Pengaruh Pengawasan, Koordinasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Program Kerja SECAWAN Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh pengawasan, Koordinasi, dan kompetensi terhadap kinerja pegawai dalam program Secawan di Dinas PUPR Kota Depok. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya ketiga variabel tersebut dalam mendukung pelaksanaan proyek infrastruktur yang efektif dan efisien. Metodologi penelitian menggunakan analisis statistik dengan SPSS untuk menghitung koefisien korelasi dan determinasi, serta uji signifikansi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,777, mengindikasikan hubungan yang sangat kuat antara variabel pengawasan, Koordinasi, dan kompetensi dengan kinerja pegawai. Pengawasan, Koordinasi, dan kompetensi masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja, dengan koefisien determinasi sebesar 59,7%, 41,4%, dan 20,9% berturut-turut. Secara simultan, ketiga variabel ini menjelaskan 60,3% variasi kinerja pegawai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan pengawasan, Koordinasi, dan kompetensi akan meningkatkan kinerja pegawai. Saran implementatif meliputi penguatan sistem pengawasan berbasis kinerja, peningkatan komunikasi dan kolaborasi antar unit kerja, serta program pengembangan kompetensi dan pelatihan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.S. Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakrarta: Bumi Aksara.
Abdullah & Esa. 2017. Performance Management: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Aceng, U. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 4(1), 1–6.
Ahmad, J., & Samsudin, S. 2016. Bureaucracy Reform and Public Service Performance in Developing Countries. International Journal of Public Administration, 39 (13), 1044-1057.
Alkadry, M. G., & Tower, L. E. 2015. Public Administration Theory: The State Of The Field. Public Administration Review, 75(2), 192-202.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Armstrong, M., & Taylor, S. 2020. Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page.
Boyatzis, R. E. 2018. The Behavioral Level of Emotional Intelligence and Its Measurement. Harvard Business Review Press.
Creswell, J. 2014. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods - Approaches (— 4th ed).
Edwards III, G. C. 1993. At The Cutting Edge: New Perspectives On Public Administration. Georgetown Public Policy Review, 1(1), 1-14.
Gie, T. L. 2010. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Gupta, K., & Gupta, S. 2019. Employee Competency and Organizational Performance. International Journal of Management.
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revi). Yogyakarta: Gava Media.
Hidayat, A. 2016. Kinerja Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat Di Kelurahan Pelabuhan Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 607–618.
Hill, M., & Hupe, P. 2019. Implementing Public Policy: An Introduction To The Study Of Operational Governance. Sage Publications.
Hood, C. 1991. A Public Management For All Seasons. Public Administration, 69(1), 3- 19.
Indrajid, Richardus Eko. 2014. Electronic Government (Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital). Yogyakarta: ANDI.
Jones, G. R., & George, J. M. 2018. Essentials of Contemporary Management. McGraw-Hill Education.
Keban, Y. T. 2018. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik : Konsep, Teori, Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Latunreng, W., Arifin, A.L., dan Vikaliana, R. 2022. Budaya Organisasi. Bogor: IPB Press
Mulyadi, Mohammad. 2012. Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi, Vol. 16, No. 1
Napitupulu, P. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 2 Tahun 2016. Tentang Kartu Identitas Anak.
Osborne, D., & Gaebler, T. 2012. Reinventing Government: How The Entrepreneurial Spirit is Transforming The Public Sector. Plume.
Pasolong, H. 2012. Teori Administrasi Publik. Yogyakarta: Alfabeta.
Pemerintah Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Administrasi Kependudukan.
Peraturan Pemerintah No 30 Tahun 2019. Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 95 Tahun 2018. Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Priansa, Donni Juni. 2018. Manajemen Organisasi Publik. Bandung : Pustaka Setia.
Ratminto, & Atik Septi Winarsih. 2016. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Riggs, F. W. 2014. New Directions For Public Administration: An Evolutionary Perspective. Public Administration Review, 54(1), 63-68.
Rita, Y. 2016. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli di Kota Palu. Jurnal Katalogis, 4(8), 175– 183.
Rivai, Veithzal. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Robbins,
Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2019. Organizational Behavior. Pearson.
Rohman, N., Lestari, E. W. T., & Ely Sufianti. 2021. Strategi Implemetasi Kebijakan Kartu Identitas Anak di Kabupaten Purwakarta. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara e-ISSN 2614-2945 Volume 8 Nomor 1, Bulan April.
Sabatier, P. A., & Mazmanian, D. A. (1981). The Implementation Of Public Policy: A Framework Of Analysis. Policy Studies Journal, 8(4), 538-560.
Sailendra, Annie. 2015. Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP. Cetakan pertama. Trans Idea Publishing, Yogyakarta.
Simamora, Henry. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Sinambela, L.
Silaen, Sofar dan Yayak Heriyanto . 2013. Pengantar Statistik Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, In Media.
Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Spencer, L. M., & Spencer, S. M. (2017). Competence at Work: Models for Superior Performance. John Wiley & Sons.
Supriyono, RA. 1999. Manajenen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis. Yogyakarta: BPFEUGM.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV.Alfabeta.
Tadesse, T., & Jemal, A. 2018. The Effect Of Monitoring And Evaluation On The Performance Of Public Organizations. Journal of Management Studies.
Tjipto, Atmoko. 2011. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta.
Yin, R. K. 2018. Case Study Research And Applications: Design And Methods. Sage Publications.
Yukl, Gary. 2017. Leadership in Organizations. Pearson.
Zhang, X., Cao, Q., & Tjosvold, D. 2019. Linking Transformational Leadership and Team Performance: A Conflict Management Approach. Journal of Applied Psychology.
DOI: https://doi.org/10.31334/reformasi.v12i1.4679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani
ISSN : 2355-309X (Cetak), 2622-8696 (media online)
Email : [email protected] / [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/index
INDEXED BY :