Pengaruh Tayangan Iklan Televisi “Sprite” Terhadap Brand Awareness Dikalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM

Marleen Muskita, Susana Magdalena Welly Muskita

Abstract


Setiap iklan mempunyai tujuan utama yaitu dapat menanamkan kesadaran pada merek (brand awareness). Tayangan iklan televisi sprite yang dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat baik yang muda maupun tua begitu juga dikalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM. Sprite adalah minuman yang tidak berwarna dengan rasa lemon dan jeruk nipis serta bebas kafeina yang diproduksi oleh The Coca-Cola Company. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Tayangan Iklan Televisi “Sprite” Terhadap Brand Awareness Dikalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantittif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil uji pengaruh variabel tayangan iklan televisi secara parsial terhadap Brand Awareness. Dari hasil uji t pada tabel diatas thitung sebesar 3.041 dan nilai ttabel 1,7011 pada d.f= (n-k) 30-2 = 28 dengan taraf signifikansi (α)= 0,05 yaitu sebesar 1,7011 karena thitung  3.041 >  ttabel 1,7011 maka artinya tayangan iklan televisi berpengaruh positif terhadap Brand Awareness.Hasil koefisien determinasi 0,248  (0,248 × 100%) menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen tayangan iklan televisi terhadap variabel dependen Brand Awarenesssebesar 24,8% atau variabel bebas yang digunakan dalam model mampu menjelaskan varian pada variabel Brand Awarenesssebesar 54,5%, sedangkan sisanya 75,2% (100%-24,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian. Hasil dari uji validitas dan realibilitas menunjukkan bahwa seluruh pernyataan dalam setiap variabel dinyatakan valid dan reliabel. Hal ini dapat dilihat bahwa rhitung > rtabel (0.3061) maka semua item pernyataan dinyatakan valid, sedangkan uji realibilitas untuk semua variabel dinyatakan reliabel karena nilai Cronbach Alpa> 0,60.


Keywords


Pengaruh ; Media Sosial ; Brand Awareness ;

Full Text:

PDF

References


Arni, M. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta.

Ayunita Sisman, S. M. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Online Shopthyy Thyy) Di Kota Sorong. Badati.

Febrian, S. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awarnes pada Produk Internasional. Jurnal Administrasi Bisnis.

Kotler, P. a. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta.

Marleen, M. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Penyampaian Pesan di Angkatan Muda Ranting II Cabang Bethel. Badati.

Muhammad, G., Viska, M., Hafizh, R., & Aulia, K. (n.d.). Pemanfatan Media Sosial Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. SEMNAS, (pp. 216-222).

Muskita Marleen, M. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM. JURNAL SAINS, SOSIAL DAN HUMANIORA (JSSH).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif,. Bandung: Alfabet.

Tahitu Amelia, Y. S. (2022). Pengaruh Media Baru Pembelajaran Terhadap Metode Belajar Online Di Musim Pandemi Covid 19 Pada FISIP UKIM Ambon. Badati.

Uchjana, E. O. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v7i1.3105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :