Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan

Adityo Wibowo, Sakti Syahputra, Rofian Dedi Susanto

Abstract


Menumbuhkan kepercayaan publik internal sebuah institusi bukanlah hal yang mudah apalagi kondisi Sekolah Al Kamal sejak tahun 2012 mengalami Dualisme Yayasan yang mana tentunya hal tersebut menjadi pertimbangan publik internal dalam hal ini guru dan karyawan untuk mendedikasikan diri pada sebuah institusi bahkan membuat kebingunan bagi guru dan karyawan harus memilih yayasan yang mana yang menjadi tempat mereka untuk mengabdi ditengah-tengah dualisme yayasan antara yayasan lama dengan yayasan baru. Guna memberikan kepercayaan publik internalnya management Sekolah Al Kamal harus melakukan Strategi Corporate Communication agar tercipta komunikasi dan hubungan yang baik antara management dengan guru dan karyawan yang pada akhirnya guru dan karyawan memiliki loyalitas kepada management sekolah al-kamal. Publik internal harus diberikan kepercayaan bahwa konflik internal yayasan tidak berdampak pada kesejahteraan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Corporate Communications Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal dan Citra Perusahaan dengan menggunakan Metode Penelitian Studi Kasus pada Managemant Sekolah Al Kamal. Solusi dari Menumbuhkan kepercayaan publik internal dalam hal ini guru dan karyawan kepada management Sekolah Al Kamal lama adalah dengan intens melakukan komunikasi internal dengan guru dan karyawan dimana ada unsur loby, negosiasi, komunikasi persuasif harus dijalankan guna memberikan kepercayaan kepada publik internal dalam kondisi konflik sehingga publik internal tetap loyal kepada management Sekolah Al Kamal lama.

Full Text:

PDF

References


. Agustini, N. A., & Purnaningsih, N. (n.d.). PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Volume 16,. https://doi.org/2442-4102

. Ardiani Ayu Tyasari, P. R. (2021). Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan. Indonesian Journal of Communications, 2, 42.

. Ardianto, Guntur F. Prisanto, Irwansyah, Niken Febrina Ernungtyas, S. H. (2020). PRAKTIK LOBI DAN NEGOSIASI OLEH LEGISLATOR SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI POLITIK. : : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12, 15.

. Ardianto, E. (2016). Handbook Of Public Relations. Simbiosa Rekatama Media.

. Febriyanti, D. C., & Jurusan. (2013). PERAN CORPORATE COMUNICATION PT KRAKATAU STEEL (PERSERO),Tbk. DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN. Jurnal Komunikasi, Volume 2, 47.

. Hadi, S. (2015). STRATEGI PROGRAM KOMUNIKASI KORPORASI Studi Kasus Pada PT Djarum Pasca PP 81/1999 dan Revisinya PP38/2000. STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA, 5, 36.

. Istighfarin, F. R., & Yuliani, M. (2020). PERAN PUBLIC RELATION DALAM MENGEMBALIKAN CITRA PERUSAHAAN : STUDI KASUS APARTEMEN CINERE BELLEVUE SUITES PASCA KEBAKARAN TAHUN 2017. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, VOL.01 NO. https://doi.org/2686 5661

. Manik, D. E. M. (2018). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. ASTRA INTERNASIONAL-MEDAN. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), Vol. 3., 6.

. Nasution, I. A. (n.d.). PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI HOTEL GARUDA PLAZA. Warta Edisi : 61, 12.

. Paul A. Argenti. (2010). Komunikasi Korporat (Ke-5). Salemba Humanika.

. Pitoy, T. I., Pio, R. J., & Rumawas, W. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan (Studi Pada PT Midi Utama Indonesia Tbk. Branch Manado). Productivity, Vol. 1 No. https://doi.org/2723-0112

. Prihatsanti, U., Suryanto, & Hendriani, & W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, Vol. 26, 136.

. Rismayanti, R. (2016). CORPORATE DECISION MAKING DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 46, 14.

. Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus (Ke-1). RajaGrafindo Persada.

. Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (cetakan ke). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :