Penyusunan Standar Operasional Prosedur Bidang Pertanahan di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i1.3113Keywords:
Penyusunan, SOP, Perencanaan, Pengadaan Tanah,Abstract
Tahapan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum biasanya diawali dengan perencanaan yang berlandaskan studi kelayakan. Permasalahan yang terjadi selama tahap pengadaan tanah adalah pekerjaan yang lamban dan berbelit-belit serta kesalahan prosedur dalam pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk meninjau penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perencanaan Pengadaan Tanah Skala Kecil di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa SOP ini sangat penting dan dibutuhkan dalam menunjang kelancaran pelaksanaan pekerjaan dan pelayanan publik dalam bidang pertanahan di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota BandungReferences
Asih, H. M. (2018). Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Inovasi Ecobrick. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 17 (2), 144-150.
Atmoko, T. (2015). Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Bandung: Unpad.
Bayu Suryantara, A. R. (2022). Perancangan dan pelaksanaan SOP Pengelolaan Sampah Produktif untuk Meningkatkan Pendapatan Bumdes di Desa Lingsar. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Volume 6 Nomor 4, 1826-1833.
Budihardjo, M. (2014). Panduan Praktis Menyusun SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Chrisyanti, I. (2011). Manajemen Perkantoran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Departemen Marketing dan HRD PT Cahaya Indo Persada. Agora Vol. 6 No. 1.
Hadiwiyono, P.S., & Panjaitan, T.W. (2013). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Departemen Human Resources (HR) di PT. X. Jurnal Titra Vol. 1, 227-232.
Hartatik, I. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.
Kurniawan, Rizky Cikal, Agatha dkk. (2021). Kajian Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Tenaga Kerja Pemanen Perkebunan Kelapa Sawit PT Cup Cahaya Unggul Prima Sungai Jungkit Estate, Sintang Kalimantan Barat. Journal Agrifitia Vol.
Peraturan Kementrian PAN RB Nomor 35 Tahun 2012. (2012). Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan (SOP AP). Jakarta: Republik Indonesia.
Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2021. (2021). Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum. Jakarta.
Prasetya, M. F. (2022). Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Pelayanan Pramusaji di Wanna Jungle Pool and Bar Restaurant The Kayon Jungle Resort. Journal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis Vol 01 No 06, 1384-1400.
Puspitasari, D., & Rosmawati, R. (2012). Pelayanan Prima (Service Exellent) SMK Bisnis dan. Jakarta: CV Arya Duta.
Sanoto, H. (2020). Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang dalam rangka Peningkatan Mutu Manajemen Organisasi. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Vol. 10 No. 3., 263-268.
Setiawan, L. (2011). Rahasia Membangun SOP (Standard Operating Procedure) Tepat. Surabaya: Insan Cendekia.
Soediro, M. A. (2021). Peranan Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Penjualan dan Kinerja Karyawan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi Vol. 8 No.3, 845-851.
Soemaatmadja, K. (2020). Pentingnya Pembuatan SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagai Pendukung dalam Pelayanan Publik. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 07 No.01, 69-74.
Sulistiani, A. S. (2016). Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Kependudukan dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Sambutan. eJournal Ilmu Pemerintahan, 4 (1), 53-56.
Suwanda, Dadang & Agus Purwoko. (2022). Menyusun Standard Operating Procedures Lembaga Pemerintah Berbasis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressiondo.
Tathagati, A. (2014). Step by Step Membuat SOP : Standard Operating Procedure. Yogyakarta: Efata Publishing.
Taufiq, A. R. (2019). Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan Vol. 12 No. 1.
Umam, Khairul, Adam Idris, Gunthar Riady. (2019). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kelurahan Baqa Samarinda Seberang Kota Samarinda. eJournal Pemerintahan Integratif, Volume 7, Nomor 2, 266-275.
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012. (2012). Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk. Jakarta.
Wicaksana, R. W. (2016). Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) Manajemen Akses Untuk Aplikasi E-Performance Bina Program Kota Surabaya Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 Dan ISO 27002. Jurnal SISFO Vol. 06 No. 01, 105-120.
Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik; Teori, Proses, dan Studi Kasus (Edisi dan Revisi). Yogyakarta: Caps.
Winata, S. V. (2016). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) pada Chocolab. Performa: Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis Volume 1, Nomor 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Please find the rights and licenses in Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
- License
The commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement"prior to the article publication.








