Pengaruh Ketersediaan Koleksi, Sarana Prasarana Perpustakaan, Serta Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangli
DOI:
https://doi.org/10.31334/reformasi.v12i1.4689Keywords:
Ketersediaan Koleksi, Sarana Prasarana Perpustakaan, Kualitas Layanan, Minat Kunjungan Pemustaka.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ketersediaan Koleksi, Sarana Prasarana Perpustakaan, serta Kualitas Layanan terhadap Minat Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangli. Tantangan besar yang dihadapi perpustakaan adalah ketersediaan koleksi yang terbatas, sarana prasarana perpustakaan yang kurang memadai, dan layanan perpustakaan yang kurang berkualitas sehingga berdampak pada minat pemustaka untuk berkunjung ke Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 62 responden yang dipilih melalui proporsional stratified random sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketersediaan Koleksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjungan Pemustaka, dengan nilai uji t sebesar 1,943>1,670 dan tingkat signifikansi sebesar 0,003; 2) Sarana Prasarana Perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Kunjungan Pemustaka, dengan nilai uji t sebesar 1,984>1,670 dan tingkat signifikansi 0,002; 3) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjungan Pemustaka, dengan nilai uji t sebesar 2,408 > 1,670 dan tingkat signifikansi sebesar 0,001; 4) Secara simultan Ketersediaan Koleksi, Sarana Prasarana Perpustakaan, dan Kualitas Layanan memberikan kontribusi sebesar 50,9% terhadap Minat Kunjungan Pemustaka, dengan nilai uji f sebesar 3,987 > 2,75 dan tingkat signifikansi sebesar 0,012. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya perpustakaan melakukan pengembangan dan pengelolaan koleksi, sarana prasarana perpustakaan, dan meningkatkan kualitas layanan agar dapat menarik lebih banyak pemustaka untuk berkunjung ke perpustakaan. Rekomendasinya mencakup pembaruan koleksi secara berkala, menyediakan sarana prasarana yang memadai, dan meningkatkan pelatihan serta keterampilan pustakawan agar lebih profesional dalam memberikan layanan. Perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan.References
Abidin, Saenal dan Nur Annafiah Adzkiya Mar’at. 2023. Analisis Ketersediaan Koleksi untuk Kebutuhan Informasi Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. (Literatify: Trends in Library Developments, Volume 4, Nomor 1, hlm. 32-44).
Dalimunte, Muhammad dan Toguan Rambe. 2023. Pengantar Psikologi Perpustakaan. Medan: Umsupress.
Haloho, Elizabeth dan Idahwati. 2021. Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan STIKes Siti Hajar Medan. (Jurnal Mutiara Manajemen, Volume 6, Nomor 1, Hlm. 1-7).
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoirin, dan Taofan Ali Achmadi. 2020. Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Maharani, Alfina. 2022. Faktor Pendorong Minat Kunjungan Mahasiswa terhadap Perpustakaan Nasional. (Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, Volume 6, Nomor 2, hlm. 179-190).
Mudassir, Andi. 2021. Analisis Sarana dan Prasarana Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Wajo Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan. Tesis, Universitas Islam Negeri Makassar.
Mustanir, Ahmad. 2022. Pelayanan Publik. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.
Priatmana, Aldi dan Sakti Ritonga. 2023. Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan. (Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, Volume 4, Nomor 3, hlm. 1113-1121).
Rianti, Selvi., Zaili Rusli, dan Febri Yuliani. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. (Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 15, Nomor 3, hlm. 412-419).
Santoso, Jody. 2021. Kemas Ulang Informasi Koleksi Perpustakaan Sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi para Pemustaka. (Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, Volume 1, Nomor 2, hlm. 67-72).
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Please find the rights and licenses in JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI
Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
- License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Majalah Ilmiah Bijak permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Majalah Ilmiah Bijak on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.