Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Yang Efektif Dalam Mencapai Tujuan Politik
DOI:
https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i1.4046Keywords:
Komunikasi, Politik, Komunikasi pemasaran politik, Tujuan politikAbstract
Penelititan ini dilatar belakangi pentingnya strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif agar dapat membantu kandidat atau partai politik untuk meraih tujuan politiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam mencapai tujuan politik, khususnya dalam konteks pemilihan umum di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan kandidiat dan lima team pemenangan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam konteks pemilihan umum di Indonesia melibatkan empat elemen utama komunikasi pemasaran, yaitu: (1) Segmentasi audiens, yaitu dengan mengidentifikasi kelompok pemilih yang berbeda dan menyesuaikan pesan dan strategi komunikasi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing kelompok.(2) Personalisasi pesan, yaitu Kandidat menyesuaikan pesan politiknya dengan menggunakan data pemilih. (3).Penggunaan media sosial, yaitu Kandidat menggunakan Twitter untuk menjawab pertanyaan pemilih, Instagram untuk membagikan konten visual, dan TikTok untuk membuat konten yang menarik dan menghibur. (4) Manajemen citra: Citra positif kandidat atau partai politik penting untuk dibangun dan dijaga. Menggunakan strategi pemasaran push strategy, pass strategy dan pull strategy, Hal ini merupakan strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam konteks pemilihan umum di Indonesia membantu kandidat dan team partai politik untuk meraih tujuan politiknya, memenangkan pemilihan umum atau membangun opini publik yang mendukung kebijakan tertentu.References
Ahmad Anif Syaifudin. (2022). Komunikasi Pemasaran Politik. Komunikasi Dan Bahasa, 3, 190–209.
Batara, P. A. L., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., Irwansyah, I., & Hasna, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Pada Pemilu Legislatif. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 5(2), 184. https://doi.org/10.20527/mc.v5i2.7812
Karimalla, H., & Fajarini, S. D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Partai Solidaritas Indonesia Dalam Membangun Citra Partai Politik Pada Segmentasi Generasi Milenial Di Propinsi Bengkulu. J-Sikom, 2(2), 33–43. https://doi.org/10.36085/.v2i2.3078
Khodijah, S., & Subekti, V. S. (2020). Dinamika Pembangunan Koalisi Partai Politik Pengusung Calon Tunggal Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2018. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 177–187. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.111
Munzir, A. A. (2019). Beragam Peran Media Sosial dalam Dunia Politik di Indonesia. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 173. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2691
Noorikhsan, F. F., Ramdhani, H., Sirait, B. C., & Khoerunisa, N. (2023). Dinamika Internet, Media Sosial, dan Politik di Era Kontemporer: Tinjauan Relasi Negara- Masyarakat. Journal of Political Issues, 5(1), 95–109. https://doi.org/10.33019/jpi.v5i1.131
Pratama, D., Widodo, T., & Maulia, S. T. (2023). Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Milenial. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 79–89. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/280
Putra, F. D., & Hajar, M. F. (2023). Segmenting, Targeting, Differentiation, dan Positioning pada Digital Campaign Instagram @sebarkankebersihan. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 311–320. https://doi.org/10.54082/jupin.160
Qadri, M. (2020). Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik.
Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(1), 49–63. https://doi.org/10.24239/qaumiyyah.v1i1.4
Ratnamulyani;Beddy, I. A. (2018). The role of social media in the improvement of selected participation of students based on students in bogor regency. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20(2), 154–161.
Redy Hendra Gunawan. (2020). Saluran Komunikasi Politik dalam Pembangunan Demokrasi pada Pemilu Legislatif DPR-RI di Kota Bogor 2019. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(02), 141–151. https://doi.org/10.46937/18202031350
Sahid, R., & Budianto, H. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Airlangga Hartarto Dalam Membangun Political Branding Menjadi Capres 2024. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2), 238. https://doi.org/10.24235/orasi.v13i2.11227
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Please find the rights and licenses in JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
- License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Majalah Ilmiah Bijak permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Majalah Ilmiah Bijak on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.