Reduction in Damage of Goods Through Review on The Process of Shipping Goods in A Logistics Transportation Company

Syifa Fajar Maulani, Farah Istiqomah, Reny Eka Safitri, Fikri Muhammad Mauluddin, Muhammad Hilal Maldini, Arkan Nurzahran

Abstract


Pada era industrialisasi modern seperti saat ini perusahaan jasa pengiriman barang sangat memerlukan proses yang efektif dalam rangkaian aktivitasnya untuk memperlancar pendistribusian barang. perusahaan jasa pengiriman barang diharuskan untuk lebih memperhatikan aspek-aspek seperti kualitas, biaya dan juga waktu. Dalam suatu perusahaan logistik adanya kerusakan barang merupakan hal yang sangat mungkin terjadi. Seperti halnya yang terjadi di PT XYZ. Jika kerusakan tersebut di kemudian hari berkemungkinan akan terjadi maka hal itu dapat menyebabkan penurunan kualitas pelayanan perusahaan yang bisa mengakibatkan kerugian bahkan kehilangan pelanggan. Untuk itu dilakukan upaya dalam meminimalisir kerusakan barang saat pengiriman. Berlandaskan uraian-uraian tersebut adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana alur pengiriman dalam PT XYZ dan bagaimana upaya ataupun cara mereduksi kerusakan barang pada pengiriman di PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mereduksi kerusakan barang dalam proses pengiriman barang pada PT. XYZ dapat diminimalisir dengan tersedianya perangkat dan sistem terintegrasi berupa Driver Management System (DMS), Transportation Management System (TMS), Fleet Management System (FMS) serta adanya sistem ODDO, yaitu sebuah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang membantu mereka mengatur operasi rantai pasokan, perawatan, dan proses akuntansi. Selain dari hal tersebut, perusahaan transportasi logistik dengan customernya terlebih dahulu membuat perjanjian kesepakatan kerjasama bisnis sebagai antisipasi jika nantinya ada sesuatu yang merugikan kedua belah pihak. Adapun rekomendasi yang peneliti sarankan untuk perusahaan yaitu melakukan pemasangan bantalan (dunnage) agar barang tidak bergeser ketika dalam perjalanan.

Keywords


Transportasi; Distribusi; Logistik; Layanan;

Full Text:

PDF

References


Somadi, S., Priambodo, B. S., & Okarini, P. R. (2020). Evaluasi kerusakan barang dalam proses pengiriman dengan menggunakan metode seven tools. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 1-11.

Rinanti, M. (2021). Analisis Prosedur Pengiriman Gula Kristal Rafinasi untuk Ekspor dan Pengiriman Domestik pada PT Catur Global Logistik Selaku Perusahaan Transporter (Doctoral dissertation, Politeknik APP Jakarta).

Puspitasari, H. I. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecacatan Produk Saat Distribusi Di Pt. Indolakto (Doctoral Dissertation, Uajy).

Yulianti, E., Destriana, G. P., & Sukemi, S. (2018). Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT. Vira Surya Utama Palembang. Jurnal Informatika Global, 9(1).

Nurhazana, N. S., & Muttaqin, H. Analisis Perlakuan Produk Rusak Dan Produk Cacat Dalam Penentuan Harga Jual Produk (Studi Kasus Pada Bumdesa Langgam Sako Desa Teluk Latak).

Anggit, R. T. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pengiriman Barang Melalui Sistem Door To Door Dalam Upaya Memenuhi Customer Satisfaction Pada Pt. Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Pontianak. Karya Tulis.

Cargonesia. (2022, November 13). Komponen Logistik, Prosedur Pengiriman, Dan Menghitung Tarif Pengiriman Barang. Retrieved from Cargonesia: https://cargonesia.co.id/menghitung-tarif-pengiriman-barang/

DIGITAL, I. (2022, Desember 7). 6 Prosedur Pengiriman Barang Sesuai SOP. Retrieved from sap-express: https://www.sap-express.id/blog/prosedur-pengiriman-barang-sesuai-sop/

Murah, K. (2021, September 16). Prosedur Pengiriman Barang Secara Umum. Retrieved from Kargomurah: https://www.kargomurah.co.id/prosedur-pengiriman-barang/#:~:text=Prosedur%20pengiriman%20barang%20adalah%20cara,Salah%20satunya%20ialah%20distribusi%20barang

Hall, J. A. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Mamuaya, H. I., & Aminah, S. (2016). Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Pengguna Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang PT Jne di Semarang. Diponegoro Law Journal, 4(4), 1–11.

Arianto, Nurmin. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel rizen kedaton Bogor. Skripsi, Universitas Pamulang.

Desilia Purnama Dewi, H. A. (2020). Prosedur Administrasi Jasa Pengiriman Barang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretari/Administrasi Perkantoran , 1-11.

Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya. Bandung: Refika Aditama

Somadi, S., & Hidayat, F. (2019). Rancangan Strategi untuk Mengatasi Penolakan Truk dan Kontainer oleh Customer. Jurnal Logistik Bisnis, 9(02), 118–124.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Julius R. Latumaerissa (2011), Bank dan Lembaga keuangan lain, Jakarta: Salemba Empat.

Andrew E.Sikula. 2017. Training dan Pengembangan Tenaga Kerja. Jakarta: Pustaka Binaman.

Sudrajat, D. (2013). Kapabilitas Dinamik, Kinerja Inovasi, dan Kinerja Perusahaan Jasa Logistik di Indonesia (Suatu Kerangka Penelitian). Binus Business Review, 4(2), 798-811.

Raza, E., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49-63.




DOI: https://doi.org/10.31334/logistik.v7i1.3172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Logistik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

____________________________________________

Jurnal Logistik Indonesia

ISSN 2579-8952 (media cetak), 2621-6442 (media online)

Email : [email protected]/[email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/logistik

INDEKS BY: