PENGARUH FANATISME DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE KPOP (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS PENGGEMAR GRUP KPOP SVT DI DKI JAKARTA)

Puji Nurjanah, Nur EL Ikhsan

Abstract


This study aims to determine the effect of fanaticism and consumer behavior on purchase decisions for KPop merchandise (a case study on the fan community of K-Pop group SVT in DKI Jakarta). The research method used was a quantitative method. The population in this study was the SVT fan community. Sampling was done using non-probability sampling with purposive sampling method. The research sample consisted of 318 respondents who had bought K-Pop merchandise. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis with the help of IBM Statistics 28 software. The results showed that Fanaticism has an influence of 25.4% on the Purchase Decision for K-Pop merchandise. Consumer Behavior has an influence of 25.2% on Purchase Decisions for K-Pop merchandise. Fanaticism and Consumer Behavior have a significant effect on Purchase Decisions for K-Pop merchandise. Simultaneously, Fanaticism and Consumer Behavior affect the variable of Purchase Decisions for K-Pop merchandise by 0.347 or 34.7%, with the remaining 65.3%explained by other variables not included in this study.

Keywords


fanaticism, consumer behavior, purchasing decisions

Full Text:

PDF

References


Sumber Buku:

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen. In Deepublish.

http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Ghazali, I. (2016) “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21” edisi VIII

Semarang,Badang Penerbit Universitas Diponorogo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Edisi 15 Global Edition. In Pearson

Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran ed Philip Kotler dan Kevin Lane

Keller,2012, Manajemen ed.Ketiga Belas . Jilid 2 Terjemahan oleh BOB Sabran MM :

Penerbit Erlangga.

Seregina, A. (2011). Fanaticism - Its Development and Meanings in Consumers ’ Lives.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung

Syuhada, A. R. (2011). Perancagan Media Merchandise Di PT. Cannon International Persada.

Schiffman, Leon G. & Leslie L. Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua, Jakarta: PT.

Indeks Gramedia

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI.

Tjiptono,2016. Dimensi dan Indikator Keputusan Pembelian. Jurnal

Universitas Ellyani: Sidoarjo.

Kamaluddin, Apiaty. (2017). Administrasi Bisnis. Makassar: CV Sah Media.

Rahman, Mariati. (2017). Ilmu Administrasi. Makassar: CV Sah Media.

Poerwanto, Ngalim. (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sondang P. Siagian. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jurnal:

Aji, P. R. (2018). Pembelian Produk Merchandise Manchester United. 78.

http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94766

Asy'ari, A. H. (2017). Pengaruh Distribusi, Layanan Purna Jual, Citra Merek dan Fanatisme Merek

terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Banjarmasin. Kindai, 13(4).

Damasta, G. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan Antara Fanatisme Dengan Perilaku Konsumtif

Pada Fans Jkt48 Di Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 07 No.04, 15.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/36343

Djendjengi, A. O., Utami, S. S., Susetyo, D. P. B., Psikologi, F., Katolik, U., & Semarang, S. (2013).

Fanatisme Suporter Persatuan Sepak Bola Makassar Ditinjau Dari Kematangan Emosional dan

Konformitas. Psikodimensia, 12(1), 121–134.

Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan Perilaku Agresif Verbal di

Media Sosial pada Penggemar Idola K-Pop. Penelitian Psikologi, 3 No 1, 59–72.

Jannah, M. (2014). Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Wanita Yang Memiliki Fanatisme K-Pop

Di Samarinda. Psikoborneo, 2(1), 34–40. ejournal.ip.fisip-unmul.org

Kartikasari, D. (2013). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian (Penelitian pada

mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas

Brawijaya yang mengkonsumsi produk mie instan merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis,

(2).

Khomsiyah, A. U., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Loyalitas dan Fanatisme Supporter pada Klub

terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Orisinal: Studi pada Supporter Persela Lamongan.

Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10(2), 242-257.Saputri,

M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion

Pada Zalora Indonesia. August 2016. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.11

Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Tempe (Studi

Kasus Konsumen di Pasar Merapi Lampung Tengah). 9.

Lenda, S, Azwar, R, & Resi J. (2021) Peranan Administrasi Bisnis Dalam Strategi

Pengembangan Usaha, Jurnal Aghinya STIESNU Bengkulu

Mukaromah, E. F. (2020). Pengaruh fanatisme suporter, brand love, dan perilaku konsumtif terhadap

keputusan pembelian merchandise Studi Pada Arema FC Official Store Di Kota Malang. Jurnal

Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2)

Nafali, M., & Soepeno, D. (2016). Analisis Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen Terhadap

Keputusan Pembelian Makanan Mie Instanmerek Indomie. Jurnal EMBA: Jurnal Riset

Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(4).

Nastiti, A. D. (2010). “ Korean Wave ” Di Indonesia : Antara Budaya Pop , Internet. Program Studi

Komunikasi Media, Universitas Indonesia, Desember, 1–23.

Putra, B. W. H., & dkk. (2016). Pengaruh Merchandise, Promosi dan Atmosfir Toko Terhadap

Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada BSM Sengkaling). E – Jurnal Riset Manajemen

PRODI MANAJEMEN, 14.

Redden, J., & Steiner, C. J. (2000). Fanatical Consumers: Towards a Framework for Research.

Journal of Consumer Marketing, 17(4), 322–335. https://doi.org/10.1108/07363760010335349

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion

Pada Zalora Indonesia. August 2016. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.11

Seregina, A. (2011). Fanaticism - Its Development and Meanings in Consumers ’ Lives.

Setiawan, G. C. (2018). Persaingan Usaha Menurut Hukum Positif dan Hukum Islam (Studi Kasus

Toko Pakaian Jalan Diponegoro Tulungagung). 14.

Shammakh, N. S. (2019). Pengaruh Hallyu atau Korean Wave bagi Negara Indonesia dan

Remajanya. Www.Kompasiana.Com.

https://www.kompasiana.com/nadifashalsabilashammakh/5cbc4b2295760e7bcf6f1d62/pengar

uh-hallyu-atau-korean-wave-bagi-negara-indonesia-dan-remajanya?page=all

So, W. (2021). Distribution of K-pop YouTube views worldwide 2019, by Country. Statista.

Sungkawa, I., Eviyati, R., & Nuresi, N. (2018). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan

pembelian buah-buahan import di kota cirebon (Kasus Di Perumahan Sapphire, Taman Cipto

dan Taman Wahidin). Paradigma Agribisnis, 1(1), 27-36.

Syuhada, A. R. (2011). Perancagan Media Merchandise Di PT. Cannon International Persada.

Uddin, R., Lopa, N.Z., & Oheduzzaman (2014). Factors Affecting Customers ' Buying Decisions Of

Mobile Phone : A Study On Khulna City , Bangladesh.

Wijaya, R. (2015). Pengaruh perilaku konsumen dan pembentukan brand awareness terhadap

keputusan pembelian motor suzuki (studi kasus di dealer tatarunggul santosa lodoyo

kecamatan sutojayan). Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(2

Wicaksono, A. (2020). Fan K-Pop Indonesia Kalah Ramai Dibanding Thailand di Medsos. CNN

Indonesia.

Yong, D. J., & Yoon, T.J. (2017). The Korean Wave: Retrospect and prospect. International Journal

of Communication, 11, 2241–2249.

Website:

Dewobroto, W. (2021). Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Beserta Unsur-Unsurnya. Tim Penulis

Daya. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/pengertian-bisnis-menurutpara-ahli-beserta-unsur-unsurnya. Diakses 06 April 2021

Faisal, M. (2017). Fanatisme Fans K-Pop: Candu dan Bumbu Remaja. KumparanKpop.

https://kumparan.com/kumparank-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja/full.

Diakses 20 Maret 2021

Fandia, M. (2016). The Fandom for Idols – A Survey Report on Kpop Fans in Indonesia. Jakpat.

https://blog.jakpat.net/the-fandom-for-idols-a-survey-report-on-kpop-fans-in-indonesia/.

Diakses 21 Maret 2021

Fatin, N. (2014). Seputar Pengertian Administrasi.

https://seputarpengertian.blogspot.com/2014/02/seputar-pengertian-administrasi.html

Hidayah, L. N. (2017). Konsep Dasar Administrasi Bisnis.

http://liliaiss.blogspot.com/2017/06/konsep-dasar-administrasi-bisnis.html. Diakses 06 April

Huang, H. (2013). Apa itu Populasi Tertentu dan Populasi Tak Tentu? Globalstatistik Academic.

https://www.globalstatistik.com/apa-itu-populasi-tertentu-dan-populasi-tidak-tentu/. Diakses

April 2021

Setiawan, G. C. (2018). Persaingan Usaha Menurut Hukum Positif dan Hukum Islam (Studi Kasus

Toko Pakaian Jalan Diponegoro Tulungagung). 14.

Shammakh, N. S. (2019). Pengaruh Hallyu atau Korean Wave bagi Negara Indonesia dan

Remajanya. Www.Kompasiana.Com.

https://www.kompasiana.com/nadifashalsabilashammakh/5cbc4b2295760e7bcf6f1d62/pengar

uh-hallyu-atau-korean-wave-bagi-negara-indonesia-dan-remajanya?page=all. Diakses 20

Maret 2021

So, W. (2021). Distribution of K-pop YouTube views worldwide 2019, by Country. Statista. Diakses

Maret 2021

Wicaksono, A. (2020). Fan K-Pop Indonesia Kalah Ramai Dibanding Thailand di Medsos. CNN

Indonesia. Diakses 20 Maret 2021

Lifia. (2019). Fandom K-Pop: Kreatif Berdedikasi. Moselo. https://journal.moselo.com/fandom-kpop-kreatif-berdedikasi-6c04caf54f63. Diakses 14 Juni 2021

Bizwire. Korea. (2019) South Korean K-pop Merchandise Sales Surge to US$132 Million Last Year.

Inside Retail. https://insideretail.asia/2019/03/11/south-korean-k-pop-merchandise-salessurge-to-us132-million-last-year/. Diakses 14 Juni 202




DOI: https://doi.org/10.31334/jambis.v2i3.2516

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/jambis.v2i3.2516.g1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JAMBIS : Jurnal Administrasi Bisnis

ISSN 2775-2615 (Media Online)
Email :  [email protected]
Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/index

 

INDEKS BY: