Edukasi Mitigasi Bencana dalam Mewujudkan Desa Tangguh Bencana di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jawa Tengah

Mary Ismowati, Anggi Dwi Saputri, Angga Sulaiman, Dava Rizqi Nugraha, Rita Amalia Fortuna, Anggita Pujiyanti, Maria Lestari Nainggolan, Navalsya Halidia

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul “Sosialisasi dan Pelatihan Mitigasi Bencana Dalam Upaya Mewujudkan Desa Tangguh Bencana di Desa Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah”. Kondisi topografi Desa Banyukuning berada di daerah dataran tinggi yang berpotensi rawan terhadap kejadian bencana alam salah satunya tanah longsor, oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini bertujuan mengedukasi dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat Desa Banyukuning dalam mengurangi dampak resiko dalam menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan sosialisasi dan juga pelatihan dengan metode ceramah dan tanya jawab (diskusi) dengan target sasarannya yaitu seluruh masyarakat Desa Banyukuning. Kegiatan sosialisasi mitigasi bencana ini juga melibatkan narasumber dari BPBD Semarang dan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) yang memaparkan materi mengenai konsep bencana, jenis-jenis bencana, dampak yang ditimbulkan oleh bencana, tanda-tanda akan terjadinya bencana, dan bagaimana cara menghadapi bencana dan pasca terjadinya bencana. Secara keseluruhan semua kegiatan berjalan dengan baik dan diharapkan menjadi tambahan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat Desa Banyukuning dalam usaha mitigasi berbagai macam bencana yang mungkin terjadi, sehingga di masa yang akan datang dapat mendukung terbentuk Desa Tangguh Bencana (destana)

Keywords


Edukasi; Mitigasi Bencana; Desa Tangguh Bencana;

Full Text:

PDF

References


Aulia, V., & Halimah, N. (2022). Perencanaan Program Kenanga Sebagai Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Di Desa Ketosari, Kab. Purworejo. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 6(1), 1–10.

Ismowati, M., Abbas, S., & Putri, A. (2022). Sosialisasi Peran Pemuda Dalam Sdgs Tujuan 8 Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Di Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Malang. 1(12), 2315–2322.

Jufriadi, A., Ayu, H. D., Afandi, A., Rahman, M., Raehanayati, Ariyanto, S. V., & Suciningtyas, I. K. L. N. (2012). Sosialisasi “pengurangan resiko bencana” di kecamatan tempursari kabupaten lumajang sebagai upaya pendidikan mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Inovasi, 1(1).

Pradita, G. (2020). Doni Monardo: RI Masuk 35 Negara Rawan Bencana di Dunia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201215141037-20-582358/doni-monardo-ri-masuk-35-negara-rawan-bencana-di-dunia

Purnama, A. Y., Winingsih, P. H., Saputro, H., Cahyati, R. N., & Nurhidayah, A. E. (2022). Sosialisasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi di SMP Tahfidzqu dan SMA Sahabatqu Yogyakarta. Journal Abdimas Dewantara, 5(1), 7–17.

Tim VGT. (2021). Vetiver Grass Tech: Solusi Mitigasi Tanah Longsor di Dusun Magirejo, Ngalang, Gunungkidul. Konservasi DAS. https://konservasidas.fkt.ugm.ac.id/2021/08/27/vetiver-grass-tech-solusi-mitigasi-tanah-longsor-di-dusun-magirejo-ngalang-gunungkidul/

Wekke, I. S. (2021). Mitigasi Bencana. CV. Adanu Abimata.

Zulkifli, L., Emilga, E. V., Abdurrahman, M. G., & Daniswara, L. (2022). Sosialisasi Mitigasi Bencana dan Pemetaan Jalur Evakuasi untuk Mendukung Desa Sengkol Sebagai Desa Tanggap Bencana. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.

UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana,

PP No. 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana,

Perda Kabupaten Semarang No. 19 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v6i1.3333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats