Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan pada Usaha Kopi Luwak Rumah Madu Indonesia (RMI) di Kabupaten Bandung Barat

Heri Erlangga, Erti Dinihayati, Deya Jahrani, Syifa Putri Yohana

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kewirausahaan pada Rumah Madu Indonesia (RMI) dalam mengembangkan usaha kopi Luwak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. RMI, yang merupakan usaha rumahan yang didirikan pada tahun 2017, awalnya fokus pada produksi madu dan produk herbal. Namun, usaha ini menghadapi tantangan dalam mengembangkan produk kopi Luwak, yang selama ini bergantung pada kopi yang dihasilkan dari hewan luwak liar. Dalam rangka mengatasi keterbatasan tersebut, kegiatan ini mengusulkan solusi berupa penggunaan fermentasi probiotik dari feses luwak dan enzim untuk memproduksi kopi Luwak secara berkelanjutan dan tanpa eksploitasi terhadap satwa liar. Melalui pelatihan dan diseminasi pengetahuan kepada petani dan pelaku UMKM setempat, peserta diberikan pemahaman tentang proses fermentasi kopi menggunakan bakteri asam laktat yang diisolasi dari feses luwak. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi kopi Luwak secara berkelanjutan, serta memberikan dampak positif terhadap pengembangan ekonomi masyarakat dan keberlanjutan usaha RMI.

Keywords


kapasitas kewirausahaan; usaha kopi, kopi luwak, bimbingan teknis

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z., Maqsurotullaeli, A., Ekawati, R., Rohman, N. U., Wulandari, A. D., Pinasti, A., Fikri, A., Ningamatuzzulfa, A., Raihan, A. W., Isnawati, A., Arifin, I. A., Alfiyan, R. R., Kuspriyadi, K., & Hartiyah, S. (2025). Strategi Digital Marketing untuk Pemasaran Produk UMKM Madu Wana Apis Desa Wonotirto. Pelayanan Unggulan : Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 2(1), 1–10. https://pkm.lpkd.or.id/index.php/Unggulan/article/view/1155

Aini, A. N., Rizky, V., Rohana, L., Azizah, Y., Aprilia, D., M Taufikur Romadhon, & Sholichin, R. (2025). Pendampingan UMKM Madu Iro dan Madu Masriana dalam Ekspansi Pasar melalui Platform E-commerce. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 91–97. https://doi.org/10.30762/welfare.v3i1.1712

Amirah, A., & Supriyono. (2023). Implementasi Digital Marketing sebagai Strategi dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Madu Lebah Klanceng. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 198–204. https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.532

Burhanudin. (2021). Humas Capital Theory Sebagai Landasan Teoritis Dalam Humas Resource Development. Jurnal, March. https://doi.org/10.33747/jurnalstiesemarang

Darwis, R. S., & Zainudin, M. (2020). Penguatan Kapasitas Wirausahawan Mikro Menggunakan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 9(2), 107–113.

Huber, E. (2013). Warta Ekspor: Kopi Luwak. In Eugen Huber: Briefe an die tote Frau (Vol. 3, hal. 442–501). Ditjen PEN Kementerian Perdagangan. https://doi.org/10.21260/ehb.1912.7

Marcone, M. F. (2004). Composition and properties of Indonesian palm civet coffee (Kopi Luwak) and Ethiopian civet coffee. Food Research International, 37(9), 901–912. https://doi.org/10.1016/j.foodres.2004.05.008

Muzaifa, M., Hasni, D., Rahmi, F., & Syarifudin. (2019). What is kopi luwak? A literature review on production, quality and problems. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 365(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/365/1/012041

Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 154. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683

Putri, A. F., & Azizah, N. (2024). Implementasi Program Pendampingan Oleh Fasilitator Dalam Meningkatkan Kapasitas Kewirausahaan Dan Profitabilitas Umkm Nasabah Btpn Syariah. Karya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 204–209.

Santoso, R., & Mujayana, M. (2021). Aplikasi Manajemen Bisnis Penerapan Manajemen Risiko UMKM Madu di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri di Tengah Pandemi COVID19 Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(1), 74–85. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/15643%0Ahttps://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/download/15643/2005

Valentina, K., Rina, S., & Pasaribu, D. (2024). Pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Penggunaan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Kompetitif Pengusaha Industri Kulit Sukaregang , Garut The Influence Of Entrepreneurial Competence And The Use Of Social Media Marketing On The Competitive Advantage O. 11(5), 4792–4802.

Vikaliana, R., & Andayani, A. (2019). Social Entrepreneurship: Kewirausahaan Perempuan di Bogor melalui Pengolahan Kain Perca Limbah Konveksi menjadi Aksesoris. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 323–329. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i2.2864

Vikaliana, R., Hidayat, Y. R., & Evitha, Y. (2019). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM melalui “ UMKM Naik Kelas ” Pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 159–163.




DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v8i1.5072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

_____________________________________________

Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

ISSN 2621-6434

Email : [email protected]
Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks

   

     

 

 

View My Stats