Kebijakan Ekonomi: Perspektif Ekonomi Politik Dalam Pembangunan di Indonesia

Ayu Pratiwi

Abstract


Kebijakan ekonomi nasional lebih banyak dibimbing oleh paham-paham neoliberalisme. Dimana, kepentingan kesejahteraan masyarakat lebih berada dibelakang kepentingan elit-elit ekonomi nasional maupun para pemodal asing. Neoliberalisme tidak lain adalah kapitalisme dengan spirit yang lebih progresif. Kajian analisis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana kebijakan ekonomi sebagai suatu entitas yang sangat menentukan pada system perpolitikan yang ada dan pembangunan nasional sebagai entitas lainnya memiliki keterkaitan yang sangat kuat. Masuknya neoliberalisme dengan orientasi kapitalis untuk mampu menguasai berbagai aspek ekonomi dan politik. Perpindahan rezim dari Orde Baru yang berwatak diktator ke rezim-rezim reformasi tidak punya arti apa-apa dilihat dari sisi hubungan antara negara dan modal. Fungsi kedua rezim sebagai pengurus kepentingan kaum borjuis tetap saja berlangsung, dengan melakukan apapun agar pengerukan kekayaan dapat terus bekerja


Full Text:

PDF

References


Djafar Zainuddin. 1996. Teori Hubungan Internasional Memerlukan Paradigma Baru?. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Jones, Walter S. 1993. Logika Hubungan Internasional 2: Kekuasaan, Ekonomi Politik Internasional, dan Tatanan Dunia. Jakarta.

Kegley, Charles W. and Eugene R. Wittkopf. 1989. World Politics: Trend and Transformation. The Transformation of the Political Economy: Perspective from the First World. 3rd edition. New York: MacMillan.

Mansbach, Richard W., and Kristen L. Rafferty. 2008. Introduction to Global Politics. New York: Routledge.

Mas’oed, Mohtar. (1998). “Liberalisme dalam Ekonomi Politik Internasional”. Bahan Kuliah Ekonomi Politik Internasional, Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIPOL UGM. Yogyakarta.

Mas’oed, Mohtar. (2002). “Tantangan Internasional dan Keterbatasan Nasional: Analisis Ekonomi-Politik tentang Globalisasi Neo-liberal”. Pidato Pengukuhan Guru Besar UGM. Yogyakarta.

Pronk, JP. 1993. Sedunia Perbedaan: Sebuah Acuan Baru dalam Kerjasama Pembangunan Tahun 1990-an. Batas-batas yang Memudar. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Public Radio International. 2012. World Power Battle for Influence over Central Asia. Terdapat di www.pri.org/stories/world/asia/tt-world-powers-battle-for-influence-over-central-asia-10888.htm. diakses tanggal 9 Maret 2013.




DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1847

DOI (PDF): https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1847.g881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats

_____________________________________________

Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis

E - ISSN 2686-1577

Terbit setiap Maret dan September

Penerbit : Program Studi Administrasi Bisnis Program Vokasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jl. Mardani raya No. 73 Johar Baru, Jakarta Pusat  » Tel / fax : (021) 422 8868

Email : [email protected]

Website: http://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA