Digitalisasi Pelayanan dan Inovasi KPU Kabupaten Sleman Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pemilu 2024

Sri Lestari Harjanta

Abstract


Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sleman dalam penyelenggaran Pemilu 2024 menjalankan tugas yang tidak ringan. Pada saat tahapan Pemilu berlangsung seperti saat ini, KPU Kabupaten Sleman mengalami peningkatan beban kerja yang sangat tajam.. Saat tahapan pemilu berlangsung, pekerjaan rutin tersebut bertambah dengan pekerjaan tahapan pemilu yang terdiri dari berbagai macam kegiatan seperti pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, pembentukan badan adhoc penyelenggara Pemilu, pemutakhiran data pemilih, penyiapan logistik Pemilu, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara serta sengketa hasil pemilu. Banyaknya kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam tahapan pemilu membuat beban kerja pegawai KPU Kabupaten/Kota bertambah berat. Dengan penerapan digitalisasi pelayanan, beban pekerjaan lembaga tersebut diharapkan lebih ringan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut. Pertama jenis pelayanan apa saja yang berbasis teknologi informasi (digital) yang diterapkan KPU Kabupaten Sleman dalam penyelenggaan Pemilu 2024? Kedua, Apa yang menjadi faktor penghambat pelayanan digital yang diterapkan di KPU Kabupaten Sleman dalam penyelenggaan Pemilu 2024?
Menuju penyelenggaraan Pemilu 2024, KPU Sleman melakukan digitalisasi layanan dan juga sejumlah inovasi. Digitalisasi layanan antara lain dalam bentuk website, media sosial (medsos), E-PPID hingga digitalisasi tahapan pemilu antara lain dalam seleksi PPK dan juga PPS melalui SIAKBA. Ada beberapa faktor yang menjadi kendala. Kendala itu adalah terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM), budaya dan infrastruktur
Kata Kunci: Digitalisasi Layanan, Inovasi, Pemilu

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2013. Metode penelitian sosial & ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan, publik, komunikasi, manajemen, dan pemasara edisi pertama. Jakarta: kencana prenada media goup

Cahyaningsih, A., Wijayadi, H., & Kautsar, R. (2019). Penetrasi Teknologi Informasi dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018.

Jurnal PolGov, Vol.1 No.1, 1-34 Catt, H., Ellis, A., Maley, M., Wall, A., & Wolf, P. (2014).

Habibah. I. N & Safuan (2022). Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Daftar Pemilih Yang Akurat Dan Mutakhir.

Indrajit, Eko dan Richardus Djokopranoto. (2002). Konsep Manajemen Supply Chain. PT Grasindo. Jakarta

Indrajit, Richardus Eko (2002). Membangun Aplikasi E-Government. Jakarta:PT Elek Media Komputindo.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit. Universitas Indonesia.

Moleong, L. (2015). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi). Bandung : PT Remaja

Suedi, Falih dan Wardianto, Bintori. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara (Reformasi Birokrasi dan E-Governance. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol.7 No.2,782-796). Hadiyat, YD. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia. Jurnal Pekommas, Vol.17 No.2, 81-90.




DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i2.3460

Copyright (c) 2023 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats


Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

ISSN Media cetak2085-1162

ISSN Media online2622-0253

Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi

LISTED & INDEXED :