Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan analisis kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Teori Kompetensi (Spencer 1993: 9-10), 2. Teori Motivasi (Atkinson dalam Kerlinger 1987: 133), 3. Teori Kualitas Pelayanan (Parasuraman dalam Tjiptono 2000: 69-70). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat dan pegawai kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Data dalam penelitian ini terdiri dari Data Primer, yaitu data yang langsung diperoleh dari lokasi penelitian melalui kuesioner dan wawancara serta Data Sekunder, yaitu data berupa dokumen yang diperoleh dari Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Hipotesis penelitian di uji dengan menggunakan uji - t dan uji –f
Secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi terhadap Kualitas Pelayanan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan.
Kesimpulan penelitian adalah: semakin tinggi nilai variabel Kompetensi dan Motivasi kerja, maka variabel Kualitas Pelayanan Pegawai cenderung semakin meningkat. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah nilai variabel Kompetensi dan Motivasi kerja, maka variabel Kualitas Pelayanan Pegawai akan semakin menurun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Tan, Timotius. 2011. Dare to be Champion. Jakarta: Metalexia Publishing
Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Cohen, Steven.et.al. 2011. Menjadi Manajer Publik Efektif. PPM Manajemen Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah.
Jakarta: Bumi Aksara
............................. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Handoko, Martin. 1997. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Bina Aksara
Kaho, Josef Riwu. 1998. Analisa Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara
Kerlinger, Fred N dan Elazar J. Pedhazur. 1987. Korelasi dan Analisis Regresi Ganda. Yogyakarta: Nur Cahaya
Moekijat. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pengantar.
Jakarta: Balai Pustaka
Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia Ndraha, Talizuduhu. 1990. Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Jakarta: Rineka Cipta
Noor Salim dan Masngudi. 2012. Metode Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Trianandra University Press
Notoadmojo, Soekidjo. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media
Sarwoto. 1991. Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sianipar J.P.G. 1998. Manajemen Pelayanan Masyarakat. Jakarta: LAN- RI
Siagian, S.P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Spencer, Lyle M. Jr & Signe M. Spencer. Competence at Work Model for Superior Performance. United States of America: Jhon Wiley and Son Inc
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta. Andi
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grapindo Persada Winardi, J. 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta
Tesis
Asmidin, Sri Asmidar. 2012. Pengaruh Kompetensi Pegawai Kelurahan Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Universitas Terbuka
Karapesina, Made. 2007. Pengaruh Motivasi Kerja Aparat Terhadap Kualitas Civil (Studi Kasus Mengenai Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Dua Kecamatan Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara. Universitas Terbuka
Undang-Undang
Undang-Undang Republik Indonesia No 6 Tahun 2014 Tentang Desa PP No 101 Tahun 2000 Tentang Diklat Jabatan Pegawai Negeri Sipil
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63 Tahun 2003
Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan
DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v7i2.4337
Copyright (c) 2024 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi
Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi
LISTED & INDEXED :