Konstruksi Opini Publik Terhadap Pemberitaan Covid-19 Di Amerika Serikat

Nuzlita Andarini, Agustinus Rustanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi media massa Fox News dan CNN dalam membingkai isu rekaman wawancara presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dengan jurnalis politik, Bob Woodward, untuk buku terbarunya, “Rage”, yang berisi pengakuan downplay terhadap pandemi COVID-19 oleh presiden Donald Trump. Teori yang digunakan pada penelitian adalah teori Agenda Setting oleh Maxwell McCombs-Donald Shaw, dan teori Propaganda oleh Harold Lasswell. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan model analisis framing milik Robert N. Entman. Hasil penelitian ini adalah, bahwa Fox News dan CNN menggunakan framing yang berbeda dalam membingkai presiden Donald Trump pada isu COVID-19, terutama dalam berita terkait kontroversi pengakuan downplay pada rekaman wawancara dengan Bob Woodward. Fox News dalam meliput berita, membela tindakan downplay yang dilakukan oleh presiden Donald Trump, dan melindungi citranya dengan menyebutkan prestasi presiden tersebut selama menangani pandemi COVID-19 di Amerika Serikat. CNN dalam meliput berita, membongkar kelalaian presiden Donald Trump dalam menangani pandemi COVID-19, dengan pernyataan tindakan downplay pada rekaman wawancara Bob Woodward sebagai bukti utama.

 


Keywords


Analisis Framing, Fox News, CNN, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Jurnal The Messenger, 5(1), 16–30.

Ash, E., Galletta, S., Hangartner, D., Margalit, Y., & Pinna, M. (2020). The effect of Fox News on health behavior during COVID-19. Available at SSRN 3636762.

Baran, S.J & Davis, D. . (2019). mass Communication Theory: foundation, ferment, and future. Oxford University Press.

Boussalis, C., Dukalskis, A., & Gerschewski, J. (2021). Why It Matters What Autocrats Say: Assessing Competing Theories of Propaganda. Problems of Post-Communism, 1–12.

Brennan, J. (2017). Propaganda about propaganda. Critical Review, 29(1), 34–48.

Dempsey, S., Suk, J., Cramer, K. J., Friedland, L. A., Wagner, M. W., & Shah, D. V. (2020). Understanding Trump supporters’ news use: Beyond the Fox News bubble. The Forum, 18(3), 319–346.

Grossmann, M., & Hopkins, D. A. (2018). From Fox news to viral views: The influence of ideological media in the 2018 elections. The Forum, 16(4), 551–571.

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79.

Holilah, I. (2017). Dampak Media tehadap Perilaku Masyarakat. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(01), 103–114.

Lasswell, H. D. (1927). The theory of political propaganda. American Political Science Review, 21(3), 627–631.

Little, A. T. (2017). Propaganda and credulity. Games and Economic Behavior, 102, 224–232.

Motta, M., Stecula, D., & Farhart, C. (2020). How right-leaning media coverage of COVID-19 facilitated the spread of misinformation in the early stages of the pandemic in the US. Canadian Journal of Political Science/Revue Canadienne de Science Politique, 53(2), 335–342.

Quaranto, A., & Stanley, J. (2021). Propaganda.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo Gramedia.

Simonov, A., Sacher, S. K., Dubé, J.-P. H., & Biswas, S. (2020). The persuasive effect of fox news: non-compliance with social distancing during the covid-19 pandemic. National Bureau of Economic Research.

Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19. Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 14–34.




DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v8i1.2674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :