Pengaruh E-ticket dan Promosi pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Airasia (Studi Kasus pada Rute Penerbangan Jakarta-Denpasar)
DOI:
https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1844Keywords:
E-Ticket, Promosi Media Sosial Instagram. Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-ticket dan promosi pada media sosial intagram terhadap keputusan pembelian tiket AirAsia. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data dan informasi yang dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada penumpang yang pernah pergi ke Bali menggunakan penerbangan AirAsia Indonesia dengan sampel 65 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, Setiap responden menjawab pertanyaan sebanyak 25 pertanyaan dengan menggunakan skala likert. Metode penelitan yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dimana dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yang diwakilkan variabel bebas yaitu e-ticket (X1), promosi media social instagram (X2) dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian menunjukan e- ticket berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara motivasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. E-ticket dan promosi media social instagram secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 52.3% dan sisanya sebesar 47.7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
References
Ali, Sambas Muhidin dan Abdurrahman Maman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Anggara, Sahya. 2012. Ilmu administrasi Negara. Bandung: CV Pustaka Setia. Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Bienz, Nicholas. 2008. Electronic Ticketing: Electronic Business Course. Fribourg: Project Paper.
Bisri Mustofa, 2009. Pedoman Menulis Proposal Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Panji Pustaka. Buchori, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Chris Heuer dalam Solis, (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey, Canada
Dewi, Irra Chrisyanti. 2011. Pengantar Ilmu Administrasi, PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta. Djaslim, Saladin dan Herry Achmad Buchory. 2010. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis,
Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.
Fandy, Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Hadi Offset.
G. R. Terry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Tujuh.
Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif :Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara. Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler Phillip and Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
------------. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2012. Prinsip-Prinsip pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Laudon, Kenneth C. & Laudon Jane. 2013. Management Information Systems: Managing the
Digital Firm. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta M.Nafarin. 2009. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba4.
M. Nisrina. 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kubis. Ng-Kruelle, G. dan P. A. Swatman. 2006. E-Ticketing Strategy and Implementation in an Open
Access System: The case of Deutsche Bahn," reasearchgate.net
Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Peter dan Olson, 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat. Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex
Komputindo.
Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung
------------. 2012. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).
Bandung: Alfabeta.
-----------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Darmawan.
-----------. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. 20.
----------. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W., dan Endrayanto, P. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu. Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA.
Wibisono, Dermawan. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta: ANDI.
Daftar Referensi Jurnal
Aris Jatmika Diyatma (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro. Dalam Jurnal E-Proceeding of Management Vol. 4 No. 1 April 2017.
Yuli Angkasa dan Kalbuana Nawang (2018). Peranan Teknologi Informasi dalam E-Ticketing Pesawat Udara. Dalam Jurnal Aviasi Langit Vol. 5 No. 13 Desember 2018.
Fredy Suharyo (2014). Studi Deskriptif E-Service Quality pada Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan AirAsia Indonesia melalui Website AirAsia. Dalam Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya Vol. 3 No.2 2014.
Yundhiya Adi Nugeroho dan Maya Ariyanti (2018). Pengaruh Promosi AirAsia Indonesia Melalui Instagram terhadap Keputusan Pembelian. Dalam Jurnal E-Proceeding of Management Vol.5 No 2 Agustus 2018.
Deru R Indika dan Cindy Jovita (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Dalam Jurnal Bisnis Terapan Vol. 01 No. 01 Juni 2017.
Arum Wahyuni Purbohastuti (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Dalam Jurnal Tirtayasa Ekonomika Vol. 12 No. 2 Oktober 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.


