Dedicated Storage pada Gudang Penyimpanan PT. ATS Inti Sampoerna

Yusup Rachmat Hidayat, Andre Juli Yanto

Abstract


Pengelolaan gudang terkait layout, penentuan lokasi penyimpanan dan cara penempatan barang menjadi sangat penting bagi perusahaan dalam memgoptimalkan kapasitas gudang untuk mencapai operasional yang efektif dan efisien. Dalam penelitian ini didasari dari fenomena masalah gudang penyimpanan pada PT. ATS Inti Sampoerna. Dimana dalam melakukan penyimpanan dan penempatan barang belum maksimal. Penempatan dilakukan secara acak, tercampur bahkan barang bertumpuk satu dengan yang lainnya.
Penelitian ini mengkaji penerapan metode pengelolaan gudang dalam hal peningkatan kapasitas gudang dengan cara kombinasi beberapa metode pengelolaan gudang, yaitu: (1) Perubahan Layout Gudang menjadi Model U-Flow); (2)penentuan lokasi penyimanan dengan Metode Dedicated Storage; (3) penempatan barang dengan mengelompokkan barang berdasarkan karakteristik kecepatan perputaran barang persediaan serta, (4) bedasarkan karakteristik ukuran dimensi barang.Penelitain ini bertujuan sebagai usulan bagi PT. ATS Inti Sampoerna dan pihak lainnya dalam pengelolaan gudang. Data yang dikumpulkan dilakukan secara observasi. Hasil penelitian akan dijadiakn evaluasi dan usulan dalam melakukan pengelolaan gudang.
Hasil penelitian menunjukkan layout yang ada saat ini dapat dilakukan perubahan dan sekaligus diterapkan beberapa metode pengelolaan gudan secara kombinasi bersama. Perbandingan hasil perhitungan menunjukkan terjadi peningkatan kapasitas penyimpanan sebesar 32%. Selain itu terdapat perluasan area sebagai mobilitas kegiatan, yang sebelumnya hanya untuk mobilitas orang, dengan usulan perubahan terdapat perluasan area hingga dapat dijadikan area mobilitas forklift sampai lokasi penyimpanan gudang paling belakang.

Keywords


Dedicated Storage; Fixed Slot Storage; Fast Moving; Size Product; Lay out;

Full Text:

PDF

References


Efrataditama & Wigati (2016). Perancangan tata letak gudang dengan metode dedicated

storage di toko listrik anugrah jaya. Seminar Nasional IENACO – 2016, 276-284.

Henzmail. (2016). Perencanaan dalam Tata Letak Proses Produksi Perusahaan. https://henzmail.wordpress.com/2016/06/20/perencanaan-tata-letak-dalam-proses-produksi-perusahaan/ , diakses pada Agustus 2022.

Heragu, SS. (2016). Facilities Design 4th edition. US: CRC Press Taylor & Francis Group.

Novrizal. 2011. Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Produk Jadi dengan Metode Fix Slot Storage pada PT. SMART, Tbk. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Tompkins, White & Bozer, 2010, Tanchoco. Facilities Planning: Fourth Edition, Wiley, New York.

Warman, John. 2004. Manajemen Pergudangan. Jakarta : Pustakan Sinar Harapan.

Y.Kusuma., J.S.B.Sumarauw. & S.J.C.Wangke. Analisis Sistem Manajemen Pergudangan Pada cv. Sulawesi Pratama Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, 602 – 611

Laman situs http://etheses.uin-malang.ac.id/652/7/09410152%20Bab%203.pdf diakses pada Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.31334/logistik.v6i2.2745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Logistik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

____________________________________________

Jurnal Logistik Indonesia

ISSN 2579-8952 (media cetak), 2621-6442 (media online)

Email : [email protected]/[email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/logistik

INDEKS BY: