Pengaruh Foto Dan Video Produk Terhadap Jumlah Pengunjung Di Media Sosial Pada UMKM Di DKI Jakarta

Redjeki Agoestyowati, Munir Saputra

Abstract


Berbagai cara promosi dilakukan oleh para penjual agar produk jualannya dibeli oleh pelanggan, baik secara offline atau online. Banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk hanya dengan melihat foto-foto produk atau video yang lewat di beranda social media, e-commerce, flyer, dan lain-lain, sehingga cara membuat foto yang menarik atau video produk yang menggelitik ini dibutuhkan ilmu tentang photography, karena mungkin masih banyak para penjual membuat foto produk ala kadarnya, padahal tampilan foto atau video yang menarik bisa membuat pelanggan atau calon pembeli untuk memutuskan melakukan pembelian. Berdasarkan latar belakang tersebut, dalam upaya meningkatkan kualitas foto atau produk yang akan digunakan sebagai promosi demi meningkatkan penjualan secara offline atau online, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI mengadakan pendampingan kepada pelaku UKM binaan DKI Jakarta atau Jakpreneur dalam berbagai bidang (disiplin ilmu), dan salah satunya bidang  Foto dan Video Produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang hasil penelitian menunjukan bahwa foto dan video produk  dapat meningkatkan pengunjung di media sosial, terutama penjualan online, dan disarankan foto produk dibuat lebih besar.


Keywords


foto produk, penjualan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Lina, Lia & Fauzi, Saipulloh. (2021). PERAN FOTO PRODUK, ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING PADA MINAT BELI KONSUMEN DI E-COMMERCE. 10.24853/jmmb.v2i1.8335.

Pongky Adhi Purnama, Silvia Amanda Tahalea, PELATIHAN FOTOGRAFI PRODUK UNTUK IKLAN DI INTERNET SAAT MASA PANDEMI BERSAMA PEMUDA TEBET MELALUI DARING, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, e-ISSN 2721-0634, p-ISSN 2684-9011 Volume 2 No. 2, September 2020

Farkii, A. d. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaani dan minat pembelian pada online marketplacei di Indonesia. jurnal teknik ITS.

Ichsan, M. J. (2018). Pengaruh Customer online rating and review terhadap minat beli konsumen padai marketplace tokopedia di wilayah DKI Jakarta Effect of Consumer online rating and review to buying. Proceeding of management

Aditia, D., Nasution, D., Sains, F. S., Pembangunan, U., Budi, P., & Utara, U. S. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212–224.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), 124068.

Purnama dan Tahalea, Pelatihan Fotografi Produk Untuk Iklan Di Internet Saat Masa Pandemi Bersama Pemuda Tebet Melalui Daring, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia Volume 2 No. 2, September 2020

Wibowo, Arief, Media Sosial Sebagai Solusi Pemasaran Umkm Yang Adaptif Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pengabdian Masyarakat Unindra, Vol 4, No 6 (2021)




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v4i1.2426

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/abiwara.v4i1.2426.g1450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA