Strategi Pemasaran UMKM Berbasis Marketplace di Desa Pantai Sederhana Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi

Muhammad Junaid Kamaruddin, Fauziah Fauziah, Nabila Fitri Assy Farhah, Seno Eka Darmawan

Abstract


Desa Pantai Sederhana Muara Gembong, memiliki kegiatan ekonomi yang terkait dengan sumber daya pantai dan kelautan seperti Perikanan, dimana Desa Pantai Sederhana Muara Gembong memiliki akses ke perairan laut yang kaya akan sumber daya ikan seperti ikan bandeng,.  Kegiatan perikanan seperti penangkapan ikan, budidaya ikan, dan pemrosesan hasil tangkapan seperti pengolahan ikan asin, ikan kering, atau ikan olahan lainnya menjadi salah satu mata pencaharian warga Desa Pantai Sederhana. Salah satu produk unggulannya adalah bandeng presto Kendala yang dihadapi warga Desa Pantai Sederhana adalah masih belum paham memasarkan olahan bandeng presto baik secara online atau digital  Dari kendala tersebut tim Pengabdian Kepada Masyarakat UTA 45 Jakarta memberikan sosialisasi secara langsung mengenai pengolahan ikan bandeng, pengamasan sampai kepada pemasaran kepada masyarakat Desa Pantai Sederhana mengenai strategi  pemasaran olahan bandeng presto berbasis digital marketing atau marketplace. Sosialisasi dilakukan agar perekonomian warga desa tersebut meningkat.  


Keywords


Strategi Pemasaran; Market Place; UMKM;

Full Text:

PDF

References


W. A. Prodjo, “Bantu Digitalisasi, Ini Upaya KemenKopUKM Berdayakan UMKM dari Hulu ke Hilir,” 2023. https://umkm.kompas.com/read/2023/02/10/095132983/bantu-digitalisasi-ini-upaya-kemenkopukm-berdayakan-umkm-dari-hulu-ke-hilir (accessed Aug. 25, 2023).

M. A. Mawarsari, “Tren Digitalisasi UMKM di Indonesia 2023: Tantangan dan Peluang,” dailysocial.i, 2023. https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023-tantangan-dan-peluang (accessed Aug. 25, 2023).

D. Hendarsyah, “Pemasaran digital dalam kewirausahaan,” IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 9, no. 1, pp. 25–43, 2020.

A. Putri and M. Arif, “Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan,” Jesya (Jurnal Ekon. dan Ekon. Syariah), vol. 6, no. 1, pp. 194–208, 2023.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v7i1.3713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

     

 

 

View My Stats