Pengaruh Sistem Informasi Manajemen dan Kompetensi Terhadap Efektifitas Kerja di PT Citra Solusi Informatika

Muhammad Sholeh, Dian Wahyudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh sistem informasi manajemen dan kompetensi terhadap efektivitas kerja Di PT. Citra SolusiInformatika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel sistem informasi manajemen mengacu pada pendapat Arif Wibowo variabel kompetensi mengacu pada teori Wibowo dan variabel efektivitas kerja mengacu pada teori Denison yang diterjemahkan oleh Khairul Saleh. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner kepada sejumlah responden, dengan jumlah populasi sebanyak 30 responden dan sampelnya sebanyak 30 responden dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampel jenuh. Instrument diuji dengan reliabilitas dan validitas. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier parsial dan berganda dengan bantuan SPSS versi 24 for windows menunjukan bahwa hasil uji t secara parsial (regresi sederhana) menunjukan bahwa sistem informasi manajemen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja sebesar 0,743 atau 74,3 % karena t hitung lebih besar dari pada t tabel sedangkan 25,7 % dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial kedua hasil uji t (regresi sederhana) menunjukan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh positif terhadap efektivitas kerja sebesar 0,579 atau 57,9 % karena t hitung lebih besar daripada t tabel dan 42,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti oleh peneliti. Variabel bebas sistem informasi manajemen dan kompetensi secara simultan atau bersama-sama diuji F mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadapefektivitas kerja dan besar pengaruhnya dari nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,866 atau 86,6 % dan sisanya 13,4% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini.


Keywords


Sistem Informasi Manajemen, Kompetensi, Efektifitas Kerja

Full Text:

PDF

References


A, C. (2013). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai ; Studi Pada Kantor Camat Medan Baru.Medan.

Delany, F. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Di PT IndustriTelekomunikasi Indonesia (Inti) Persero. Bandung.

Denison, D. (n.d.). Corporate Culture And Organizational Effectiveness ;John Willy & Son.

Farmila, R. (2014). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Penerimaan Pajak Restoran Pada Dinas Pendapatan Daerah. Pekanbaru.

Girsang, S; Ningsih; Fitri, K. (2016). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Efektifitas Kerja Karyawan. Riau.

Hasibuan, M. (2011). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. Hasibuan, M. (2019). Organisasi & Motivasi ; Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1841

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1841.g875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA