Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan Terhadap KepuasanPasien Rawat Inap Ruang Anggrek (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi)

Putri Maryani Supranoto, Suparman Suparman

Abstract


This study entitled "The Effect of Quality of Health Services and Health Facilities on Satisfaction of Inpatients at the Orchid Room" which was compiled by Putri Maryani Supranoto with NPM: CB117112163. This study aims to determine: 1) whether the quality of service affects the satisfaction of inpatients in the orchid room, 2) whether the quality of service affects the satisfaction of inpatients in the orchid room, 3) whether the quality of services and health facilities affect the satisfaction of inpatients in the orchid room. . The population in this study were inpatients in the orchid room with a sample of 363 people. The method used is a survey with a quantitative approach. The sampling technique used is non-probability sampling. The instrument testing technique in this study used validity and reliability tests, while the data analysis techniques used were descriptive analysis, multiple linear analysis, and classical assumption tests. The results of the study show that: 1) service quality affects patient satisfaction with t_count (6,486) > t_table (1.971), 2) Health facilities affect patient satisfaction with t_count values (9,691) > t_table (1.971), 3) service quality and Health facilities have an effect on patient satisfaction with the value of F_count (125,250) > F_(table )(3,04). Based on the value of R^2, the quality of service and health facilities with a percentage of 65.5% affects patient satisfaction

Keywords


Quality of Service, Health Facilities, Patient Satisfaction

Full Text:

PDF

References


BUdiyanto Yunus dan Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pelanggan

Pasa Narita Hotel Surabaya [Journal]. - Surabaya : [s.n.], 2014.

Gasperz, V. (2000). Ekonomi Manajerial Pembuatan Keputusan Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Hutabarat Jemsly Visi Kualitas Jasa Membahagiakan Pelangga: Kunci Sukses [Book]. - Jakarta :

Usahawan, 2008.

Ibrahim, N. S. dan. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo.

Ilham Saputra, R. (2012). Penyakit Dalam Terhadap Pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit

Periode Desember 2011-Februari 2012 FROM. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi,

–248.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI). (2014). Panduan Praktik Klinis Bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan

Kesehatan Primer.

Junior Heri Pedoman Teknis Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Kelas B [Book]. - Jakarta : Pusat

Sarana, Prasarana dan Peralaatan Kesehatan, 2010.

Junior, H. (2010). Pedoman Teknis Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Kelas B. Jakarta: Pusat Sarana,

Prasarana dan Peralaatan Kesehatan.

Lembang, R. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap

Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro ( Studi Kasus

Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 69.

M.Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Ghalia Indonesia.

Margono, S. (2000). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Musnelina, L., Afdhal, A. F., Gani, A., Andayani, P., Farmasi, J., Sains, I., Masyarakat, F. K., &

Indonesia, U. (2004). Menggunakan Kloramfenikol Dan Seftriakson Di Rumah Sakit

Fatmawati Jakarta Tahun 2001 – 2002. 8(2), 59–64

Philip Kolter, A. (2000). In Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Pengendalian (p. 251). Yogyakarta: Salemba Empat.

Philip Kotler Keller, Kevin, Lane Manajemen Pemasaran [Book]. - Jakarta : PT. Macanan

Cemerlang, 2008.

Prana, M. M. M. (2013). Kualitas Pelayanan Kesehatan Penerima Jamkesmas di RSUD Ibnu Sina

Gresik. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 173–185. http://journal.unair.ac.id/kualitaspelayanan-kesehatan-penerima-jamkesmas-di-article-4633-media-138-category-.html

Putri, B. S., & Kartika, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan

Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor. Jurnal Riset Manajemen Dan

Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(1), 1–12.

Rangkuti, F. (2003). Measuring Customer Statisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Romadona, H. (2019). Pengaruh Permainan Uno Stacko dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Warga Belajar Paket C di PKBM Narkotika Klas II Jakarta Timur. Universitas Negeri Jakarta.

Rangkuti Freddy Measuring Customer Statisfaction [Book]. - Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Utama, 2003.

Ritonga Hariani Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap

Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah dr.

Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi [Journal]. - Medan : Google Scholar, 2019.

Runtunuwu, J., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal Riset

Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1803–1813.

https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5973

Sari, P. C. P. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Serta Dampaknya

Terhadap ..

Sitinjak Evralita Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada UPT

Puskesmas Sungai Langkai [Journal]. - Batam : Univesrsitas Putera Batam, 2021.

Silvia Taruriska. (2016). Sistem Informasi Geografis (Sig) Fasilitas Kesehatan Di Kabupaten Bungo

Berbasis Mobile. Voteknika Jurnal Vokkasional Teknik Elektronika Dan Informasi, 4(1), 1–

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/6023/4694

Sudarso Andriasan Manajemen PemasaranJasa Perhotelan [Book]. - Jakarta : Deepublish,

Susanto, P. K. (2000). In Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan

Pengendalian. Yogyakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. (2007). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, B. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Pasien Untuk Berobat Di Rumah

Sakit Kusta Sumberglagah Pacet Mojokerto. The Journal of Business and Management, 2,

–172.

Wulansari, I., Suprayogi, A., & Nugraha, A. (2015). Pembuatan Aplikasi Sebaran Lokasi Fasilitas

Kesehatan Penerima Bpjs Kesehatan Di Kota Semarang Berbasis Android. Jurnal Geodesi

Undip, 4(4), 240–247.

yuyun mardiyani, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung

Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota

Semarang. Management Analysis Journal, 4(1), 65–75




DOI: https://doi.org/10.31334/jambis.v2i4.2527

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jambis.v2i4.2527.g1149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

ISSN 2775-2615 (Media Online)
Email :  [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/index

 

INDEKS BY: