Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Yang Efektif Dalam Mencapai Tujuan Politik

Dessy Andamisari

Abstract


Penelititan ini dilatar belakangi pentingnya strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif agar dapat membantu kandidat atau partai politik untuk meraih tujuan politiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam mencapai tujuan politik, khususnya dalam konteks pemilihan umum di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan kandidiat dan lima team pemenangan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam konteks pemilihan umum di Indonesia melibatkan empat elemen utama komunikasi pemasaran, yaitu: (1) Segmentasi audiens, yaitu dengan mengidentifikasi kelompok pemilih yang berbeda dan menyesuaikan pesan dan strategi komunikasi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing kelompok.(2) Personalisasi pesan, yaitu Kandidat menyesuaikan pesan politiknya dengan menggunakan data pemilih. (3).Penggunaan media sosial, yaitu Kandidat menggunakan Twitter untuk menjawab pertanyaan pemilih, Instagram untuk membagikan konten visual, dan TikTok untuk membuat konten yang menarik dan menghibur. (4) Manajemen citra: Citra positif kandidat atau partai politik penting untuk dibangun dan dijaga. Menggunakan strategi pemasaran push strategy, pass strategy dan pull strategy, Hal ini merupakan strategi komunikasi pemasaran politik yang efektif dalam konteks pemilihan umum di Indonesia membantu kandidat dan team partai politik untuk meraih tujuan politiknya, memenangkan pemilihan umum atau membangun opini publik yang mendukung kebijakan tertentu.

Keywords


Komunikasi, Politik, Komunikasi pemasaran politik, Tujuan politik

Full Text:

PDF

References


Ahmad Anif Syaifudin. (2022). Komunikasi Pemasaran Politik. Komunikasi Dan Bahasa, 3, 190–209.

Batara, P. A. L., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., Irwansyah, I., & Hasna, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Pada Pemilu Legislatif. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 5(2), 184. https://doi.org/10.20527/mc.v5i2.7812

Karimalla, H., & Fajarini, S. D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Partai Solidaritas Indonesia Dalam Membangun Citra Partai Politik Pada Segmentasi Generasi Milenial Di Propinsi Bengkulu. J-Sikom, 2(2), 33–43. https://doi.org/10.36085/.v2i2.3078

Khodijah, S., & Subekti, V. S. (2020). Dinamika Pembangunan Koalisi Partai Politik Pengusung Calon Tunggal Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2018. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 177–187. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.111

Munzir, A. A. (2019). Beragam Peran Media Sosial dalam Dunia Politik di Indonesia. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 173. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2691

Noorikhsan, F. F., Ramdhani, H., Sirait, B. C., & Khoerunisa, N. (2023). Dinamika Internet, Media Sosial, dan Politik di Era Kontemporer: Tinjauan Relasi Negara- Masyarakat. Journal of Political Issues, 5(1), 95–109. https://doi.org/10.33019/jpi.v5i1.131

Pratama, D., Widodo, T., & Maulia, S. T. (2023). Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Milenial. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 79–89. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/280

Putra, F. D., & Hajar, M. F. (2023). Segmenting, Targeting, Differentiation, dan Positioning pada Digital Campaign Instagram @sebarkankebersihan. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 311–320. https://doi.org/10.54082/jupin.160

Qadri, M. (2020). Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik.

Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(1), 49–63. https://doi.org/10.24239/qaumiyyah.v1i1.4

Ratnamulyani;Beddy, I. A. (2018). The role of social media in the improvement of selected participation of students based on students in bogor regency. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20(2), 154–161.

Redy Hendra Gunawan. (2020). Saluran Komunikasi Politik dalam Pembangunan Demokrasi pada Pemilu Legislatif DPR-RI di Kota Bogor 2019. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(02), 141–151. https://doi.org/10.46937/18202031350

Sahid, R., & Budianto, H. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Airlangga Hartarto Dalam Membangun Political Branding Menjadi Capres 2024. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2), 238. https://doi.org/10.24235/orasi.v13i2.11227




DOI: https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i1.4046

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i1.4046.g2053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

ISSN : 2355-309X (Cetak), 2622-8696 (media online)
Email : [email protected] / [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/index

 

 INDEXED BY :