Strategi Promosi Pemasaran Wisata Kolam Renang Desa Walando guna Meningkatkan Potensi Desa Wisata (PkM pada Bumdes Desa Walando Buton Tengah)

Authors

  • Muhammad Rais Universitas Muhammadiyah Buton, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara
  • Dwi Agustyawati Universitas Muhammadiyah Buton, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara
  • Dewi Mahmuda Universitas Muhammadiyah Buton, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.31334/jks.v6i2.3589

Keywords:

Strategi, Promosi Pemasaran, , Potensi Desa Wisata

Abstract

Desa Walando, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah merupakan salah satu desa yang berupaya untuk mengembangkan potensinya sehingga ada pemasukan bagi pemerintah desa melalui BUMDes. Potensi Desa Walando yang dikembangkan adalah berupa wisata kolam renang. Banyaknya usaha bisnis yang dilakukan oleh BUMDes Desa Walando maka diperlukan strategi pemasaran untuk menarik para wisatawan untuk mau berkunjung ke wisata kolam renang desa Walando. Tujuan pendampingan ini adalah agar Masyarakat desa Walando khususnya pengurus BUMDes desa Walando lebih memahami strategi promosi pemasaran wisata. Kegiatan PKM dilakukan melalui metode pelatihan dan juga pendampingan yang diikuti oleh para pengelola wisata, pengurus BUMdes dan perangkat Desa Walando. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pendampingan ini adalah bertambahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman pengurus BUMDes dan masyarakat tentang strategi promosi pemasaran wisata kolam renang dalam meningkatkan potensi daerah

References

Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-todrink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.002

Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bastomi, M., Suprianto, A., Ansori, M., Alghifari, M. F., Afiyah, F. N., Zahro, F. F., Priyanti, M. P., Rahmawati, N. N., Umah, S. N., Hawa, Z. B. P., & Prasetya, A. R. I. 2022. Pengembangan Usaha Kecil Bubuk Jahe Dan Kunyit Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.35316/assidanah.v4i1.71-78

Dewi Diah Fakhriyyah, Daimatul Munawaroh, Diah Utami, Dita Putri, Fadhila Khoirun Nisa’, Fadhila Nur Khaliza, Fandi Ahmad, Farradina, Ferlika, Jacky Jaffan, Muhammad Maimun, Muhammad Mudzakkir. 2022. Strategi Promosi Digital Marketing Wisata Rafting Guna Meningkatkan Potensi Desa Wisata. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. e-issn: xxx-xxx Volume: 1 Nomor: 1 Edisi Oktober 2022 Halaman: 10-14

Dwi Sukma Donoriyanto. 2023. Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban. 4(1):42-50. DOI:10.54783/ap.v4i1.22

Elysa Octadina, Irma Aulia Saputri, Jusman, Reski Permana, Syafrizal, Wina Sapriyanti. 2022. Sosialisasi Kepada Masyarakat: Penerapan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Pendapatan pada Wisata Bukit Condong. AJAD Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2 No. 2 Oktober 2022, pp. 169-176.

Etty Widawati, Syamsul Arifin, Affrilian Andi Pranata, Ainun Haqiqi Sri Mustika. 2023. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Objek Wisata Dan Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Promosi Wisata Sontoh Laut Surabaya. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 2, No.5 Juni (2023) ISSN 2828-6634 (media online) Hal 423-428. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma

Janri. D Manafe, Tuty Setyorini, Yermias A. Alang. 2016. Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni Dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Vol. 4 No. 1.

Laksana, M. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Lisa Adhrianti, Fathiyyah Janah, Puspa Muslimah Amalia. 2023. Pemanfaatan Media Sosial Bagi Promosi Pariwisata Desa Panca Mukti melalui Strategy Destination Branding. ARTINARA, Vol. 02 No. 02, Juni 2023, 73-84.

Ranti Eka Putri. 2023. Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 4(3):667-675. DOI:10.37339/jurpikat.v4i3.1550

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles