KAJIAN LITERATUR WAREHOUSE 4.0 : DAMPAK INDUSTRI 4.0 TERHADAP MANAJEMEN PERGUDANGAN

I Nyoman Purnaya

Abstract


Industri 4.0 telah memberikan dampak pada sektor pendukung inti dari industri, yaitu sektor logistik, dan pergudangan merupakan bagian penting dalam aliran bahan baku dan hasil produksi hingga pengguna akhir, dimana pergudangan telah menjadi sumber kunci dalam mencapai keunggulan kompetitif dari organisasi penyedia jasa logistik, maupun distribusi.

Artikel ini berfokus pada pembahasan dampak dari paradigma industri 4.0 terhadap manajemen pergudangan, dan selanjutnya penelitian ini lebih banyak mendiskusikan mengenai aplikasi teknologi pada manajemen pergudangan, disebut sebagai Warehouse 4.0. Pembahasan hasil penelitian dan diskusi dalam artikel ini diperoleh berdasarkan studi literatur dari berbagai tipe literatur yang menjadi sumber-sumber data, diantaranya artikel-artikel ilmiah, website-website perusahaan, hasil laporan konsultan, dan blog. Banyak manfaat yang dapat diidentifikasi dari warehouse 4.0 dengan implementasi IoT&S pada manajemen pergudangan diantaranya, pengawasan dari ujung ke ujung mengenai pergerakan persediaan, pencatatan jumlah persediaan terkini, peringatan awal tentang perbedaan antara data persediaan pada sistem ERP dengan aktual di gudang, data penerimaan persediaan terkini dari sensor penerimaan yang dapat memastikan akurasi pengukuran tingkat persediaan.


Keywords


manajemen pergudangan, industri 4.0, logistik 4.0, warehouse 4.0

Full Text:

PDF

References


Barreto, L., Amaral, A., Pereira, T. Industry 4.0 implication in logistics: an overview. ScienceDirect, Procedia Manufacturing 13, 2017.

Tjahjono, B., Esplugues, C., Ares, E., Pelaez, G. What does Industry 4.0 mean to Supply Chain?. ScienceDirect, Procedia Manufacturing 13, 2017.

Wang, K. Logistics 4.0 Solution: New Challenge and Opportunities. International Workshop of Advances Manufacturing and Automation. 2016

https://www.clearspider.com/blog-warehouse-technology-internet-of-things/

https://www.softwareag.com/kr/Images/IoT%20enabled%20Smart%20Warehouse%20Solution_tcm416-169456.pdf




DOI: https://doi.org/10.31334/jli.v3i1.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Logistik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

____________________________________________

Jurnal Logistik Indonesia

ISSN 2579-8952 (media cetak), 2621-6442 (media online)

Email : [email protected]/[email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/logistik

INDEKS BY: