Pengaruh Penyuluhan Pajak Terhadap Sikap Mahasiswa di Jakarta

Retno Ekasari

Abstract


The purpose of this research was to analyze the effect of tax education conducted by the Director General of Taxes on student attitudes. This research used explanatory quantitative research methods by using a survey to 134 respondents. Theories used are Schiffman & Kanuk's basic communication theory / model, counseling theories, persuasive communication theory from Petty & Otcioppo and Attitude theory from Hovland and Janis & Kelley. The results of data processing used the Path Analysis method. The results showed that the source factor did not significantly influence the internal intermediary process. The message factor has a significant effect on the internal intermediary process. The internal intermediary process significantly influences attitude. This research also found that respondents' statements about the credibility of extension workers were quite good. This can be seen from the statements of respondents that the instructor has complete knowledge, masters the material presented, has experience in taxation, can be trusted, and  objective in delivering the material. The message factor influences the internal intermediary process. In counseling conducted by the Director General of Taxes, the message factor which consists of the validity of the message contents, the actualization of the message contents, this package of messages affect the attitude of students. The more valid and actual the material presented, the more it gets the attention of students. Tax counseling conducted by the Director General of Taxes can affect student attitudes.

 

 

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penyuluhan pajak yang telah dilakukan oleh Dirjen Pajak terhadap sikap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan survey terhadap 134 responden. Teori yang digunakan adalah teori/model komunikasi dasar Schiffman & Kanuk, teori-teori penyuluhan, teori komunikasi persuasif dari Petty & Otcioppo dan teori Sikap dari Hovland serta Janis & Kelley. Hasil pengolahan data menggunakan metode Path Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor sumber tidak berpengaruh signifikan terhadap proses perantara internal. Faktor pesan berpengaruh signifikan terhadap proses perantara internal. Proses perantara internal berpengaruh signifikan terhadap sikap. Penelitian ini juga menemukan bahwa pernyatan-pernyataan responden terhadap kredibilitas penyuluh cukup baik. Ini terlihat dari pernyataan-pernyataan responden bahwa penyuluh memiliki pengetahuan yang lengkap, menguasai materi yang disampaikan, memiliki pengalaman di bidang perpajakan, dapat dipercaya, dan objektif dalam penyampaian materi. Faktor pesan berpengaruh terhadap proses perantara internal. Pada penyuluhan yang dilakukan oleh Dirjen Pajak, faktor pesan yang terdiri dari validitas isi pesan, aktualisasi isi pesan, kemasan ini pesan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa. Semakin valid dan aktual materi yang disampaikan, semakin mendapat perhatian mahasiswa. Penyuluhan pajak yang dilakukan  oleh Dirjen Pajak dapat memengaruhi sikap mahasiswa.


Keywords


Tax education; communication; message; student attitude; Penyuluhan pajak; komunikasi; pesan; sikap mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu., (1991). Psikologi Sosial, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin., (1989). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Belch, G.E., & Belch, M.A., (1995). Introduction to Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. Chicago.

Effendy, O.U., (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Faisal, Sanapiah., (1995). Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta : Reja Grafindo Persada.

Moriarty, S.E., (1991). Creative Advertising Theory and practic e, United States of America : Prentice-Hall. Inc.

Mulyana, D., (2004). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Petty, R.E. & Cacioppo, J.T., (1996) Attitud es and Persuasion : Classic and contemporary Approaches, United States of America : Westview Press, Inc.

Rakhmat, Jalaluddin., (2004). Metode Penelitian komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rejeki, S. N., & Herawati, F. A, (1999). Dasar-Dasar Komunikasi Untuk Penyuluhan, Yogyakarta : Universitas Atmajaya.

Salamun, AT., (1990). Pajak, Citra dan Bebannya, Jakarta: PT. Rena Bina Pariwara.

Singarimbun, M. & Effendy, S., (1995). Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES.

Venus, Antar., (2004). Manajemen Kampanye, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Weiss, H., Carol., (1972). Evaluation Research, USA: Prentice-Hall, Inc.

Jurnal Perpajakan Indonesia, Volume 4 no 10, Juli 2005




DOI: https://doi.org/10.31334/ljk.v1i2.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :