Peningkatan Segmentasi Pelanggan UMKM Griya Batik Sum Gati Kabupaten Blitar melalui Pemanfaatan Platform E-Commerce

Hikmah Sekarningtyas, Iqbal Faza

Abstract


Batik merupakan salah satu produk unggulan yang dimiliki bangsa Indonesia. Di Indonesia, batik menjadi salah satu usaha yang paling digeluti oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam menggeluti usaha batik, UMKM pada masing-masing daerah akan memiliki motif desain unggulan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Salah satu UMKM yang menggeluti usaha batik yaitu UMKM Griya Batik Sum Gati di Kabupaten Blitar. Pemasaran produk yang dilakukan pada umumnya hanya menggunakan aplikasi Whatsapp dan secara konvensional. Sehingga, pemasaran produk kurang mencakup skala yang lebih luas. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian ini, penulis ingin membantu mengenalkan batik khas Blitar dengan tujuan meningkatkan segmentasi pelanggan Griya Batik Sum Gati melalui penjualan produk yang terfokus pada pemasaran produk berbasis e-commerce agar memudahkan UMKM menjualkan produk batik Kabupaten Blitar diseluruh kalangan di Indonesia. Terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan program ini, diantaranya tahap observasi dengan melakukan survei proses bisnis pembuatan batik, tahap implementasi kegiatan dengan pembuatan akun e-commerce hingga pengunggahan dan penjualan produk, tahap evaluasi dan monitoring. Hasil kegiatan yang didapatkan adalah, mitra dapat memulai memasarkan produknya melalui platform e-commerce dengan jangkauan lebih luas.

Keywords


UMKM; E-commerce; Batik; Pemasaran Produk;

Full Text:

PDF

References


Darmawan, iI., iPuspitasari, iW., i& iAndreswari, iR. i(2019). iPemanfaatan iE-Commerce iDalam iPeningkatan iPemasaran idi iUMKM iGrosir iBatik iTasikmalaya. iCharity: iJurnal iPengabdian iMasyarakat, i2(1).

Evasari, iA. iD., iUtomo, iY. iB., i& iAmbarwati, iD. i(2019). iPelatihan iDan iPemanfaatan iE-Commerce iSebagai iMedia iPemasaran iProduk iUMKM iDi iDesa iTales iKecamatan iNgadiluwih iKabupaten iKediri. iCendekia: iJurnal iPengabdian iMasyarakat, i1(2), i75-84.

Efendi, iE., iArief, iA. iS., iDewantara, iR., iCakranegara, iP. iA., i& iSari, iA. iR. i(2022). iPemanfaatan iInstagram iInsight idalam iPeningkatan iSegmentasi iPelanggan ipada iUMKM iTenun iBatik. iJURNAL iPENGABDIAN iMASYARAKAT iINDONESIA, i1(3), i47-52.

Fachrina, iR., i& iNawawi, iZ. iM. i(2022). iPemanfaatan iDigital iMarketing i(Shopee) iDalam iMeningkatkan iPenjualan iPada iUMKM iDi iMarelan. iJurnal iIlmiah iMahasiswa iPerbankan iSyariah i(JIMPA), i2(2), i247-254.

Hakim, iL. iM. i(2018). iBatik iSebagai iWarisan iBudaya iBangsa idan iNation iBrand iIndonesia. iNation iState: iJournal iof iInternational iStudies, i1(1), i61–90.

Haryanti, iS., iMursito, iB., i& iSudarwati, iS. i(2019). iAnalisis istrategi ipemasaran idigital iuntuk imeningkatkan ipenjualan iproduk ibatik ipada iPT. iDanar iHadi iSurakarta. iJurnal iIlmiah iEdunomika, i3(01).

Himawan, iH., iSaefullah, iA., i& iSantoso, iS. i(2014). iAnalisa idan iperancangan isistem iinformasi ipenjualan ionline i(e-commerce) ipada iCV iselaras ibatik imenggunakan ianalisis ideskriptif. iScientific iJournal iof iInformatics, i1(1), i53-63.

Maslim, iM., iAdhithama, iS. iP., i& iNugroho, iA. iH. iT. i(2020). iPembangunan iSistem iInformasi iPenjualan iPada iUsaha iMikro, iKecil, iDan iMenengah i(Studi iKasus: iPahala iFotokopi idan iDigital iPrinting). iDINAMISIA-Jurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(1), i95-105.

Muslihudin, iM. i(2020). iPengenalan iMobile iCommerce iPada iAnggota iKoperasi iGentiaras iUntuk iMeningkatkan iPenghasilan iRumah iTangga. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(2), i300-305.

Ningsih, iS. iC., i& iPutri, iP. iH. i(2020). iInovasi iKemasan idan iPerluasan iPemasaran iUsaha iRempeyek idi iYogyakarta. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(1), i6-17.

Pratama, iA. iK. iY., iWisdaningrum, iO., i& iNugrahani, iM. iP. i(2020). iPendampingan idan iPenerapan iTeknologi iUntuk iPeningkatan iProduktivitas iUsaha iMikro iGula iSemut. iDINAMISIA: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(2), i275-284.

Rahman, iT., i& iNurdian, iY. i(2021). iPendampingan ipemanfaatan iteknologi idigital iuntuk imeningkatkan ipemasaran itoko iroti idi iPabian iSumenep. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i5(3), i645-650.

Raniswara, iD. iA. i(2021). iLKP: iPemanfaatan iDigital iMarketing i(SHOPEE) iuntuk iMembantu iMeningkatkan iKegiatan iPemasaran iSecara iOnline ipada iUMKM iMiss iBatik iCollection i(Doctoral idissertation, iUniversitas iDinamika).

Renny iS. iD., iOki iA. iC. iD., iRizky iN. i(2019). iPerancangan idan iImplementasi iSistem iE-Commerce ipada iUMKM iBatik idi iKabupaten iJombang. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i3(1), i36-43.

Wiyani, iF., i& iPrabowo, iN. iA. i(2013, iMarch). iPeningkatan Daya iSaing iBisnis i“Batik iKahuripan” iMelalui iSistem iPenjualan iBerbasis iE-Commerce. iIn iSeruni-Seminar iRiset iUnggulan iNasional iInoformatika idan iKomputer i(Vol. i2, iNo. i1).




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v6i1.3260

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jks.v6i1.3260.g1631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats