Pengaruh Terpaan Drama Seri Korea Di Media Streaming Viu Terhadap Perilaku Budaya & Gaya Hidup Dikalangan Wanita Di Indonesia
Abstract
Kesuksesan Drama Korea memiliki jumlah penggemar yang sangat besar di Indonesia terletak dari segi ceritanya yang sangat sederhana namun bermakna, tidak seperti drama dari negara lainnya seperti Jepang contohnya, yang terkadang terlihat lebih kaku alur ceritanya dibandingkan dengan drama Korea. Meskipun memiliki Genre yang sama dengan kebanyakan drama asia lainnya yaitu percintaan, namun drama Korea menawarkan kisah cerita yang segar, menarik, penuh inspiratif dibandingkan drama asia lainnya. Dan bahkan yang lebih menariknya adalah terkadang penonton tidak bisa memprediksi akhir cerita dari drama korea tersebut, dikarenakan alur ceritanya yang berbeda dengan drama TV lainnya. Sehingga membuat yang menonton akan ketagihan untuk menonton lagi episode – episode berikutnya.
Dampak pengaruh yang dihasilkan dari menonton drama – drama Korea di Media Streaming VIU , khususnya para wanita di Indonesia ini menimbulkan pengaruh sikap ingin mengikuti atau meniru model, gaya, budaya atau pola hidup dari idola – idola artis atau aktor Korea, baik itu dari pakaian yang mereka gunakan, bahasa, makanan, budaya dan lain sebagainya sehingga mereka berusaha untuk menunjukan dengan bangga identitas diri lewat produk Korea agar terlihat seperti orang Korea.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. 2006. Metode penelitian Kuantitatif.
Jakarta: Kencana Prenada Meia Group
Deddy Mulyana, M.A. 2016 ( Edisi Revisi ) Komunikasi Lintas Budaya
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Muhammad Budyatna, 2015 Teori – Teori Komunikasi Antar Pribadi
Jakarta : PT. PRENADAMEDIA GROUP
Ahmad Sihabudin, 2011. Komunikasi Antar Budaya - Satu perspektif Multidimensi
Jakarta : Sinar Grafika Offset
Deddy Mulyana, 2011. Ilmu Komunikasi – Suatu Pengantar
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suranto AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu
Cangara. Hafied. 2006 Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers
DR.Zikri Fachrul Nurhadi. 2002. Teori – Teori Komunikasi-Teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. . GHALIA INDONESIA
Stephen W. LittleJohn & Karen A. Foss. 2009 – TEORI KOMUNIKASI –(Theories of Human Communication ).Edisi 9. Salemba Humanika
DRS Jalaludin Rakhmat,M.Sc & Dr Deddy Mulyana,M.A. 2015 (Edisi Revisi ) Komunikasi Antar Budaya. Bandung. PT. REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.
John Fiske,2016 (Edisi Ketiga) – PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI – Jakarta . Pt. RAJA GRAFINDO PERSADA.
Hikmat Kusumaningrat&Purnama Kusumaningrat. 2017 – Teori & Praktek Jurnalistik- . Bandung .PT. REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.
Nina winangsih Syam, Dadang Sugiana & Atwar Bajari, 2015 – PERENCANAAN PESAN & MEDIA. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka Jakarta.
Prof.Dr.Muhammad Budyatna, M.A, 2015- TEORI – TEORI MENGENAI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI. Jakarta . PRENADAMEDIA GROUP.
Jurnal komunikasi – Siswanto Ahmed -Perilaku Media Massa Amerika Serikat pada pemilihan presiden tahun 2016 ( 2016 )
Jurnal komunikasi – Meta Ratana – Pengaruh Social Media marketing terhadap Ekuitas Merk (2017).
Jurnal Komunikasi – Ririn Puspita Tutiasri – Komunikasi dalam Komunikasi Kelompok ( 2021)
Jurnal Komunikasi – Zikri Fachrul Nurhadi & Achmad Wildam Kurniawan – Kajian Tentang Efektifitas Pesan dala Komunikasi ( 2017 )
Jurnal Komunikasi – KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DI ERA MODERN ( 2019)
Jurnal Komunikasi – Ayu Lestari Nurdianti - Pesan Tentang Motivasi Diri dalam Film “ Manusia Setengan salmon” Karya Raditya Dika ( 2019 ).
DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 LUGAS Jurnal Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
LISTED & INDEXED :
|
|