Reduction in Damage of Goods Through Review on The Process of Shipping Goods in A Logistics Transportation Company
DOI:
https://doi.org/10.31334/logistik.v7i1.3172Keywords:
Transportasi, Distribusi, Logistik, Layanan,Abstract
Pada era industrialisasi modern seperti saat ini perusahaan jasa pengiriman barang sangat memerlukan proses yang efektif dalam rangkaian aktivitasnya untuk memperlancar pendistribusian barang. perusahaan jasa pengiriman barang diharuskan untuk lebih memperhatikan aspek-aspek seperti kualitas, biaya dan juga waktu. Dalam suatu perusahaan logistik adanya kerusakan barang merupakan hal yang sangat mungkin terjadi. Seperti halnya yang terjadi di PT XYZ. Jika kerusakan tersebut di kemudian hari berkemungkinan akan terjadi maka hal itu dapat menyebabkan penurunan kualitas pelayanan perusahaan yang bisa mengakibatkan kerugian bahkan kehilangan pelanggan. Untuk itu dilakukan upaya dalam meminimalisir kerusakan barang saat pengiriman. Berlandaskan uraian-uraian tersebut adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana alur pengiriman dalam PT XYZ dan bagaimana upaya ataupun cara mereduksi kerusakan barang pada pengiriman di PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mereduksi kerusakan barang dalam proses pengiriman barang pada PT. XYZ dapat diminimalisir dengan tersedianya perangkat dan sistem terintegrasi berupa Driver Management System (DMS), Transportation Management System (TMS), Fleet Management System (FMS) serta adanya sistem ODDO, yaitu sebuah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang membantu mereka mengatur operasi rantai pasokan, perawatan, dan proses akuntansi. Selain dari hal tersebut, perusahaan transportasi logistik dengan customernya terlebih dahulu membuat perjanjian kesepakatan kerjasama bisnis sebagai antisipasi jika nantinya ada sesuatu yang merugikan kedua belah pihak. Adapun rekomendasi yang peneliti sarankan untuk perusahaan yaitu melakukan pemasangan bantalan (dunnage) agar barang tidak bergeser ketika dalam perjalanan.References
Somadi, S., Priambodo, B. S., & Okarini, P. R. (2020). Evaluasi kerusakan barang dalam proses pengiriman dengan menggunakan metode seven tools. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 1-11.
Rinanti, M. (2021). Analisis Prosedur Pengiriman Gula Kristal Rafinasi untuk Ekspor dan Pengiriman Domestik pada PT Catur Global Logistik Selaku Perusahaan Transporter (Doctoral dissertation, Politeknik APP Jakarta).
Puspitasari, H. I. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecacatan Produk Saat Distribusi Di Pt. Indolakto (Doctoral Dissertation, Uajy).
Yulianti, E., Destriana, G. P., & Sukemi, S. (2018). Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT. Vira Surya Utama Palembang. Jurnal Informatika Global, 9(1).
Nurhazana, N. S., & Muttaqin, H. Analisis Perlakuan Produk Rusak Dan Produk Cacat Dalam Penentuan Harga Jual Produk (Studi Kasus Pada Bumdesa Langgam Sako Desa Teluk Latak).
Anggit, R. T. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pengiriman Barang Melalui Sistem Door To Door Dalam Upaya Memenuhi Customer Satisfaction Pada Pt. Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Pontianak. Karya Tulis.
Cargonesia. (2022, November 13). Komponen Logistik, Prosedur Pengiriman, Dan Menghitung Tarif Pengiriman Barang. Retrieved from Cargonesia: https://cargonesia.co.id/menghitung-tarif-pengiriman-barang/
DIGITAL, I. (2022, Desember 7). 6 Prosedur Pengiriman Barang Sesuai SOP. Retrieved from sap-express: https://www.sap-express.id/blog/prosedur-pengiriman-barang-sesuai-sop/
Murah, K. (2021, September 16). Prosedur Pengiriman Barang Secara Umum. Retrieved from Kargomurah: https://www.kargomurah.co.id/prosedur-pengiriman-barang/#:~:text=Prosedur%20pengiriman%20barang%20adalah%20cara,Salah%20satunya%20ialah%20distribusi%20barang
Hall, J. A. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Mamuaya, H. I., & Aminah, S. (2016). Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Pengguna Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang PT Jne di Semarang. Diponegoro Law Journal, 4(4), 1–11.
Arianto, Nurmin. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel rizen kedaton Bogor. Skripsi, Universitas Pamulang.
Desilia Purnama Dewi, H. A. (2020). Prosedur Administrasi Jasa Pengiriman Barang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretari/Administrasi Perkantoran , 1-11.
Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya. Bandung: Refika Aditama
Somadi, S., & Hidayat, F. (2019). Rancangan Strategi untuk Mengatasi Penolakan Truk dan Kontainer oleh Customer. Jurnal Logistik Bisnis, 9(02), 118–124.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Julius R. Latumaerissa (2011), Bank dan Lembaga keuangan lain, Jakarta: Salemba Empat.
Andrew E.Sikula. 2017. Training dan Pengembangan Tenaga Kerja. Jakarta: Pustaka Binaman.
Sudrajat, D. (2013). Kapabilitas Dinamik, Kinerja Inovasi, dan Kinerja Perusahaan Jasa Logistik di Indonesia (Suatu Kerangka Penelitian). Binus Business Review, 4(2), 798-811.
Raza, E., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49-63.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in Jurnal Logistik Indonesia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Jurnal Logistik Indonesia spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Jurnal Logistik Indonesia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Jurnal Logistik Indonesia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Logistik Indonesia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Logistik Indonesia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Jurnal Logistik Indonesia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Jurnal Logistik Indonesia editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.