Pembelajaran Open Ended Pada Mata Kuliah Matematika Keuangan

Ayu Silvi Lisvian Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pendekatan Open Ended pada mata kuliah Matematika Keuangan dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Keuangan dengan Pendekatan Open Ended. Penelitian  ini menggunakan metode Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester 6 UNIPA Kampus Blitar.. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran pada Mata Kuliah Matematika Keuangan dengan menggunakan pendekatan Open Ended. Instrumen penelitian ini yaitu Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) , lembar observasi, dan tes. Langkah penelitian dengan menggunakan Open Ended meliputi (a) dosen menyajikan masalah dan Mahasiswa diberi waktu untuk memahami masalah, (b) Mahasiswa memikirkan pemecahan masalah yang akan digunakan menyelesaikan masalah bersama dengan teman satu kelompok, (c) dosen mencatat respon mahasiswa saat Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, (d) dosen membimbing dan mengarahkan mahasiswa saat diskusi berlangsung (e) dosen bersama-sama mahasiswa membuat kesimpulan. Setelah data dianalisa, peneliti menyimpulkan bahwa pada penelitian ini diperoleh hasil belajar secara klasikal mencapai 80%, rata-rata observasi pengamatan guru mencapai 81,75%, dan rata-rata observasi pengamatan siswa mencapai 83,2%. Sehingga penelitian dengan penerapan Open Ended untuk mata kuliah Matematika Keuangan, pada mahasiswa semester 6 UNIPA Kampus Blitar dikatakan berhasil

Keywords


Financial Mathematics; Open Ended; Student Learning

Full Text:

Download

References


Arikunto, Suharjono, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Becker, J. P., & Shimada, S. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Reston, Virginia: National Council of Teachers of Mathematics.

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Badan Standar Nasional Pendidikan 2006 (pp. 1–23). http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf

Gordah, K, E., & Fadillah, S. (2014). Berbasis Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa the Effect of Using Differential Calculus Textbook Based on Open Ended Approach Towards Students ’ Mathematical Representation Ability. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 340–352.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang

Kamdi, Waras. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Meldayani, A., & Sa’adah, N. (2021). Teacher Strategy to Increase the Learning Motivation of Public Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic: The Stories of Civil Servant Teachers In 3T District. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 1(3), 295–308. Retrieved from https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis/article/view/35

Moleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. BPK Gunung Mulia.

Nohda, N., (2000). Learning and Teaching Through Open-ended Approach Method. Dalam Tadao Nakahara dan Masataka Koyama (editor) Proceeding of the 24th of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Hiroshima: Hiroshima University.

Purboyo, Zulfikar, R., Lamsah, Syahrani, & Vitria, A. (2021). Examine The Behavior of Private Universities Lecturer in Respecting Kampus Merdeka Policies Using Theory Of Planned Behavioral Approach. INTERNATIONAL JOURNAL OF ECONOMICS, MANAGEMENT, BUSINESS, AND SOCIAL SCIENCE (IJEMBIS), 1(3), 255–266. Retrieved from https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis/article/view/17

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.31334/jambis.v1i6.2126

DOI (Download): https://doi.org/10.31334/jambis.v1i6.2126.g973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Silvi Lisvian Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

ISSN 2775-2615 (Media Online)
Email :  [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/index

 

INDEKS BY: