Evaluasi Kebijakan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Secara Online(Alpukat Betawi) Pasca Masa Pandemi Covid- 19 Di Wilayah Kecamatan Tambora
DOI:
https://doi.org/10.31334/abiwara.v6i1.4217Keywords:
Evaluasi, Kualitas pelayanan, Aplikasi Alpukat Betawi.Abstract
Pada tahun 2023 pasca pandemi covid-19 penerapan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara online melaui aplikasi Alpukat Betawi (Akses Langsung Layanan Kependudukan Cepat, Akurat) masih di lakukan namun sampai saat ini aplikasi alpukat betawi masih banyak menerima ulasan yang tidak baik dari masyarakat,adanya keluhan dari masyarakat menimbulkan pertanyaan terkait kualitas layanan secara online. Tujuan penelian ini adalah untuk mengevaluasi Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Secara Online Pasca Masa Pandemi COVID-19 Di Wilayah Kecamatan Tambora. Penelitian pada tesis ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi penelitian lapangan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan kebijakan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara online pasca masa pandemi covid- 19 di wilayah Kecamatan Tambora belum berjalan dengan baik dikarenakan kualitas layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara online masih terdapat kekuranga dan belum sesuainya kebijakan dengan kebutuhan masyarakat karena masih ditemukan masyarakat yang lebih memilih pelayanan secara offlineReferences
Agostino, Deborah., Michela Arnaboldi & Melisa Diaz Lema. 2020. “New Development: Covid-19 as an accelerator of digital transformation in public service delivery.†Journal Public Money & Management, Vol. 41, No. 1, https://doi.rg./10.1080/09540962.2020.1764206
Ahmad Farouq Mulku Zahari, Anis Ribcalia Septiana, dan Taslim Fait. (2021). “Pelayanan KTP Elektronik di Masa Pandemi Covid-19 pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau.â€
Anwar, Khoirul. 2013. Aplikasi SIstem Informasi Manajemen Bagi Peerintahan di. Otonomi Daerah (Simda). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bovaird, Tonny dan Elke Loffler (2013), Public Management and Governance, London: Routledge. Bumi Aksara.
Denhardt, J.V., dan Denhardt, R.B., 2017. The New public service, M.E. Sharpe,. New York. Denhart, J.V & R.B. Denhart. 2007. The New public service: Serving, Not Steering. New York: M.E. Sharpe, Inc.
Didik Fatkhur Rohman, Imam Hanafi, dan Minto Hadi. (2012). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang).
Dwiyanto, Agus. 2017. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Husain, Umar. 2013. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Ibrahim, Amin. 2019. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya.
Indrajit, Richardus Eko. 2010. E-Governmment: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.
Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan: dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media. Jakarta: Bumi Aksara.
Janet V. and Denhardt, Robert B., 2017. The New public service,. Serving Not Steering, Expanded Edition, Armonk, New York, London,.
Kamal, Mustafa., Annisa Purwatiningsih, dan Asih Widi Lestari. 2021. “Kebijakan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Mewujudkan Good Governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasuran.†Jurnal Reformasi, Vol. 11, No. 1.
Keban, Yeremias T. (2014). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu, Ed.3. Yogyakarta: Gava Media
Kencana, Inu Syafi’ie. 2019. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Jakarta: PT Pertja.
Khairunsyah Purba. (2020)“Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan pada UPT Disdukcapil Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.â€
Lumbanraja, Anggota Doramia. 2020. “Urgensi Tansformasi Pelayanan Publik melalui E- Government pada New Normal dan Reformasi Regulasi.†Administrative Law & Government Journal, Vol. 3, Issue 2, June 2020.
Luzni Arhyani (2022) Effectiveness of E-Government Based Public Service Innovation (Simpelin) during the Covid-19 Pandemic (Case Study at the Population and Civil Registration Service,
Mahsyar, Abdul. 2011. “Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik.†Jurnal Otoritas, Vol. 1, No. 2, Oktober 2011.
Mardiasmo. 2019. Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Miles, M.B Huberman dan A. Michael Huberman. 2001. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.
Moenir, A.S. 2018. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara. Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustafa Kamal, Annisa Purwatiningsih, dan Asih Widi Lestari. (2021). “Kebijakan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Mewujudkan Good Governance pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasuran.â€
Negara, K. A., & Dewi, I. (2017). Pengaruh Ketidakamanan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Sense Sunset Hotel Seminyak. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 3934-3961.
Nugroho, Riant. 2015. Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Pasolong, Harbani. 2018. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Purba, Khairunsyah. 2020. “Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan pada UPT Disdukcapil Kecamatan Tampan Kota Pekanbaruâ€, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 11, No. 1.
Rasyid, Ryas. 2018. Makna Pemerintahan, Tinjauan dari Segi Etika dan Kepemimpinan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Rohman, Didik Fatkhur., Imam Hanafi, dan Minto Hadi. 2012. “Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi pada DInas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang).†Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 5.
Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2018. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi.
Suaedi, Falih dan Bintoro Wardiyanto. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara (Reformasi Birokrasi dan E-Governance). Yogyakarta.
Subarsono, A.G. 2015. Analsis Kebijakan Publik, Konsep, Teoori dan Aplikasi. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyeno Suyeno (2021) Effectiveness Of Public Services In The Field Of Population Administration During The Covid-19 Pandemic (Case Study in Samaan Village, Klojen District)
Thoha, Miftah. 2020. “Reformasi Birokrasi Publik Pasca Orde Baru. Perubahan Tanpa Grand Design.†Jurnal Ilu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 5, No. 3.
Widiyarta, Agus. 2012. “Pelayanan Kesehatan dari Perspektif Partiicipatory Governance (Studi Kasus tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Dasar Kesehatan di Kota Surabaya). Malang: Disertasi, Program Doktor Ilmu Administrsi Fakultas Ilmu Administasi, Universitas Malang.
Wiryanto, Wisber. 2020. “Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia Selama Pandemi Covid-19.†Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0.
Zahari, Ahmad Farouq Mulku., Anis Ribcalia Septiana, dan Taslim Fait. 2021. “Pelayanan KTP Elektronik di Masa Pandemi Covid-19 pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau.†Jurnal Publicuho, Vol. 4, No. 1, Februari-April 2021.
Zeithaml, Valarie A., Pasuraman & Leonard L. Berry. 1990. Delivering Quality Service. New York: The Free.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Please find the rights and licenses in Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1.License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
2.Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3.User Rights
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis on distributing works in the journal and other media of publications.
4.Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will only communicate with the corresponding author.
5.Miscellaneous
Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.