Analisis Pemilihan Supplier Alat Tulis Kantor Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process Pada PT. Bank XYZ Kantor Pusat

Authors

  • Gita Putri Ramanda Jurusan Manajemen Logistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Resista Vikaliana Jurusan Manajemen Logistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.31334/logistik.v3i2.617

Keywords:

Pemilihan Supplier Alat Tulis Kantor, Analitycal Hierarchy Process, Supplier Terbaik

Abstract

Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi supplier mana yang sebaiknya dipilih oleh perusahaan dengan tetap melihat factor-faktor yang mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitaif. Sedangkan operasionalisasi variabelnya adalah harga, kualias dan pengiriman. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan wawancara pendahuluan untuk menentukan kriteria yang dinilai pada persepsi responden dan kuisioner untuk menentukan urutan dari kriteria yang didapat dari hasil wawancara pendahuluan. Dari hasil penilaian tingkat kepentingan Kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan supplier alat tulis kantor pada PT Bank XYZ adalah kriteria kualitas dengan nilai bobot 0,46. Kriteria selanjutnya yang berpengaruh adalah kriteria harga dengan bobot 0,42 serta kriteria pengiriman dengan nilai bobot 0,13. Hal ini menunjukan bawah PT Bank XYZ mengutamakan kualitas yang tinggi untuk alat tulis kantor dikarenakan alat tulis kantor dengan kualitas baik akan berpengaruh pada operasional PT Bank XYZ.

References

Agusta, Yudi.2014. Analytical Hierarchy Process. https://yudiagusta.wordpress.com/2014/02/23/analytical-hierarchy-process-ahp/ . Diakses pada tanggal 24 April 2019.

Armstrong dan Philip Kotler.2003.Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan.Jakarta: PT Indeks Gramedia

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heizer, Jay dan Barry Render.2005. Manajemen Operasi.Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip.2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo

Moekijat.2008.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BFFE

Pujawan, I Nyoman dan Mahendrawathi.2017. Supply Chain Management, Edisi ketiga, Yogyakarta: ANDI

Rahmayanti, Reny.2010. Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Skripsi Sarjana: Universitas Sebelas Maret

Sekaran, Uma.2006. Research Metodhs For Business: Metodelogi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Subakti, Irfan.2002. Sistem Pendukung Keputusan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: C. Alfabeta.

Suharman.2005.Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Tahriri, Farzad, dkk.2008. A Review of Supplier Selection Methods In Manufacturing Industries.

Terry.2003.Prinsip-Prinsip Management.Jakarta: PT Bumi Aksara

Wang, Y., & Ruhe, G.R.2007.The Cognitive Process of Decision Making. International Journal of Cognitive Informatics and Natural Intelligence.

Wursanto, Ignatius.2006, Kompetensi Sekretaris.Jakarta:ANDI

Downloads

Published

2019-11-04

Issue

Section

Articles