Upaya Peningkatan Proses Produksi Melalui Sosialisasi Perbaikan Layout di UMKM Bill Bakerykoe

Hikmah Sekarningtyas, Iqbal Faza

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bill Bakerykoe merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang makanan yang ada di Kudus, dengan hasil produksi utamanya adalah donat dan roti manis. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, UMKM belum memiliki penataan area kerja yang baik. Dimana, dalam melakukan kegiatan produksi roti, dengan menggunakan tata letak (layout) fasilitas produksi saat ini, ditemukan bahwa penataan area kerja tidak sesuai dengan urutan aliran proses produksi. Sehingga, ditemukan pengulangan dalam melewati area produksi yang seharusnya belum waktunya untuk dilalui. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini ialah memberikan pengetahuan terkait usulan tata letak fasilitas produksi baru yang tepat dan lebih efisien, serta dapat meminimumkan kegiatan berulang yang membuang banyak waktu. Stasiun kerja yang diamati adalah mulai dari letak gudang bahan baku, mesin produksi, hingga tempat pengemasan produk. Terdapat 3 tahapan dalam pelaksaan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Tahap pertama yaitu tahap survey, dengan melakukan kunjungan lokasi ke UMKM untuk kegiatan wawancara dan pengamatan proses produksi. Tahap selanjutnya, yaitu tahap implementasi kegiatan, yaitu dengan melakukan sosialisasi untuk memaparkan hasil usulan perbaikan tata letak area lantai produksi. Tahap terakhir yaitu, tahap evaluasi dan pelaporan. Hasil kegiatan yang didapatkan adalah mitra akan memiliki tata letak (layout) produksi yang lebih baik, serta mitra diharapkan dapat lebih memahami betapa pentingnya penataan area kerja, mesin dan peralatan produksi yang berurutan sesuai dengan tahapan aliran proses pembuatan produknya.

Keywords


UMKM; Layout; Fasilitas Produksi.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Bakhtiar, S., & Nanda, R. (2017). Usulan perbaikan tata letak pabrik dengan menggunakan systematic layout planning (SLP) di CV. Arasco Bireuen. Malikussaleh Industrial Engineering Journal, Vol. 4, No. 2, pp 4–10.

Febriantoko, J., Sepindjung, B., & Mayasari, R. (2020). Pendampingan dalam Perencanaan Penanaman Bawang Merah pada Kelompok Tani Harapan Jaya Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 31-41.

Hidayat, T. P., Sugioko, A., Sukwadi, R., Silalahi, A., BW, S. O., & GM, F. R. (2023). Sosialisasi Peningkatan Efisiensi Lantai Produksi dengan Rancang Ulang Tata Letak Pabrik PT SEI. SABDAMAS, 2(1), 92-100.

Hutauruk, M. R. (2024). Pendampingan Perancangan Tata Letak Produksi Kue dengan Pendekatan Activity Relationship Chart di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Warta LPM, 163-171.

Irianti, L., Afifah, A. U., Yuniar, S. S., Firmansyah, I. A., & Salsabila, S. (2022). Sosialisasi Perbaikan Tata Letak Lantai Produksi Pada CV. Cat Style. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 58-71.

Kanzdaffa, A. H., & Hakim, A. R. (2023). Sosialisasi Perbaikan Proses Sortir Produk Good No Good Dan Tata Letak Fasilitas Kerja Pada Pelaku Umkm Di Desa Sabajaya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 996-1005.

Kholifah, U. (2021). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Metode Systematic Layout Planning dan BLOCPLAN untuk Meminimasi Biaya Material Handling pada UD. Sofi Garmen. Journal of Research and Technology, 7(2), 151-162.

Rahayu, A. A. W. (2023). Sosialisasi Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Kerupuk Kulit Sapi Asli Di Ukm Aphe Karawang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 3(1), 2162-2169.

Ramadhan, M. A., & SE, A. T. J. (2022). Penerapan Tata Letak (Layout) Fasilitas Produksi Dengan Metode Activity Relationship Chart (Arc) Untuk Efektivitas Material Handling Pada Sari Good Bakery (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Rengganis, E., & Mauidzoh, U. (2021). Re-Layout Penempatan Fasilitas Produksi dengan menggunakan Metode Systematic Layout Planning dan Metode 5 S Guna Meminimalkan Biaya Material Handling. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 3(1), 31-40.

Stefianti, Y. S., Heryanto, R. M., & Suhada, K. (2022). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Menggunakan Metode Fraktal di Manufaktur Spare Part. Journal Of Industrial And Manufacture Engineering, 6(2), 189-206.

Waisnawa, I. G. N. S., Sudana, I. M., Rajendra, I. M., Sudiadnyani, I. O., & Rejeki, I. M. (2023). Pendampingan Pengaturan Tata Letak Fasilitas Produksi Usaha Kecil Pembuatan Sanggah Kayu Bali “Labak Sari”. Madaniya, 4(3), 1090-1096.

Widyanto, R. A., Ismail, L., Nugroho, F. F., Rafdi, A., Wardani, I. A. F., & Fahrurrosak, F. (2021). PPMT Perancangan Tata Letak Fasilitas Kerja di Home Industry Irus untuk Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Produksi. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 14-25.

Wignjosoebroto, S. (2009). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan Edisi Ketiga. Surabaya: Guna Widya.

Wisudawati, T., Agusti, F., Utomo, W. P., & Wicaksono, F. (2022). Pendampingan Dalam Penataan Letak Fasilitas Di UMKM Fuji Rotan Trangsan Gatak Sukoharjo. FORDICATE, 1(2), 141-149.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v7i1.4016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

 

 

View My Stats