Analisis Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dengan System Interconnection Multiverse Di Uptd Dinas Perhubungan Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.31334/reformasi.v11i2.4184Keywords:
Pelayanan, Uji KendaraanAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisa dan mengevaluasi bagaimana analisis pelayanan pengujian kendaraan bermotor dengan system interconnection multiverse di UPTD Dinas Perhubungan Kota Depok serta hambatan dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi dan Studi Pustaka dengan 6 orang Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analis pelayanan pengujian kendaraan bermotor dengan system interconnection multiverse di UPTD Dinas Perhubungan Kota Depok terlaksana dengan baik. Kendala kendala yang ditemukan adalah adalah kekurangan dari sumber daya manusia itu sendiri, kebijakan dari pemerintah setempat turut andil didalamya, kurangnya kesadaran dari sumber daya manusia yang kompeten, rendahnya kesadaran dalam melakukan pengujian, dan kurangnya sarana dan prasarana. Solusi dari kendala-kendala ini adalah dari kendala ini adalah dengan penambahan sumber daya manusia baru, kemudian diberikan pelatihan agar dapat memaksimalkan kemampuannya dalam bekerja, selain itu adalah memberikan fasilitas kerja serta pengawasan dan evaluasi terhadap hasil kerja yang telah dilakukan.References
A.S. Moenir, 2010.Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara: Jakarta.
Aan Komariah dan Djam'an Satori, 2010, Metodologi Penelitian.Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Achmad, Zein. 2009. Manajemen Kualitas Pelayanandan MSDM. Jakarta: Mitra. Wacana Media.
Arikunto, Suharsimi. 2012.Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Rineka Cipta.
Bambang Riyanto. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, ed. 4, BPFE-. YOGYAKARTA.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Bastian, Indra. 2014.Sistem Pengendalian Manajemen Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.
Beni Ahmad Saebani.2016 Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Brotosaputro, B. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Semarang Universitas.Diponegoro.
Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy.Analisys. Gava Media: Yogyakarta.
Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. Hardiansyah.2011.Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Irawan, Prasetya, 2010, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk IlmuI-lmu Sosial, Fisip, Universitas Indonesia, Jakarta.
J. Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2013.Marketing Managemen AndService, Quality Satisfaction, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016.Marketing Managemen AndService, Quality Satisfaction, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011.“Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7â€.Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
LupiyoadiRambat, 2013. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Mahmudi. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mardiasmo. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi Offset.
Mauludin, Hanif. 2010. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik.
Mulyadi, Deddy, 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan PublikKonsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Pasolong, Harbani. 2010.Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta. 2012.Teori Administrasi Publik. Yogyakarta: Alfabeta.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge, 2011. Organization Behavior.Fouetheenth Edition.Person Education. New jersey.
Romanyshyn & Romanyshyn. 2010. Pelayanan Publik. Jakarta: Balai Pustaka
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan.Jakarta: Kencana.
Siagian, 2013, Manajemen Sumber daya Manusia, Jakarta : Bumi aksara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakatrta : Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Afabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Sulistyorini. 2011. Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. Jakarta : Gramedia Pusaka Utama.
Syarif, Mohamad. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Tjiptono, Fandy,. 2011. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Andi Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Andi Yogyakarta.
Yamit Zulian, 2010. Manajemen Pemasaran & Jasa, Yogyakarta ERkonesia.
Jurnal:
A.H. Rahadian (2018).Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Iklim Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.
Albertina Novi, Mary Ismowati (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Iklim Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.
Bambang Irawan (2016) Organizational Capacity Development to Respond to Social Services for Homeless Children. 144.
Hasim A. Abdullah (2014) Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Pelayan Publik Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.
Mari Ismowaty (2016).Kajian Urgency Publik Private Patnership Di Kota Bandung. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi.
Mary Ismowati, R. Mardiyanto (2018) “Analisis Indeks kepuasan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan kepuasan Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kota Baru kabupaten Karawang. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publikâ€.
Mary Ismowati, S Sulatifah (2019) “Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Kelurahan Jatikarya Kecamatan Jatisampurna Kota BekasiTransparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasiâ€.
Wahyudin Latunreng (2017) Management Control Systems with in Sustainable Ecotourism: A Study of Belitung.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Please find the rights and licenses in JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
- License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Majalah Ilmiah Bijak permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Majalah Ilmiah Bijak on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.