Pengaruh E-ticket dan Promosi pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Airasia (Studi Kasus pada Rute Penerbangan Jakarta-Denpasar)

Suparman Suparman, Della Utami Putri Ramadany

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-ticket dan promosi pada media sosial intagram terhadap keputusan pembelian tiket AirAsia. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data dan informasi yang dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada penumpang yang pernah pergi ke Bali menggunakan penerbangan AirAsia Indonesia dengan sampel 65 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, Setiap responden menjawab pertanyaan sebanyak 25 pertanyaan dengan menggunakan skala likert. Metode penelitan yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dimana dalam penelitian ini terdapat 3 variabel yang diwakilkan variabel bebas yaitu e-ticket (X1), promosi media social instagram (X2) dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian menunjukan e- ticket berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara motivasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. E-ticket dan promosi media social instagram secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 52.3% dan sisanya sebesar 47.7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.


Keywords


E-Ticket, Promosi Media Sosial Instagram. Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ali, Sambas Muhidin dan Abdurrahman Maman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Anggara, Sahya. 2012. Ilmu administrasi Negara. Bandung: CV Pustaka Setia. Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Bienz, Nicholas. 2008. Electronic Ticketing: Electronic Business Course. Fribourg: Project Paper.

Bisri Mustofa, 2009. Pedoman Menulis Proposal Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Panji Pustaka. Buchori, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chris Heuer dalam Solis, (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey, Canada

Dewi, Irra Chrisyanti. 2011. Pengantar Ilmu Administrasi, PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta. Djaslim, Saladin dan Herry Achmad Buchory. 2010. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis,

Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.

Fandy, Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Hadi Offset.

G. R. Terry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Tujuh.

Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif :Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara. Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler Phillip and Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

------------. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2012. Prinsip-Prinsip pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Laudon, Kenneth C. & Laudon Jane. 2013. Management Information Systems: Managing the

Digital Firm. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta M.Nafarin. 2009. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba4.

M. Nisrina. 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kubis. Ng-Kruelle, G. dan P. A. Swatman. 2006. E-Ticketing Strategy and Implementation in an Open

Access System: The case of Deutsche Bahn," reasearchgate.net

Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Peter dan Olson, 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat. Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex

Komputindo.

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung

------------. 2012. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).

Bandung: Alfabeta.

-----------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Darmawan.

-----------. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. 20.

----------. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W., dan Endrayanto, P. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu. Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA.

Wibisono, Dermawan. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta: ANDI.

Daftar Referensi Jurnal

Aris Jatmika Diyatma (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro. Dalam Jurnal E-Proceeding of Management Vol. 4 No. 1 April 2017.

Yuli Angkasa dan Kalbuana Nawang (2018). Peranan Teknologi Informasi dalam E-Ticketing Pesawat Udara. Dalam Jurnal Aviasi Langit Vol. 5 No. 13 Desember 2018.

Fredy Suharyo (2014). Studi Deskriptif E-Service Quality pada Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan AirAsia Indonesia melalui Website AirAsia. Dalam Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya Vol. 3 No.2 2014.

Yundhiya Adi Nugeroho dan Maya Ariyanti (2018). Pengaruh Promosi AirAsia Indonesia Melalui Instagram terhadap Keputusan Pembelian. Dalam Jurnal E-Proceeding of Management Vol.5 No 2 Agustus 2018.

Deru R Indika dan Cindy Jovita (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Dalam Jurnal Bisnis Terapan Vol. 01 No. 01 Juni 2017.

Arum Wahyuni Purbohastuti (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Dalam Jurnal Tirtayasa Ekonomika Vol. 12 No. 2 Oktober 2017.




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1844

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1844.g878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA