Strategi Pemasaran UMKM Berbasis Marketplace di Desa Pantai Sederhana Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi

Authors

  • Muhammad Junaid Kamaruddin Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta https://orcid.org/0009-0005-2165-8092
  • Fauziah Fauziah Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta
  • Nabila Fitri Assy Farhah Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Jalan Sunter Permai Raya Podomoro Jakarta Utara, 14350, Indonesia
  • Seno Eka Darmawan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Jalan Sunter Permai Raya Podomoro Jakarta Utara, 14350, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31334/jks.v7i1.3713

Keywords:

Strategi Pemasaran, Market Place, UMKM,

Abstract

Desa Pantai Sederhana Muara Gembong, memiliki kegiatan ekonomi yang terkait dengan sumber daya pantai dan kelautan seperti Perikanan, dimana Desa Pantai Sederhana Muara Gembong memiliki akses ke perairan laut yang kaya akan sumber daya ikan seperti ikan bandeng,.   Kegiatan perikanan seperti penangkapan ikan, budidaya ikan, dan pemrosesan hasil tangkapan seperti pengolahan ikan asin, ikan kering, atau ikan olahan lainnya menjadi salah satu mata pencaharian warga Desa Pantai Sederhana. Salah satu produk unggulannya adalah bandeng presto Kendala yang dihadapi warga Desa Pantai Sederhana adalah masih belum paham memasarkan olahan bandeng presto baik secara online atau digital   Dari kendala tersebut tim Pengabdian Kepada Masyarakat UTA 45 Jakarta memberikan sosialisasi secara langsung mengenai pengolahan ikan bandeng, pengamasan sampai kepada pemasaran kepada masyarakat Desa Pantai Sederhana mengenai strategi   pemasaran olahan bandeng presto berbasis digital marketing atau marketplace. Sosialisasi dilakukan agar perekonomian warga desa tersebut meningkat.  

References

W. A. Prodjo, “Bantu Digitalisasi, Ini Upaya KemenKopUKM Berdayakan UMKM dari Hulu ke Hilir,†2023. https://umkm.kompas.com/read/2023/02/10/095132983/bantu-digitalisasi-ini-upaya-kemenkopukm-berdayakan-umkm-dari-hulu-ke-hilir (accessed Aug. 25, 2023).

M. A. Mawarsari, “Tren Digitalisasi UMKM di Indonesia 2023: Tantangan dan Peluang,†dailysocial.i, 2023. https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023-tantangan-dan-peluang (accessed Aug. 25, 2023).

D. Hendarsyah, “Pemasaran digital dalam kewirausahaan,†IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 9, no. 1, pp. 25–43, 2020.

A. Putri and M. Arif, “Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan,†Jesya (Jurnal Ekon. dan Ekon. Syariah), vol. 6, no. 1, pp. 194–208, 2023.

Downloads

Additional Files

Published

2024-08-02

Issue

Section

Articles