya yang ditargetkan program PKM ini berupa: 1. Publikasi di jurnal ilmiah cetak atau elektronik di Jurnal Nasional ber-ISSN, 2. Artikel ilmiah dimuat di jurnal cetak atau elektronik Nasional, 3. Permodelan Manajemen Produksi, 4. Peningkatan daya saing Mitra Produktif Ekonomi dalam aspek Pemasaran, 5. Penerapan Teknologi Tepat Guna IPTEK digital marketing pada UMKM. Rencana kegiatan dimulai dari merumuskan permasalahan, mencari solusi, merencanakan dan melaksanakan seluruh PKM serta mensosialisasikan hasil penerapan teknologi tepat guna ke seluruh anggota mitra.
References
Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM. Manajemen Bisnis, 6(1), 69–74.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. JIBEKA, 11(2), 46–53.
Wardana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing. Forum Keuangan dan Bisnis, 4, 327–337.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution--ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.