Analisis Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dengan System Interconnection Multiverse Di Uptd Dinas Perhubungan Kota Depok

Hindra Gunawan, Dwi Purwoko

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk menganalisa dan mengevaluasi bagaimana analisis pelayanan pengujian kendaraan bermotor dengan system interconnection multiverse di UPTD Dinas Perhubungan Kota Depok serta hambatan dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi dan Studi Pustaka dengan 6 orang Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analis pelayanan pengujian kendaraan bermotor dengan system interconnection multiverse di UPTD Dinas Perhubungan Kota Depok terlaksana dengan baik. Kendala kendala yang ditemukan adalah adalah kekurangan dari sumber daya manusia itu sendiri, kebijakan dari pemerintah setempat turut andil didalamya, kurangnya kesadaran dari sumber daya manusia yang kompeten, rendahnya kesadaran dalam melakukan pengujian, dan kurangnya sarana dan prasarana. Solusi dari kendala-kendala ini adalah dari kendala ini adalah dengan penambahan sumber daya manusia baru, kemudian diberikan pelatihan agar dapat memaksimalkan kemampuannya dalam bekerja, selain itu adalah memberikan fasilitas kerja serta pengawasan dan evaluasi terhadap hasil kerja yang telah dilakukan.

Keywords


Pelayanan; Uji Kendaraan

Full Text:

PDF

References


A.S. Moenir, 2010.Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara: Jakarta.

Aan Komariah dan Djam'an Satori, 2010, Metodologi Penelitian.Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Achmad, Zein. 2009. Manajemen Kualitas Pelayanandan MSDM. Jakarta: Mitra. Wacana Media.

Arikunto, Suharsimi. 2012.Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Rineka Cipta.

Bambang Riyanto. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, ed. 4, BPFE-. YOGYAKARTA.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Bastian, Indra. 2014.Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Beni Ahmad Saebani.2016 Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Brotosaputro, B. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Semarang Universitas.Diponegoro.

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy.Analisys. Gava Media: Yogyakarta.

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. Hardiansyah.2011.Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Irawan, Prasetya, 2010, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk IlmuI-lmu Sosial, Fisip, Universitas Indonesia, Jakarta.

J. Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2013.Marketing Managemen AndService, Quality Satisfaction, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016.Marketing Managemen AndService, Quality Satisfaction, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011.“Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”.Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

LupiyoadiRambat, 2013. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Mahmudi. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mardiasmo. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi Offset.

Mauludin, Hanif. 2010. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik.

Mulyadi, Deddy, 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan PublikKonsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2010.Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta. 2012.Teori Administrasi Publik. Yogyakarta: Alfabeta.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2011. Organization Behavior.Fouetheenth Edition.Person Education. New jersey.

Romanyshyn & Romanyshyn. 2010. Pelayanan Publik. Jakarta: Balai Pustaka

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan.Jakarta: Kencana.

Siagian, 2013, Manajemen Sumber daya Manusia, Jakarta : Bumi aksara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakatrta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Afabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sulistyorini. 2011. Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. Jakarta : Gramedia Pusaka Utama.

Syarif, Mohamad. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tjiptono, Fandy,. 2011. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Andi Yogyakarta.

Yamit Zulian, 2010. Manajemen Pemasaran & Jasa, Yogyakarta ERkonesia.

Jurnal:

A.H. Rahadian (2018).Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Iklim Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.

Albertina Novi, Mary Ismowati (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Iklim Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.

Bambang Irawan (2016) Organizational Capacity Development to Respond to Social Services for Homeless Children. 144.

Hasim A. Abdullah (2014) Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Pelayan Publik Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.

Mari Ismowaty (2016).Kajian Urgency Publik Private Patnership Di Kota Bandung. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.

Mary Ismowati, R. Mardiyanto (2018) “Analisis Indeks kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan kepuasan Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kota Baru kabupaten Karawang. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik”.

Mary Ismowati, S Sulatifah (2019) “Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Kelurahan Jatikarya Kecamatan Jatisampurna Kota BekasiTransparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi”.

Wahyudin Latunreng (2017) Management Control Systems with in Sustainable Ecotourism: A Study of Belitung.




DOI: https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i2.4184

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i2.4184.g2148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

ISSN : 2355-309X (Cetak), 2622-8696 (media online)
Email : [email protected] / [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/index

 

 INDEXED BY :