Strategi dan Konsep S-T-P Program Podcast Podkesmas

Muhammad Muttaqien, Alfandi Dafa Zein

Abstract


Podcast sebagai salah satu bentuk distribusi konten audio yang diunggah melalui internet saat ini berkembang dengan sangat pesat dan salah satu aplikasi podcast yang sering digunakan adalah Spotify. Podkesmas adalah salah satu channel pembuat konten yang memiliki tagline “Selalu lucu dan bergelimang tawa”, menerapkan berbagai strategi dalam meningkatkan pendengar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi dan konsep yang digunakan oleh Podkesmas dalam upaya menarik perhatian pendengar. Peneliti menggunakan data primer berupa wawancara mendalam dan data sekunder berupa dokumen dan studi pustaka. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang dilakukan oleh Podkesmas meliputi perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, pengawasan dan evaluasi program. Selain itu Podkesmas juga menerapkan konsep S-T-P (Strategi, Targeting, Positioning) dalam menarik minat pendengar berjalan dengan efektif. Hal ini di buktikan dengan masuknya Podkesmas kedalam salah satu podcast exclusive Spotify


Full Text:

PDF

References


Geoghegan M. W & Klass, D. (2007). Podcast Solutions (The complate guide to audio and video podcasting. English: FriendsofED.

Kartajaya, H. (2004). Memenangkan persaingan dengan segitiga positioning, diferensiasi dan brand. Gramedia pustaka utama: jakarta.

Kasali, R. (2007). Membidik pasar indonesia "Segmentasi, Targeting, Positioning". Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moeloeng, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2015). Manajemen Media Penyiaran : Strategi mengelola radio & televisi. Jakarta: Kencana.

Perebinossoff, P., Gross, B., & Gross, L. S. (2005). Programming for TV, radio, and the internet : Strategy, development, and evaluation.

Philips, B. (2017). Student-Producer Podcast in Language Learning - Exploring student perceptions of podcast activities. LAFOR Journal of Education.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Watie, E. D. (2016). Komunikasi dan media sosial (Communications and Social Media). The Messenger.

Wijaya, H & Sirine, H. (2016). Strategi segmenting, targeting, positioning serta strategi harga pada perusahaan kecap blekok di cilacal. Ajie.




DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v8i1.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 LUGAS Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

LISTED & INDEXED :