Komunikasi Organisasi Sebagai Solusi Konflik

Zakiah Zakiah

Abstract


Memberikan kepercayaan publik bukanlah hal yang mudah apalagi kondisi organisasi yang menaungi Sekolah Menengah Kejuruan Multi Media Mandiri d mengalami Konflik Internal. Banyak hambatan yang dihadapi baik dari internal maupun eksternal. Guna memberikan kepercayaan kepada publik dalam hal ini Pemerintah sebagai Lembaga yang mengatur terkait dengan regulasi operasional pendidikan maka stake holder sekolah menengah kejuruan multi media mandiri  harus melakukan Strategi Government Relations dalam konteks Lobby dan Negosiasi agar tercipta komunikasi dan hubungan yang baik yang pada akhirnya Pemerintah tetap memberikan Izin Penyelenggaraan Pendidikan kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri sehingga Publik tetap percaya bahwa konflik internal yayasan tidak berdampak pada proses belajar mengajar karena masih diakui oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi kelompok stake holder sekolah menengah kejuruan multi media mandiri dalam merumuskan dan mengimplementasikan strategi lobby dan negosiasi guna memberikan kepercayaan kepada publik dengan menggunakan Metode Penelitian Studi Kasus pada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri. Strategi dari rangkaian government relations guna Menumbuhkan kepercayaan pemerintah kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri adalah dengan melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak dinas pendidikan dimana setiap strategi yang dilakukan untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah adalah menerapkan fungsi management dari mulai tahapan planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (penggiatan), Controlling (pengawasan), loby negosiasi dalam rangkaian komunikasi eksternal yang harus dijalankan guna memberikan kepercayaan kepada pemerintah bahwa kondisi konflik internal organisasi tidak akan berdampak pada kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga publik tetap percaya kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri.


Keywords


Government Relations, Lobby, Negosiasi, Kepercayaan Publik

Full Text:

PDF

References


Agustini, Nur Annisa, and Ninuk Purnaningsih. 2018. “Pengaruh Komunikasi Internal Dalam Membangun Budaya Organisasi.” Pengaruh Komunikasi Internal Dalam Membangun Budaya Organisasi 16(1):89–108. doi: 10.29244/jurnalkmp.16.1.89-108.

Agustini, Nur Annisa, and Ninuk Purnaningsih. n.d. “PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI.” Jurnal Komunikasi Pembangunan Volume 16,. doi: 2442-4102.

Ahmad, Zainal Ariffin. 2003. “Pengaruh Konflik Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan.” Jakarta 1–17.

Amin, M. Ali Syamsuddin. 2017. “Komunikasi Sebagai Penyebab Dan Solusi Konflik Sosial.” Jurnal Common 1(2). doi: 10.34010/common.v1i2.573.

Chriswindari, Benedicta Rosaria. 2018. “Analisis Resepsi Komunitas Stand Up Comedy Salatiga Terhadap Video Unggahan Beda Media Tentang Stand Up Comedy Joshua Suherman: Studi Analisis Resepsi Stuart Hall.” 15–16.

Dan, Eoritis. n.d. “Pendahuluan.” Inter Komunika : Jurnal Komunikasi.

Devando, Briand. 2021. “Komunikasi Organisasi Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Kampuang Bunguih Komunikasi Organisasi Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Kampuang Bunguih.”

Manik, Desma Erica Maryati. 2018. “PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT. ASTRA INTERNASIONAL-MEDAN.” Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB) Vol. 3.:6.

Mohamad Muspawi. 2020. “Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi).” Journal of Chemical Information and Modeling 16(2):46–47.

Sunarta. n.d. “KONFLIK DALAM ORGANISASI (MERUGIKAN SEKALIGUS MENGUNTUNGKAN).” FISE Universitas Negeri Yogyakarta 14.

Tumiwa, Alfrits B. 2020. “Manajemen Konflik Dalam Organisasi.” Media Riset Bisnis & Manajemen 5(2):331–59. doi: 10.25105/mrbm.v5i2.8133.

Utomo, Novita Setyo. 2015. “Manajemen Komunikasi Eksternal ( Manajemen Komunikasi Pt . Semen Indonesia ( Persero ) Tbk Dalam Proses Pembangunan Pabrik Semen Di Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang ).” Manajemen Komunikasi Eksternal 63 7(2):63–67.




DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v7i1.3186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :