Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang

Anwar Atmojo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Menganalisis pengaruh Kompetensi terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, 2. Menganalisis pengaruh Motivasi kerja terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, 3. Menganalisis pengaruh Kompetensi dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan analisis kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Teori Kompetensi (Spencer 1993: 9-10), 2. Teori Motivasi (Atkinson dalam Kerlinger 1987: 133), 3. Teori Kualitas Pelayanan (Parasuraman dalam Tjiptono 2000: 69-70). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat dan pegawai kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Data dalam penelitian ini terdiri dari Data Primer, yaitu data yang langsung diperoleh dari lokasi penelitian melalui kuesioner dan wawancara serta Data Sekunder, yaitu data berupa dokumen yang diperoleh dari Kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Hipotesis penelitian di uji dengan menggunakan uji - t dan uji –f
Secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi terhadap Kualitas Pelayanan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kompetensi dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan.
Kesimpulan penelitian adalah: semakin tinggi nilai variabel Kompetensi dan Motivasi kerja, maka variabel Kualitas Pelayanan Pegawai cenderung semakin meningkat. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah nilai variabel Kompetensi dan Motivasi kerja, maka variabel Kualitas Pelayanan Pegawai akan semakin menurun.

Keywords


Kompetensi; Motivasi kerja; Kualitas Pelayanan;

Full Text:

PDF

References


Adi Tan, Timotius. 2011. Dare to be Champion. Jakarta: Metalexia Publishing

Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Cohen, Steven.et.al. 2011. Menjadi Manajer Publik Efektif. PPM Manajemen Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen, Dasar, Pengertian dan Masalah.

Jakarta: Bumi Aksara

............................. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Handoko, Martin. 1997. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Bina Aksara

Kaho, Josef Riwu. 1998. Analisa Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara

Kerlinger, Fred N dan Elazar J. Pedhazur. 1987. Korelasi dan Analisis Regresi Ganda. Yogyakarta: Nur Cahaya

Moekijat. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pengantar.

Jakarta: Balai Pustaka

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia Ndraha, Talizuduhu. 1990. Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Jakarta: Rineka Cipta

Noor Salim dan Masngudi. 2012. Metode Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Trianandra University Press

Notoadmojo, Soekidjo. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media

Sarwoto. 1991. Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sianipar J.P.G. 1998. Manajemen Pelayanan Masyarakat. Jakarta: LAN- RI

Siagian, S.P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Spencer, Lyle M. Jr & Signe M. Spencer. Competence at Work Model for Superior Performance. United States of America: Jhon Wiley and Son Inc

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta. Andi

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grapindo Persada Winardi, J. 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta

Tesis

Asmidin, Sri Asmidar. 2012. Pengaruh Kompetensi Pegawai Kelurahan Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Universitas Terbuka

Karapesina, Made. 2007. Pengaruh Motivasi Kerja Aparat Terhadap Kualitas Civil (Studi Kasus Mengenai Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Dua Kecamatan Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara. Universitas Terbuka

Undang-Undang

Undang-Undang Republik Indonesia No 6 Tahun 2014 Tentang Desa PP No 101 Tahun 2000 Tentang Diklat Jabatan Pegawai Negeri Sipil

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63 Tahun 2003

Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan




DOI: https://doi.org/10.31334/transparansi.v7i2.4337

Copyright (c) 2024 Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats


Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi

ISSN Media cetak2085-1162

ISSN Media online2622-0253

Email :[email protected]
Website:https://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi

LISTED & INDEXED :