Peningkatan Segmentasi Pelanggan UMKM Griya Batik Sum Gati Kabupaten Blitar melalui Pemanfaatan Platform E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.31334/jks.v6i1.3260Keywords:
UMKM, E-commerce, Batik, Pemasaran Produk,Abstract
Batik merupakan salah satu produk unggulan yang dimiliki bangsa Indonesia. Di Indonesia, batik menjadi salah satu usaha yang paling digeluti oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam menggeluti usaha batik, UMKM pada masing-masing daerah akan memiliki motif desain unggulan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Salah satu UMKM yang menggeluti usaha batik yaitu UMKM Griya Batik Sum Gati di Kabupaten Blitar. Pemasaran produk yang dilakukan pada umumnya hanya menggunakan aplikasi Whatsapp dan secara konvensional. Sehingga, pemasaran produk kurang mencakup skala yang lebih luas. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian ini, penulis ingin membantu mengenalkan batik khas Blitar dengan tujuan meningkatkan segmentasi pelanggan Griya Batik Sum Gati melalui penjualan produk yang terfokus pada pemasaran produk berbasis e-commerce agar memudahkan UMKM menjualkan produk batik Kabupaten Blitar diseluruh kalangan di Indonesia. Terdapat 3 tahapan dalam pelaksanaan program ini, diantaranya tahap observasi dengan melakukan survei proses bisnis pembuatan batik, tahap implementasi kegiatan dengan pembuatan akun e-commerce hingga pengunggahan dan penjualan produk, tahap evaluasi dan monitoring. Hasil kegiatan yang didapatkan adalah, mitra dapat memulai memasarkan produknya melalui platform e-commerce dengan jangkauan lebih luas.References
Darmawan, iI., iPuspitasari, iW., i& iAndreswari, iR. i(2019). iPemanfaatan iE-Commerce iDalam iPeningkatan iPemasaran idi iUMKM iGrosir iBatik iTasikmalaya. iCharity: iJurnal iPengabdian iMasyarakat, i2(1).
Evasari, iA. iD., iUtomo, iY. iB., i& iAmbarwati, iD. i(2019). iPelatihan iDan iPemanfaatan iE-Commerce iSebagai iMedia iPemasaran iProduk iUMKM iDi iDesa iTales iKecamatan iNgadiluwih iKabupaten iKediri. iCendekia: iJurnal iPengabdian iMasyarakat, i1(2), i75-84.
Efendi, iE., iArief, iA. iS., iDewantara, iR., iCakranegara, iP. iA., i& iSari, iA. iR. i(2022). iPemanfaatan iInstagram iInsight idalam iPeningkatan iSegmentasi iPelanggan ipada iUMKM iTenun iBatik. iJURNAL iPENGABDIAN iMASYARAKAT iINDONESIA, i1(3), i47-52.
Fachrina, iR., i& iNawawi, iZ. iM. i(2022). iPemanfaatan iDigital iMarketing i(Shopee) iDalam iMeningkatkan iPenjualan iPada iUMKM iDi iMarelan. iJurnal iIlmiah iMahasiswa iPerbankan iSyariah i(JIMPA), i2(2), i247-254.
Hakim, iL. iM. i(2018). iBatik iSebagai iWarisan iBudaya iBangsa idan iNation iBrand iIndonesia. iNation iState: iJournal iof iInternational iStudies, i1(1), i61–90.
Haryanti, iS., iMursito, iB., i& iSudarwati, iS. i(2019). iAnalisis istrategi ipemasaran idigital iuntuk imeningkatkan ipenjualan iproduk ibatik ipada iPT. iDanar iHadi iSurakarta. iJurnal iIlmiah iEdunomika, i3(01).
Himawan, iH., iSaefullah, iA., i& iSantoso, iS. i(2014). iAnalisa idan iperancangan isistem iinformasi ipenjualan ionline i(e-commerce) ipada iCV iselaras ibatik imenggunakan ianalisis ideskriptif. iScientific iJournal iof iInformatics, i1(1), i53-63.
Maslim, iM., iAdhithama, iS. iP., i& iNugroho, iA. iH. iT. i(2020). iPembangunan iSistem iInformasi iPenjualan iPada iUsaha iMikro, iKecil, iDan iMenengah i(Studi iKasus: iPahala iFotokopi idan iDigital iPrinting). iDINAMISIA-Jurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(1), i95-105.
Muslihudin, iM. i(2020). iPengenalan iMobile iCommerce iPada iAnggota iKoperasi iGentiaras iUntuk iMeningkatkan iPenghasilan iRumah iTangga. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(2), i300-305.
Ningsih, iS. iC., i& iPutri, iP. iH. i(2020). iInovasi iKemasan idan iPerluasan iPemasaran iUsaha iRempeyek idi iYogyakarta. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(1), i6-17.
Pratama, iA. iK. iY., iWisdaningrum, iO., i& iNugrahani, iM. iP. i(2020). iPendampingan idan iPenerapan iTeknologi iUntuk iPeningkatan iProduktivitas iUsaha iMikro iGula iSemut. iDINAMISIA: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i4(2), i275-284.
Rahman, iT., i& iNurdian, iY. i(2021). iPendampingan ipemanfaatan iteknologi idigital iuntuk imeningkatkan ipemasaran itoko iroti idi iPabian iSumenep. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i5(3), i645-650.
Raniswara, iD. iA. i(2021). iLKP: iPemanfaatan iDigital iMarketing i(SHOPEE) iuntuk iMembantu iMeningkatkan iKegiatan iPemasaran iSecara iOnline ipada iUMKM iMiss iBatik iCollection i(Doctoral idissertation, iUniversitas iDinamika).
Renny iS. iD., iOki iA. iC. iD., iRizky iN. i(2019). iPerancangan idan iImplementasi iSistem iE-Commerce ipada iUMKM iBatik idi iKabupaten iJombang. iDinamisia: iJurnal iPengabdian iKepada iMasyarakat, i3(1), i36-43.
Wiyani, iF., i& iPrabowo, iN. iA. i(2013, iMarch). iPeningkatan Daya iSaing iBisnis i“Batik iKahuripan†iMelalui iSistem iPenjualan iBerbasis iE-Commerce. iIn iSeruni-Seminar iRiset iUnggulan iNasional iInoformatika idan iKomputer i(Vol. i2, iNo. i1).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution--ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.